Regulasi Teknis dan Persyaratan Mutu

Ekspor Mesin & Peralatan ke Thailand

  • Berikut ini informasi persyaratan mutu dan regulasi teknis terkait produk yang akan diekspor ke Thailand.

1. Deskripsi Produk.

Mesin dan peralatan termasuk pada Bab 84 World Custom Organization:  Nuclear reactors, boilers, machinery and mechanical appliances; parts thereof.

2. Undang-Undang.

Undang-Undang Pendaftaran Mesin.

Machinery Registration Act 1971 ( B.E. 2514 ). Undang-undang ini mengatur tentang pendaftaran kepemilikan mesin.

Undang-Undang Keselamatan, Kesehatan, dan Lingkungan Kerja.

Occupational Safety, Health, and Environment Act B.E. 2554 (A.D. 2011).  Undang-undang ini memuat ketentuan-ketentuan tertentu sehubungan dengan pembatasan hak dan kebebasan individu yang diperbolehkan.

Undang-Undang Pabrik (Factory Act).

Undang-undang ini adalah salah satu undang-undang terpenting yang mengatur bisnis manufaktur di Thailand, berlaku untuk bisnis baik dengan mesin 50 tenaga kuda atau lebih secara total, atau dengan minimal 50 pekerja di fasilitas yang melakukan "pekerjaan pabrik" sebagaimana didefinisikan dalam peraturan menteri terkait.

Terdapat dua undang-undang pabrik:

 

Undang-undang Standardisasi Nasional.

National Standardization Act, B.E. 2551 (2008).  Undang-undang ini mengatur dan mempromosikan standardisasi nasional di seluruh sektor ekonomi dan sosial di Thailand, memberikan landasan hukum untuk pembuatan standar nasional, mengatur penggunaan standar, dan memberikan kerangka kerja untuk pengembangan sistem standar nasional dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing industri Thailand di pasar internasional melalui pengembangan dan penerapan standar nasional yang terkini dan relevan dengan kebutuhan industri dan konsumen, serta juga mengatur tentang sanksi bagi pelanggar standar nasional, sehingga menjamin kepatuhan terhadap standar nasional dan meningkatkan kualitas dan keamanan produk dan layanan di Thailand.

Undang-Undang Standar Industri.

Industrial Product Standards Act, B.E. 2511 (1968). Undang-undang ini antara lain mengatur standar produk.

3. Regulasi.

Regulasi Menteri Ketenaga Kerjaan.

B.E.2564 (2021)” in the Royal Gazette on 6 August 2021 by virtue of Occupational Safety, Health, and Environment Act B.E. 2554 (A.D. 2011). Regulasi ini  menetapkan standardisasi operasi dengan mesin, crane, dan boiler untuk meningkatkan keselamatan karyawan.

Regulasi Menteri Perindustrian.

Regulasi yang mengatur tetang penggunaan mesin dan peralatanan serta pengujian mesin.

  • The Ministerial Regulation No. 2 B.E. 2535 (1992), regulasi ini mengatur antara lain tentang mesin, peralatan, atau bahan yang akan digunakan di pabrik.
  • The Ministerial Regulation No. 6 B.E. 2535 (1992), regulasi ini mengatur tentang pengujian mesin. Setiap uji operasi mesin sebelum digunakan di pabrik, wilayah Metropolitan Bangkok harus diberitahukan kepada Department of Industrial Works, sedangkan di provinsi lain harus diberitahukan kepada Provincial Office of Industry di provinsi tersebut.

Persyaratan Impor.

Ijin impor diperlukan untuk impor bahan baku, minyak bumi, mesin industri, tekstil, farmasi, senjata api dan amunisi, dan barang-barang pertanian. 

  • Dalam kasus khusus, impor barang-barang tertentu yang tidak memerlukan lisensi dikenakan biaya tambahan dan persyaratan sertifikat asal.
  • Selain itu, beberapa produk tunduk pada import controls berdasarkan undang-undang lain-lainnya. 

 

 4. Standar.

Controh Standar Machinery/Machine tools.

  • 647-2529 Symbols for indications appearing on machine tools. Menentukan simbol untuk indikasi yang muncul pada pelat indikator alat mesin atau dasar kontrol. Mengklasifikasikan simbol untuk elemen, simbol untuk operasi, simbol untuk gerakan, simbol untuk manuver manusia, simbol untuk keselamatan dan tambahan.
  • 1325 Volume 1-2022 Test Criteria for Machine Tools Volume 1 Geometric accuracy of machines operating under unload or quasi-static conditions.  Standar ini menetapkan metode untuk menguji akurasi peralatan mesin yang beroperasi dalam kondisi tanpa beban atau dalam kondisi kuasi-statis menggunakan metode uji geometris dan memotong.
  • 1325 Volume 2-2022 Test Criteria for Machine Tools, Volume 2 Accuracy and Repeatability Analysis of Positioning of Numerically Controlled Machine Tools.  Standar ini menetapkan metode pengujian, evaluasi akurasi, dan pengulangan pemosisian alat mesin yang dikontrol secara numerik dengan pengukuran langsung setiap sumbu pada mesin dan berlaku untuk sumbu linier dan spindel. - Ini tidak mencakup pengujian simultan dari beberapa core. - Menentukan pendahuluan, ruang lingkup, referensi, terminologi dan definisi, kondisi pengujian, program, pengujian, dan pelaporan
  • 1325 Volume 3-2022 Test Criteria for Machine Tools Volume 3 Thermal Impact Analysis. Standar ini menetapkan empat jenis pengujian: kesalahan variasi suhu lingkungan (ETVE), distorsi yang disebabkan oleh rotasi sumbu, uji distorsi termal yang disebabkan oleh gerakan linier batang, dan pengujian distorsi yang disebabkan oleh gerakan rotasi komponen
  • 1325 Volume 4-2022 Test Criteria for Machine Tools, Volume 4 Circular Tests for Machine Tools Controlled by Numerical Systems. Standar ini menentukan cara menguji dan mengevaluasi deviasi melingkar dua arah, deviasi radial rata-rata dua arah, defleksi melingkar dan deviasi radial jalur melingkar yang disebabkan oleh gerakan simultan dari dua sumbu linier.
  • 1325 Volume 5-2022 Test Criteria for Machine Tools Volume 5 Noise Pollution Analysis. Standar ini menetapkan metode pengujian kebisingan peralatan mesin tetap dan aksesori yang terkait langsung dengan area tersebut, dengan tujuan pengukuran untuk mendapatkan data emisi kebisingan untuk peralatan mesin.
  • 1325 Volume 6-2022 Test Criteria for Machine Tools, Volume 6 Position Accuracy Analysis on Internal Diagonals and Surface (Diagonal Displacement Test). Standar ini menentukan metode perpindahan diagonal yang memungkinkan estimasi efisiensi volumetrik peralatan mesin. Karena uji kinerja kuantitatif lengkap dari alat mesin adalah proses yang rumit dan memakan waktu.
  • 1325 Volume 7-2022 Test Criteria for Machine Tools Volume 7 Geometric accuracy of spindles.  Standar ini mencakup sifat spindel sehubungan dengan kesalahan gerakan spindel, kecepatan termasuk pergeseran spindel, dan sifat spindel penting lainnya seperti pergeseran spindel yang disebabkan oleh panas dan kondisi sekitar, dan pergeseran spindel yang disebabkan oleh variasi suhu.
  • 1325 Volume 8-2022 Test Criteria for Machine Tools Vol.8 Vibration. Standar ini menetapkan berbagai jenis getaran yang mungkin terjadi antara dudukan pahat dan pegangan perkakas mesin, sedangkan getaran dalam standar ini mengacu pada getaran yang dapat berdampak buruk pada produksi permukaan akhir yang dapat diterima dan benda kerja presisi.
  • 1325 Volume 9-2022 Test Criteria for Machine Tools, Volume 9 Estimation of Measurement Uncertainty for Testing Machine Tools in Accordance with ISO 230 Series, Basic Equations.  Menentukan kemungkinan estimasi ketidakpastian pengukuran untuk pengukuran sesuai dengan seri ISO 230. - Tentukan metode pengujian yang dimaksudkan untuk digunakan, sehingga ketidakpastian standar ini dinilai terutama oleh penilaian kategori B.
  • 1325 Volume 10-2022 Test Criteria for Machine Instruments Volume 10 Analysis of Measurement Performance of Probe Systems For numerically controlled machine tools. Standar ini menetapkan prosedur pengujian untuk menilai performa pengukuran sistem probe sentuh (digunakan dalam mode inspeksi modular) yang terintegrasi dengan peralatan mesin yang dikontrol secara numerik
  • 1325 Volume 11-2022 Test code for machine tools - Part 11: Measuring instruments suitable for machine tool geometry tests. Standar ini menetapkan sifat alat ukur presisi untuk pengujian akurasi geometris peralatan mesin yang beroperasi dalam kondisi tanpa beban atau statis virtual.

 

Contoh Standar Mesin Kehutanan dan Pertanian.

  • 3478-2565 Forestry Machinery - Portable Chainsaws - Engine Performance and Fuel Consumption.  Dokumen ini menetapkan metode untuk menguji kinerja dan konsumsi bahan bakar mesin pembakaran internal yang digunakan untuk menyalakan gergaji portabel.
  • 3479-2565 Forestry Machinery - Portable Chainsaws - Handle Strength Requirements. Dokumen ini menetapkan metode pengujian dan persyaratan kekuatan untuk pegangan gergaji genggam portabel untuk digunakan terutama dalam kehutanan dan layanan pohon.
  • 3480-2565 Forestry Machinery - Portable Chainsaw - Dimensions and dimensions of the handle.  Menentukan dimensi dan dimensi yang relevan dari pegangan wajah. dan pegangan belakang untuk gergaji portabel dengan mesin pembakaran internal.
  • 3481-2565 Forestry Machinery - Portable Chainsaws - Balance Requirements and Maximum Hold Moment.  
  • 3482-2565 Forestry Machinery - Portable Chainsaws – Terminology.
  • 3483-2565 Forestry Machinery - Portable Chainsaws - Kick Test.  Dokumen ini menetapkan metodologi untuk menentukan potensi kickback gergaji bertenaga bensin dan bertenaga listrik (termasuk bertenaga baterai), lengkap dengan batang pemandu dan rantai gergaji.
  • 3484-2565 Forestry Machinery - Chainsaws and portable lawn mowers - Exhaust systems - Fire risk.  Identifikasi, spesifikasi dan metode pengujian untuk karakteristik sistem pembuangan yang terkait dengan kemungkinan pengapian untuk gergaji mesin dan mesin pemotong rumput portabel
  • 3577-2566 Agricultural Machinery - Soil Equipment - S-Spring Rake Blades - Test Methods.  Menentukan metode pengujian untuk bilah rake pegas S yang digunakan dalam pengolahan tanah. Tujuan dari pengujian ini adalah untuk memberikan hasil yang dapat direproduksi untuk membandingkan kualitas bilah penggaruk pegas berbentuk S

 

Contoh Standar Persyaratan Keamanan.

  • 10472 Volume 1-2023 Safety Requirements for Industrial Laundry Machinery - Part 1: Common Requirements.  Mengidentifikasi semua bahaya signifikan yang terkait dengan mesin cuci yang dirancang untuk digunakan di tempat binatu industri, yang meliputi hotel, rumah sakit, panti jompo, penjara dan tempat serupa, serta mesin yang dirancang untuk digunakan di perusahaan swalayan yang tunduk pada kapasitas minimum yang dinyatakan dalam bagian terpisah ISO 10472
  • 10472 Volume 2-2023 Safety Requirements for Industrial Laundry Machinery - Part 2: Washing Machines And Washer-Extractors.  Bagian ISO 10472 ini mencakup, bersama dengan ISO 10472-1, bahaya paling signifikan yang terkait dengan mesin cuci dan ekstraktor mesin cuci dari semua konfigurasi yang memiliki volume kandang bersih yang dapat digunakan > 60 l. Bagian ISO 10472 ini tidak mencakup bahaya tertentu untuk ekstraktor mesin cuci tipe laci
  • 10472 Volume 4-2023 Safety Requirements for Industrial Laundry Machinery - Part 4: Air Dryers.  Bagian ISO 10472 ini mencakup, bersama dengan ISO 10472-1, bahaya paling signifikan yang terkait dengan pengering udara, dan khususnya dengan mesin pengering yang memiliki volume sangkar bersih yang dapat digunakan > 160 l dan penyempurnaan terowongan termasuk konveyor dan pengering kabinet terkait
  • 10472 Volume 5-2023 Safety Requirements for Industrial Laundry Machinery - Part 5: Flatwork Ironers, Feeders and Folders. Bagian ISO 10472 ini mencakup, bersama dengan ISO 10472-1, bahaya paling signifikan yang terkait dengan setrika flatwork, pengumpan, dan folder, seperti: - silinder dan setrika tempat tidur untuk finishing flatwork yang memiliki area kontak (untuk setrika tempat tidur di bawah tekanan) > 0,25 m2; - mesin makan flatwork untuk pengumpanan otomatis flatwork ke tempat tidur atau setrika silinder, atau langsung ke folder;
  • 1548-2551 Electric pumps only for safety. Standar ini berkaitan dengan keamanan pompa listrik untuk cairan yang memiliki suhu tidak melebihi 90 °C, ditujukan untuk keperluan rumah tangga dan sejenisnya, tegangan pengenalnya tidak lebih dari 250 V untuk peralatan fase tunggal dan 480 V untuk peralatan lain.

 

Contoh Standar Lainnya.

  • 1462-2562 Mandatory Standard Residential washing machines - energy efficiency requirements.  Standar ini mencakup mesin cuci pakaian untuk penggunaan rumah tangga dan penggunaan serupa, yang ditujukan untuk catu daya AC, tegangan pengenalnya tidak lebih dari 250 V untuk peralatan fase tunggal.
  • 1463-2556 Mandatory Standard Washing machines are used in housing - a feature that requires safety.  Standar ini berkaitan dengan keamanan mesin cuci listrik untuk rumah tangga dan penggunaan serupa, yang dimaksudkan untuk mencuci pakaian dan tekstil, tegangan pengenalnya tidak lebih dari 250 V untuk peralatan fase tunggal dan 480 V untuk peralatan lain.
  • 1641-2552 Mandatory Standard grills, and similar movable food making machines Safety only.  Standar ini berkaitan dengan keamanan peralatan portabel listrik untuk keperluan rumah tangga yang memiliki fungsi memasak seperti memanggang, memanggang dan memanggang, tegangan pengenalnya tidak lebih dari 250 V.

 

Standar lainnya dapat dilihat pada List of TIS standards

5. Lembaga Berwenang.

The Industrial Standard Institute (TISI), Ministry of Industry.

TISI adalah organisasi standar nasional untuk Thailand, didirikan di bawah Ministry of Industry berdasarkan Industrial Product Standards Act B.E. 2511.

Phone: 0-2430-6815
75/42 Rama VI Road,  Thung Phayathai, Ratchathewi, Bangkok 6

Ministry of Labour.

Department of Labour Protection and Welfare.

149 Mitmaitri Rd., Dindaeng, Bangkok 10400
Hotline 1506 Ext.3.
e-Mail: info@labour.mail.go.th

Ministry of Industry.

Address: 75/6 Thanon Rama VI, Thung Phaya Thai, Ratchathewi, Bangkok 10400
Email: saraban@industry.go.th

6. Informasi Lainnya.

Mesin & Peralatan
  • 1. Deskripsi Produk.
  • 2. Undang-Undang.
  • 3. Regulasi.
  • 4. Standar.
  • 5. Lembaga Berwenang.
  • 6. Informasi Lainnya.
Ekspor produk lainnya ke Thailand

Temukan teknis dan persyaratan mutu ekspor produk

Semua syarat mutu ekspor (Thailand)

Tautan Terkait