Ekspor Produk Kosmetik ke Amerika Serikat

Berikut ini informasi persyaratan mutu dan regulasi teknis terkait produk yang akan diekspor ke Amerika Serikat.

1. Informasi Umum.

Kosmetik impor harus diperiksa oleh Custom Border Protection (CBP) pada saat masuk. Kosmetik asing yang tampaknya dipalsukan atau salah merek dapat ditolak masuk ke Amerika Serikat.

Produk kosmetik yang diimpor ke Amerika Serikat harus memenuhi undang-undang dan peraturan yang sama dengan yang diproduksi di Amerika Serikat. Mereka harus aman untuk tujuan penggunaannya dan tidak boleh mengandung bahan terlarang. Semua pelabelan dan kemasan harus informatif dan jujur, dengan informasi pelabelan dalam bahasa Inggris (atau bahasa Spanyol di Puerto Riko). Produk kosmetik tertentu harus diberi label dengan pernyataan peringatan.

2. Regulasi.

FDA mengeluarkan peraturan untuk menerapkan otoritas hukumnya. Peraturan tersebut dapat menimbulkan kewajiban yang mengikat dan mempunyai kekuatan hukum. Berikut adalah tautan ke peraturan terkait kosmetik, dari Judul 21 Kode Peraturan Federal (21 CFR):

Aditif Warna Terdaftar untuk Digunakan dalam Kosmetik

  • 21 CFR 73, Subbagian C - Aditif Warna Terdaftar untuk Digunakan dalam Kosmetik: Dikecualikan dari Sertifikasi
  • 21 CFR 74, Subbagian C - Aditif Warna Terdaftar untuk Digunakan dalam Kosmetik: Tunduk pada Sertifikasi
  • Lihat juga Aditif Warna dan Kosmetik (Ikhtisar)

Produk dan bahan kosmetik tidak tunduk pada persetujuan pra-pasar oleh FDA, dengan pengecualian aditif warna. Namun, produk kosmetik harus aman bagi konsumen sesuai label atau kondisi penggunaan biasa, dan kosemtik harus diberi label dengan benar.

3. Pelabelan.

3.1 Umum.

Pelabelan yang tepat merupakan aspek penting dalam menempatkan produk kosmetik di pasar. FDA mengatur pelabelan kosmetik di bawah wewenang Federal Food, Drug, and Cosmetic Act (FD&C Act) dan Fair Packaging and Labeling Act (FPLA).

Undang-undang ini dan peraturan terkaitnya dimaksudkan untuk melindungi konsumen dari bahaya kesehatan dan praktik penipuan dan untuk membantu konsumen membuat keputusan yang tepat terkait pembelian produk.

Pelabelan Kosmetik dapat dilihat pada: https://www.fda.gov/cosmetics/cosmetics-labeling-regulations/cosmetics-labeling-guide

3.2 Istilah dalam Pelabelan.

  • Pelabelan. Istilah ini mengacu pada semua label dan materi tertulis, tercetak, atau gambar lainnya pada atau yang menyertai suatu produk [FD&C Act, sec. 201 (m); 21 U.S.C. 321(m)].
  • Principal Display Panel (PDP). Ini adalah bagian dari label yang kemungkinan besar ditampilkan atau diperiksa di bawah kondisi tampilan biasa untuk dijual [21 CFR 701.10].
  • Information Panel. Umumnya, istilah ini mengacu pada panel selain PDP yang dapat menampung informasi label di mana konsumen cenderung melihatnya. Karena informasi harus menonjol dan mencolok [21 CFR 701.2(a)(2)], bagian bawah kemasan umumnya tidak dapat diterima untuk penempatan informasi yang diperlukan, seperti pernyataan bahan kosmetik.

3.3 Informasi pada Label.

Semua informasi pelabelan yang diwajibkan oleh undang-undang atau peraturan harus dalam bahasa Inggris.

Informasi berikut harus dimuat pada Principal Display Panel

  • Pernyataan identitas, yang menunjukkan sifat dan penggunaan produk, baik melalui nama umum atau biasa, nama deskriptif, nama aneh yang dipahami oleh publik, atau ilustrasi [21 CFR 701.11].
  • Pernyataan akurat tentang jumlah isi bersih, dalam hal berat, takaran, hitungan numerik atau kombinasi hitungan numerik dan berat atau takaran [21 CFR 701.13].

Informasi berikut harus dimuat pada panel informasi:

  • Nama dan tempat usaha. Ini mungkin produsen, pengepakan, atau distributor. Ini termasuk alamat jalan, kota, negara bagian, dan Kode Pos. Anda dapat menghilangkan alamat jalan jika terdaftar dalam direktori telepon atau direktori kota saat ini [21 CFR 701.12(a)].
  • Pernyataan distributor. Jika nama dan alamat bukan milik produsen, label harus bertuliskan "Diproduksi untuk..." atau "Didistribusikan oleh...," atau kata-kata serupa yang mengungkapkan fakta [21 CFR 701.12(c)].
  • Fakta materi. Kegagalan untuk mengungkapkan fakta material adalah salah satu bentuk pelabelan yang menyesatkan dan oleh karena itu membuat produk salah merek [21 CFR 1,21]. Contohnya adalah petunjuk penggunaan yang aman, jika suatu produk bisa menjadi tidak aman jika digunakan secara tidak benar.
  • Pernyataan peringatan dan kehati-hatian. Ini harus menonjol dan mencolok. The FD&C Act dan peraturan terkait menentukan pernyataan peringatan dan kehati-hatian terkait dengan produk tertentu [21 CFR bagian 700]. Selain itu, kosmetik yang mungkin berbahaya bagi konsumen harus mencantumkan peringatan label yang sesuai [21 CFR 740.1]. Contoh produk berbahaya tersebut adalah kosmetik yang mudah terbakar.
  • Bahan-bahan. Jika produk dijual secara eceran kepada konsumen, meskipun diberi label "Hanya untuk penggunaan profesional" atau kata-kata seperti itu, bahan-bahannya harus muncul di panel informasi, dalam urutan menurun. [21 CFR 701.3]. Ingat, jika produk juga merupakan obat, pelabelannya harus mematuhi peraturan untuk pelabelan obat bebas dan bahan kosmetik, seperti yang dinyatakan di atas. Untuk mempelajari lebih lanjut, lihat "Nama Bahan", "Aditif Warna dan Kosmetik", "Pewangi dalam Kosmetik", dan "Bahan Rahasia Dagang".

4. Standar Kosmetik.

5. Informasi Lainnya.


Diterbitkan pada  16 Jun 2022

Kosmetik
  • 1. Informasi Umum.
  • 2. Regulasi.
  • 3. Pelabelan.
  • 3.1 Umum.
  • 3.2 Istilah dalam Pelabelan.
  • 3.3 Informasi pada Label.
  • 4. Standar Kosmetik.
  • 5. Informasi Lainnya.
Produk Ekspor Lainnya ke Amerika Serikat

Temukan teknis dan persyaratan mutu produk ekspor

Semua produk (Amerika Serikat)

Tautan Terkait