1. Informasi Umum.
Industri otomotif merupakan industri kompleks yang memiliki rantai pasok yang panjang. Selain produsen otomotif, pemasok komponen juga merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam rantai pasok industri otomotif. Pemasok komponen menyuplai mulai dari komponen inti (Tier I) seperti sistem pengereman dan suspensi, komponen pelengkap (Tier II) seperti oil seal hingga komponen tambahan (Tier III) seperti kaca. Setelah memperoleh komponen-komponen ini, barulah produsen otomotif merakitnya menjadi sebuah produk akhir sesuai dengan desain yang telah dibuat sebelumnya.
Dalam sejarahnya, Eropa merupakan tempat banyak jenama produsen otomotif terkenal berada seperti Volkswagen, BMW dan Mercedes-Benz. Selain itu, Eropa juga merupakan salah satu produsen otomotif terbesar dengan investasi di bidang R&D otomotif yang terbanyak di dunia. Oleh karena itu, meskipun kebutuhan pasar di Eropa cenderung stagnan, posisi Eropa sebagai produsen kelas dunia tetap membutuhkan pasokan komponen yang besar sehingga dengan sendirinya tetap membuka pasar untuk komponen otomotif termasuk dari negara-negara berkembang.
Belanda merupakan salah satu dari 27 negara anggota Uni Eropa. Oleh karena itu, peraturan perundang-undangan Uni Eropa baik Regulasi, Pedoman maupun Keputusan berlaku di Belanda. Beberapa area kebijakan yang tidak atau belum diharmonisasi di Uni Eropa dapat diatur secara khusus oleh Belanda.
2. Kerangka Hukum.
General Product Safety Regulation
Regulation (EU) 2023/988 atau sering disebut dengan General Product Safety Regulation (GSPR), adalah instrumen kunci baru dalam kerangka kerja hukum keamanan produk Uni Eropa, menggantikan General Product Safety Directive dan Food Imitating Product Directive mulai 13 Desember 2024. Regulasi ini disusun untuk memodernisasi kerangka kerja keamanan produk umum di Uni Eropa dan mengatasi tantangan baru yang ditimbulkan terhadap keamanan produk oleh digitalisasi ekonomi. GSPR mensyaratkan semua produk konsumen yang beredar di pasar Uni Eropa harus aman dan menetapkan kewajiban khusus bagi pelaku usaha untuk memastikannya.
GSPR turut berlaku untuk produk-produk yang sudah memiliki peraturan tersendiri, termasuk produk otomotif. Bagi produk-produk tersebut, GSPR hadir sebagai kerangka hukum horizontal untuk mengisi kesenjangan dan melengkapi ketentuan-ketentuan untuk menjamin perlindungan konsumen yang belum termasuk dalam peraturan-peraturan spesifik tersebut.
3. Regulasi.
Framework Regulations (Vehicle Type Approval)
Type approval (persetujuan tipe) adalah proses yang diterapkan oleh otoritas nasional untuk menyatakan bahwa model kendaraan memenuhi semua persyaratan keselamatan, lingkungan, dan kesesuaian produksi Uni Eropa sebelum diizinkan untuk dipasarkan di Uni Eropa. Kendaraan yang dipasarkan di Uni Eropa (termasuk Belanda) memerlukan type-approval sesuai dengan regulasi nasional, kawasan dan internasional yang disepakati. Yang dimaksud dengan “type” dapat dikatakan sebagai jangkauan/lingkup model kendaraan yang memiliki karakteristik mendasar.
Di Belanda, type approval mengacu pada persyaratan yang berasal dari legal act Uni Eropa dan United Nations Economic Commission for Europe (UNECE) serta regulasi nasional seperti Wegenverkeerswet (Road Traffic Act – regulasi Belanda untuk lalu lintas jalan) dan Voertuigreglement (Vehicle Regulations – regulasi Belanda untuk type approval berkenaan dengan reusability, recyclability dan recoverability) terkait masalah keselamatan dan lingkungan.
Terdapat tiga framework regulations yang mengatur secara umum ketentuan type-approval yang berlaku di Uni Eropa seperti kewajiban masing-masing pihak dan prosedur dari type-approval itu sendiri untuk masing-masing jenis kendaraan. Regulasi-regulasi itu yakni:
Regulation (EU) 2018/858 untuk kendaraan bermotor, trailernya, sistem dan komponennya. Guna memastikan keselarasan dokumen yang dipersiapkan oleh produsen yang menyatakan bahwa kendaraan yang diproduksi sesuai dengan type-approval yang disetujui maka ditetapkan Commission Implementing Regulation (EU) 2020/683. Regulasi turunan ini menetapkan di antaranya templat dokumen informasi, templat sertifikat EU type-approval, templat sertifikat type-approval nasional, sistem penomoran untuk sertifikat type-approval, model tanda EU type-approval untuk komponen, templat lembar hasil uji, format laporan pengujian, dan tempat dan persyaratan lain untuk Certificate of Conformity.
Regulation (EU) No 168/2013 untuk kendaraan roda dua, roda tiga dan sepeda roda empat (quadricycles). Guna memastikan keseragaman dalam penerapan persyaratan administratif maka ditetapkan Commission Implementing Regulation (EU) No 901/2014. Regulasi turunan ini menetapkan di antaranya templat Certificate of Conformity, model untuk statutory plate and tanda EU type-approval dan templat sertifikat EU type-approval.
Regulation (EU) No 167/2013 untuk kendaraan pertanian dan kehutanan. Guna memastikan keseragaman dalam penerapan persyaratan administratif maka ditetapkan Commission Implementing Regulation (EU) 2015/504. Regulasi turunan ini menetapkan di antaranya templat Certificate of Conformity, model untuk statutory plate and tanda EU type-approval dan templat sertifikat EU type-approval.
Persetujuan type-approval kendaraan di Belanda dapat diperoleh dari Dienst Wegverkeer/RDW (Netherlands Vehicle Authority), sebuah badan administratif independen Pemerintah Belanda.
Type approval terdiri dari:
- Component and System Type-Approvals: Komponen dan sistem kendaraan harus sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan. Produsen kendaraan dan pemasok komponen harus memastikan bahwa produknya memenuhi persyaratan yang ditetapkan.
- Whole Vehicle Type-Approval (WVTA): Setelah semua komponen dan sistem disetujui, produsen dapat meminta persetujuan untuk kendaraan secara menyeluruh.
Catatan:
- Sebelum mengajukan type-approval, perusahaan harus sudah dapat mendemonstrasikan kemampuan memproduksi serangkaian produk yang benar-benar sesuai dengan persyaratan spesifikasi, kinerja, dan penandaan yang dijabarkan pada dokumen informasi pengajuan type-approval. Demonstrasi kemampuan ini ditunjukkan dengan kepemilikan Conformity of Production yang dapat diperoleh dari otoritas persetujuan type-approval.
- Setelah pengajuan type-approval diterima, produk akan diuji oleh technical services sesuai dengan persyaratan teknis yang disyaratkan.
- Setelah penyerahan dokumen informasi yang disyaratkan, termasuk referensi ke type-approval terpisah dari semua sistem dan komponen, Sertifikat WVTA Eropa akan dikeluarkan oleh otoritas persetujuan type-approval.
- Pabrikan harus membuat Certificate of Conformity untuk setiap kendaraan yang diproduksi sesuai dengan jenis yang disetujui.
Produsen kendaraan harus membubuhkan pada setiap kendaraan yang diproduksi sesuai dengan type-approval yang disetujui, statutory plate dengan penandaan yang diperlukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Selain itu, produsen komponen atau unit teknis terpisah harus membubuhkan pada setiap komponen dan unit teknis terpisah yang diproduksi tanda type-approval yang diperlukan sesuai dengan type-approval yang disetujui, baik merupakan bagian dari suatu sistem ataupun tidak. Berikut contoh tanda type-approval:
Daftar type-approval authorities di negara anggota Uni Eropa untuk sertifikasi WVTA yang dapat dirujuk oleh eksportir Indonesia:
- Motor vehicles
- L-category vehicles (Two- and three-wheel vehicles and quadricycles)
- T-category vehicles (Tractors)
- Non-road mobile machinery emissions
Daftar technical services di negara anggota Uni Eropa WVTA yang dapat dirujuk oleh eksportir Indonesia:
- Motor vehicles, their trailers, systems and components (Regulation 2018/858)
- Motor vehicles, their trailers, systems and components (Directive 2007/46/EC)
- L-category vehicles (Two- and three-wheel vehicles and quadricycles)
- T-category vehicles (Tractors)
- Non-road mobile machinery emissions
Lihat persyaratan WVTA pada IWVTA-02-06e
Klasifikasi Kendaraan di Uni Eropa
Uni Eropa mengklasifikasikan kendaraan untuk keperluan regulasi termasuk standar emisi. Berikut kategori utama kendaraan di Uni Eropa:
Category |
Vehicle type |
Regulation |
Category L |
Powered two-, three- and four-wheel vehicles, including powered cycles, mopeds, motorcycles, motorcycles with side-cars, light and heavy on-road quads, and light and heavy quadri-mobiles. |
|
Category M |
Motor vehicles designed and constructed primarily for the carriage of passengers and their luggage |
|
Category N |
Motor vehicles designed and constructed primarily for the carriage of goods |
|
Category T |
Agricultural and forestry vehicles and their trailers (all wheeled tractors) |
Kendaraan yang termasuk dalam kategori M dan N diklasifikasikan sebagai
- light-duty vehicles (passenger cars and vans), atau,
- heavy-duty vehicles (trucks, buses, and coaches).
Definisi dan klasifikasi lebih lengkap dapat ditemukan pada regulasi masing-masing kategori utama kendaraan di atas.
General Safety Regulation
Regulation (EU) 2019/2144, atau juga dikenal dengan General Safety Regulation, adalah regulasi yang mengatur persyaratan-persyaratan keselamatan dan teknis yang harus dimiliki oleh kendaraan bermotor, trailernya, sistem dan komponennya dengan kategori M, N, dan O. Persyaratan yang diatur oleh regulasi ini bersifat umum, sedangkan persyaratan substantif utamanya mengacu pada regulasi lain dan UNECE Regulations. UNECE Regulations yang sudah diadopsi oleh Uni Eropa dapat diakses di Eur-Lex.
Regulasi kendaraan bermotor, trailernya, sistem dan komponennya dengan kategori M, N, dan O di Uni Eropa lebih lanjut dapat dikelompokkan dalam beberapa kategori:
- Keamanan,
- Lingkungan,
- Teknis,
- Pasca Penjualan (Aftersales)
- Radio, dan
- Campuran (Mixed)
Contoh Regulasi Keamanan.
Subject |
Regulatory Act |
Applicability to spare parts |
Type-approval requirements for the general safety of motor vehicles
|
Regulation (EC) No 661/2009 (till 06.07.2022) |
Yes |
Type-approval requirements for the general safety of motor vehicles
|
Regulation (EU) 2019/2144 (General Safety Type-approval requirements for the general Regulation) (from 07.07.2022) |
Yes |
Prevention of fire risks (liquid fuel tanks) (M, N, O category) |
Regulation (EC) No 2019 / 2144 UN R34 |
No |
Rear Underrun Protective Devices (RUPD) and their installation; Rear Underrun Protection (RUP) (M, N, O category) |
Regulation (EC) No 2019 / 2144 UN R58 |
Yes |
Steering equipment (M, N, O category)
|
Regulation (EC) No 2019 / 2144 UN R79 |
Yes |
Vehicle access and manoeuvrability (steps, running boards and handholds) (M1, N category) |
Regulation (EC) No 2019 / 2144 Commission Regulation (EU) No 130 / 2012 |
No |
Contoh Regulasi Lingkungan.
Subject |
Regulatory Act |
Applicability to spare parts |
Sound level (M, N category)
|
Regulation (EU) No 540 / 2014 UN R51 |
No |
Emissions (Euro 5 and Euro 6) light-duty vehicles / access to information (M1, M2, N1, N2 category) |
Regulation (EC) No 715 / 2007 |
Yes |
Electromagnetic compatibility (M, N, O category) |
Regulation (EC) No 2019 / 2144 UN R10 |
Yes |
Emissions (Euro VI) heavy-duty vehicles / access to information (M, N category) |
Regulation (EC) No 595 / 2009
|
Yes |
Recyclability (M1, N1 category) |
Directive 2005 / 64 / EC |
No |
Air-conditioning systems (M1, N1 category) |
Directive 2006 / 40 / EC |
No |
Gear shift indicators (M1 category) |
Commission Regulation (EU) No 65 / 2012 |
|
Contoh Regulasi Bersifat Teknis
Subject |
Regulatory Act |
Applicability to spare parts |
Protection of motor vehicles against unauthorised use (M2, M3, N2, M3, O category) |
Regulation (EC) No 2019 / 2144 UN R18 |
No |
Illumination of rear registration plates of power-driven vehicles and their trailers (M, N, O category)
|
Regulation (EC) No 2019 / 2144 UN R4
|
Yes |
Space for mounting and fixing rear registration plates (M, N, O category) |
Commission Regulation (EU) No 1003 / 2010 |
No |
Protection of motor vehicles against unauthorised use (M1, N1 category) |
Regulation (EC) No 2019 / 2144 UN R116 |
Yes |
Vehicle access and manoeuvrability (reverse gear) (M, N category) |
Regulation (EU) No 130 / 2012 |
No |
Speedometer equipment including its installation (M, N category) |
Regulation (EC) No 2019 / 2144 UN R39 |
No
|
Contoh Regulasi Pasca Penjualan
Subject |
Regulatory Act |
Applicability to spare parts |
Replacement silencing systems |
UN R59 |
Yes |
Replacement brake lining assemblies and drum brake linings |
UN R90
|
Yes |
Replacement catalytic converters |
UN R103 |
Yes |
Replacement airbags |
UN R114 |
Yes |
Replacement wheels for passenger vehicles |
UN R124 |
Yes |
Contoh Regulasi Radio
Subject |
Regulatory Act |
Applicability to spare parts |
Radio equipment |
Directive 2014 / 53 / EU |
Yes |
Contoh Regulasi Campuran (Mixed)
Subject |
Regulatory Act |
Applicability to spare parts |
Registration, evaluation, authorization and restriction of chemicals |
Regulation (EC) No 1907/2006 (REACH Regulation) |
Yes |
Intelligent Transport Systems (ITS)
|
Directive 2010/40/EU Commission Delegated Regulation (EU) No 886/2013 |
No |
Alternative Fuel Infrastructure
|
Proposal for a Regulation on the deployment of alternative fuels infrastructure, and repealing Directive 2014/94/EU 2021/0223 (COD) |
No |
Framework regulation on vehicles, systems and components type approval |
Regulation (EU) 2018/858 |
No |
Tyre rolling sound emissions, adhesion on wet surfaces and rolling resistance (Classes C1, C2 and C3) (M, N, O category) |
Regulation (EC) No 2019 / 2144 UN R117 |
No
|
Daftar lebih lengkap dapat dilihat pada Automotive Regulatory Guide, panduan tahunan yang dikeluarkan oleh European Automobile Manufacturers' Association (ACEA). Untuk panduan tahun 2023 dapat dilihat pada ACEA-Regulatory-Guide-2023.pdf.
Adapun persyaratan teknis keselamatan dan lingkungan untuk kendaraan roda dua, roda tiga dan sepeda roda empat (quadricycles) diatur oleh Regulation (EU) No 168/2013 dan kendaraan pertanian dan kehutanan diatur oleh Regulation (EU) No 167/2013.
Regulasi Emisi Kendaraan
Standar Emisi CO₂ Kendaraan Penumpang dan Komersial Ringan
Regulation (EU) 2019/631 menetapkan standar emisi CO2 untuk kendaraan penumpang dan kendaraan komersial ringan (van) baru dan menggantikan regulasi sebelumnya yakni Regulation (EC) 443/2009 (cars) dan Regulation (EU) 510/2011 (vans).
Pada April 2023, Uni Eropa mengadopsi Regulation (EU) 2023/851 yang mengubah Regulation (EU) 2019/631 untuk memperkuat standar emisi CO2 kendaraan penumpang dan kendaraan komersial ringan baru, sejalan dengan meningkatnya ambisi iklim Uni Eropa.
Standar Emisi CO2 Kendaraan Kelas Berat
Standar emisi CO2 kendaraan kelas berat diatur melalui Regulation (EU) 2019/1242. Regulasi ini diterapkan untuk kendaraan kelas berat kategori N2 dan N3.
REACH Regulation
Regulation (EC) No 1907/2006, atau yang lebih dikenal dengan Registration, Evaluation, Authorisation and Restriction of Chemicals (REACH) Regulation, membatasi tingkat penggunaan bahan kimia, terutama logam berat dan polutan lainnya, dalam produk konsumen dengan tujuan untuk:
- Untuk mengurangi risiko bahan kimia terhadap manusia dan lingkungan serta mengurangi pengujian pada hewan.
- Untuk mendorong substitusi bahan berbahaya tertentu, yang tercantum dalam REACH.
- Untuk meminta izin penggunaan atau zat-zat yang dibatasi.
Regulasi ini berlaku bila terdapat penggunaan unsur kimia baru yang digunakan pada komponen produk otomotif seperti cat/lapisan pelindung body kendaraan, jok kendaraan, ban/ bagian dari kendaraan yang mengandung unsur karet, atau bagian dari kendaraan yang mengandung unsur tekstil yang belum didaftarkan. Importir atau produsen otomotif/komponen otomotif harus memperhatikan bahan yang digunakan untuk pembuatan produk dan bahan yang berpotensi berbahaya yang mungkin terkandung di dalamnya.
Lihat juga Pedoman REACH untuk industri otomotif oleh ACEA.
Bahan dengan Perhatian Sangat Tinggi - Substances of Very High Concern (SVHC)
Regulasi REACH mencakup Substances of Very High Concern (SVHC) Candidate List, yakni daftar zat yang dapat menyebabkan kerusakan negatif dan tidak dapat dipulihkan pada tubuh manusia dan lingkungan. Apabila sebuah produk mengandung SVHC dengan konsentrasi di atas 0,1% berat per berat (b/b), maka produk tersebut harus diberitahukan kepada European Chemicals Agency (ECHA) dengan mendaftarkan produk dan zat dalam database Substances of Concern In articles as such or in complex objects (Products) (SCIP).
Contoh SVHC yang mungkin ada dalam produk otomotif yang tercantum di bawah ini:
- Bis (2-ethylhexyl) phthalate (DEHP)
- Benzyl butyl phthalate (BBP)
- Dibutyl phthalate (DBP)
- Diisobutyl phthalate (DIBP)
- Formaldehyde, oligomeric reaction products with aniline
Daftar Bahan Pada Regulasi REACH.
Daftar bahan pada lampiran regulasi ini serupa dengan daftar SVHC karena keduanya membatasi penggunaan banyak bahan kimia dan zat di bawah REACH. Namun, bahan pada lampiran Regulasi memiliki tingkat pembatasan yang bervariasi, dan beberapa dilarang sementara yang lain dibatasi (misalnya 0,1% berat).
Pengujian Lab.
Sebelum memasarkan produk otomotif di Uni Eropa, penting untuk memastikan bahwa produk tersebut mematuhi regulasi REACH, dengan mengirimkan sampel produk untuk pengujian di laboratorium pihak ketiga yang diakui secara internasional.
Lihat informasi rinci tentang pengujian lab REACH pada REACH Product Lab Testing: A Complete Guide
Regulasi Pelabelan Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi CO2
Directive 1999/94/EC mengatur ketentuan pelabelan konsumsi bahan bakar dan emisi CO₂ pada setiap kendaraan penumpang baru. Kendaraan penumpang yang dimaksud di sini adalah kendaraan dengan kategori M1. Pelabelan ini diatur dengan tujuan untuk:
- membantu konsumen membeli atau menyewa mobil yang menggunakan lebih sedikit bahan bakar dan dengan demikian mengurangi polusi CO₂;
- mendorong produsen untuk mengurangi konsumsi bahan bakar mobil baru.
Regulasi ini ditransposisikan ke dalam regulasi di Belanda dalam Besluit van 3 november 2000, houdende regels inzake de etikettering van het energiegebruik van personenauto's (Besluit etikettering energiegebruik personenauto's).
Regulasi Penandaan CE
Peralatan elektronik (termasuk sebagai komponen otomotif) harus ditandai CE untuk pemasaran di Uni Eropa. Penandaan CE juga sering kali dianggap sebagai sarana kesesuaian dengan persyaratan type-approval. Contohnya, komponen elektronik yang memerlukan type-approval dan penandaan CE terkait kompatibilitas elektromagnetik (electromagnetic compatibility /EMC) atau peralatan tegangan rendah (low-voltage). Ketentuan umum terkait penandaan CE diatur oleh Regulation (EC) No 765/2008. Ketentuan lebih lanjut dapat diatur oleh masing-masing regulasi yang spesifik mengatur persyaratan teknis produk.
Regulasi Pengawasan Pasar
Setiap negara anggota Uni Eropa bertanggung jawab untuk menunjuk satu atau lebih otoritas pengawasan pasar atau otoritas lainnya di wilayah mereka sebagai otoritas yang bertugas mengendalikan bahwa produk yang memasuki pasar Uni Eropa telah memenuhi persyaratan peraturan yang berlaku dan bahwa pembubuhan dan penggunaan tanda CE, jika berlaku, sudah sesuai dengan kerangka pengawasan pasar Uni Eropa yang ditetapkan oleh Regulation (EU) 2019/1020.
Produk yang mematuhi regulasi type-approval yang diatur oleh Regulation (EU) 2018/858, Regulation (EU) No 168/2013, dan Regulation (EU) No 167/2013 dapat diedarkan secara bebas di dalam wilayah Uni Eropa. Namun, apabila salah satu negara anggota telah memastikan bahwa suatu produk tidak memenuhi persyaratan, otoritas yang berwenang dari negara anggota tersebut akan melarang penempatannya di pasar, membatasi arus pergerakan bebas di wilayah Uni Eropa, atau bahkan menarik produk tersebut dari pasar jika tindakan perbaikan lainnya telah dinilai gagal.
Negara anggota harus memberitahukan Uni Eropa dan negara anggota lainnya mengenai tindakan apa pun yang diambil dengan menunjukkan dasar pengambilan keputusannya.
4. Standar.
Belanda:
Selain peraturan perundang-undangan yang bersifat wajib dipatuhi, terdapat persyaratan mutu untuk produk otomotif di Belanda yang bersifat sukarela. Persyaratan ini berbentuk standar yang dipublikasikan oleh Royal Netherlands Standardisation Institute (NEN), sebuah organisasi swasta non-profit. NEN bertindak sebagai Netherlands Standardization Committee dan Netherlands Electrotechnical Committee. NEN mengatur standar nasional, standar Eropa dan standar internasional yang diterima di Belanda. Meskipun umumnya bersifat sukarela, kesesuaian terhadap persyaratan dalam standar dapat disyaratkan oleh regulasi. Standar dapat digunakan untuk mendukung regulasi dan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah.
Beberapa contoh standar nasional yang dipublikasikan oleh NEN:
NPR 2577:2006 nl Mobile heating systems - Requirements for the installation of LPG systems in leisure vehicles, caravans, baking cars and other vehicles
NEN 6120:1999 nl Road vehicles - Electrical connections between towing and towed vehicles with 12 V systems - 13 pole connector type 12 C (Compatible)
NEN 3508:1988nl Steel wire ropes, sheaves and drums for lifting and transport applications - Guide to the selection and design
NEN 2569:1986nl Road vehicles - Swop bodies - Terms and definitions
NEN 2292:1959 nl Motor vehicles - Nationality mark
Standar NEN lainnya, termasuk standar regional dan internasional yang dipublikasikan NEN, dapat diakses di situs NEN.
Eropa:
Sebagai bagian dari Uni Eropa, Belanda juga mengadopsi standar Eropa (EN). Terdapat 3 (tiga) badan standardisasi Eropa yang diakui, yakni CEN, CENELEC dan ETSI. Negara anggota Uni Eropa harus menarik standar nasional yang bertentangan karena posisi standar EN menggantikan standar nasional. Tren yang ada saat ini berorientasi pada harmonisasi standar-standar nasional di bawah standar Eropa. Namun, karena industri otomotif bersifat global, standar internasional menjadi prioritas.
Beberapa contoh standar Eropa di antaranya:
EN 17003:2021 Road vehicles - Roller brake testers for vehicles of more than 3,5 tons GVW - Safety requirements
EN 17347: 2021 Road vehicles - Machines for mounting and demounting vehicle tyres - Safety requirements
EN 16662-1:2020 Road vehicles - Supplementary grip devices for tyres of passenger cars and light duty vehicles - Part 1: General safety and performance requirements
EN 16882:2016 Road vehicles - Security of the mechanical seals used on tachographs - Requirements and test procedures
EN 12645:2014 Tyre pressure measuring instruments - Devices for inspection of pressure and/or inflation / deflation of tyres for motor vehicles - Metrology, requirements and testing
Standar Eropa lainnya dapat diakses di situs CEN/CENELEC.
5. Lembaga Berwenang.
Uni Eropa:
Directorate General for Internal Market, Industry, Entrepreneurship and SMEs (DG GROW)
DG GROW adalah direktorat jenderal pada European Commission yang bertanggung jawab atas penegakkan dan pengaturan sistem Pasar Tunggal Eropa untuk barang dan jasa serta memperkuat tata kelolanya. Mobility Unit pada DG GROW bertanggungjawab atas kebijakan industri mobilitas (otomotif, pembuatan kapal, pemasok kereta api) dan kerangka legislatif untuk mobil, van dan kendaraan lainnya (sepeda motor, traktor, dan lain-lain).
European Committee for Standardization (CEN) dan European Committee for Electrotechnical Standardization (CENELEC)
CEN adalah asosiasi yang menyatukan National Standardization Bodies dari 34 negara Eropa. CEN menyediakan platform untuk pengembangan standar Eropa dan dokumen teknis lainnya sehubungan dengan berbagai jenis produk, bahan, layanan, dan proses.
CENELEC adalah asosiasi yang menyatukan National Electrotechnical Committees dari 34 negara Eropa. CENELEC bertanggung jawab atas standardisasi Eropa di bidang teknik elektro.
CEN/CENELEC
Rue de la Science 23
B - 1040 Brussels, Belgium
Tel: + 32 2 550 08 11
Fax: + 32 2 550 08 19
Belanda:
Dienst Wegverkeer - RDW
Dienst Wegverkeer – RDW (Netherlands Vehicle Authority) adalah badan administratif independen Pemerintah Belanda yang memiliki kewenangan untuk memberikan persetujuan type-approval di Belanda. Selain itu, RDW juga adalah otoritas nasional untuk registrasi kendaraan, izin mengemudi serta uji berkala kendaraan bermotor. Terkait type-approval, unit di RDW yang membidangi adalah Divisie Voertuig Regelgeving & Toelating (Vehicle Regulation & Admission Division.
RDW - Divisie Voertuig Regelgeving & Toelating
Europaweg 205
2711ER Zoetermeer
VRT-TGK-Beleid@rdw.nl
Royal Netherlands Standardisation Institute (NEN)
NEN adalah sebuah organisasi swasta non-profit di Belanda. NEN bertindak sebagai Netherlands Standardization Committee dan Netherlands Electrotechnical Committee. NEN mengatur standar nasional, standar Eropa dan standar internasional yang diterima di Belanda.
Royal Netherlands Standardization Institute (NEN)
Vlinderweg 6
NL-2623 AX Delft
Netherlands
Tel: +31 15 2 690 390
E-mail: klantenservice@nen.nl
6. Notified Bodies
Notified body di Uni Eropa, adalah organisasi yang ditunjuk oleh negara anggota untuk menilai kesesuaian produk tertentu sebelum ditempatkan di pasar Uni Eropa, dengan persyaratan teknis yang berlaku sesuai dengan directives Uni Eropa.
Komisi Eropa memiliki daftar perusahaan yang bertindak sebagai notified body services di Belanda.
7. Informasi Lainnya.
- What are the requirements for automotive parts and components to be allowed in the European market?
- CBI Trade Statistics: Automotive parts and components
- Automotive industry in EU
- CLEPA – European Association of Automotive Suppliers
- ACEA - European Automobile Manufacturers' Association
- CECRA, the Voice of European vehicle dealers and repairers
ACEM - European Association of Motorcycle Manufacturers