Ekspor Produk Produk (Komponen) Otomotif ke Australia

Berikut ini informasi persyaratan mutu dan regulasi teknis terkait produk yang akan diekspor ke Australia.

1. Undang-Undang.

Produk Otomotif yang akan diimpor ke Australia harus mematuhi persyaratan yang diatur melalui undang-undang sebagai berikut:

1.1 Undang-Undang Standar Kendaraan (Jalan Raya) 2018.

The Road Vehicle Standards Act 2018 (RVSA) merupakan sebuah Undang-Undang baru yang menggantikan the Motor Vehicle Standards Act 1989 (MVSA). Namun hingga masa transisi berakhir, pada 30 Juni 2023 beberapa ketentuan pada MVSA masih akan berlaku untuk memastikan transisi yang baik ke kerangka peraturan baru.

1.2 Undnag-Undang Kendaraan Berat

The Heavy Vehicle National Law (HVNL), undang-undang ini mengatur penggunaan kendaraan berat dengan massa kendaraan kotor lebih dari 4,5 ton. HVNL berlaku secara nasional di:

  • Queensland
  • New South Wales
  • Australian Capital Territory
  • Victoria 
  • Tasmania
  • South Australia. 

kecuali untuk wilayah Australia Barat dan Northern Territory. Di semua negara bagian dimana HVNL berlaku, ada undang-undang yang mengadopsi HVNL sebagai hukum di yurisdiksi tersebut.

Legislasi pendukung HVNL terdiri dari:

1.3 Undang-Undang Konsumen Australia.

Australian Consumer Law (ACL), mengatur hak-hak konsumen untuk semua barang, termasuk juga kendaraan bermotor. ACL adalah undang-undang perlindungan konsumen utama di Australia, dimana melalui ACL, konsumen memiliki perlindungan dan harapan yang sama tentang perilaku bisnis di mana pun mereka berada di Australia. Demikian pula, bisnis memiliki kewajiban dan tanggung jawab yang sama di mana pun mereka beroperasi.

2. Regulasi.

2.1 Regulasi Standar Kendaraan (Jalan Raya).

The Road Vehicle Standards (RVS) Rules 2019. Aturan ini merupakan turunan dari The Road Vehicle Standards Act 2018 (RVSA),  mencakup aspek operasional dari undnag-undang RVSA 2018, termasuk diantaranya:

  • Informasi yang harus disampaikan pada registrasi kendaraan (the Register of Approved Vehicles- RAV)
  • persyaratan yang dibutuhkan untuk kedua jalur/pathway:
    • the type approval pathway.
    • the concessional RAV entry approval pathway
  • pemberian persetujuan untuk kedua jalur tersebut
  • pemberian persetujuan untuk registered automotive workshop
  • pemberian persetujuan untuk Model Reports
  • pemberian persetujuan untuk authorised vehicle verifier,
  • publikasi persetujuan dan perubahannya, penangguhan atau pencabutannya.
  • dan lain-lain

 

Informasi lebih lengkap dapat dilihat disini:

2.2 Regulasi Registrasi Kendaraan.

The Road Vehicle Standards Act 2018 (RVSA) mengharuskan kendaraan melakukan registrasi melalui Register of Approved Vehicles (RAV). RAV merupakan database online kendaraan yang telah memenuhi persyaratan ketentuan pada the Road Vehicle Standards (RVS) Rules 2019 dan telah disetujui untuk dipasarkan di Australia.

Berdasarkan the Road Vehicle Standards semua kendaraan yang diperuntukan untuk dikendarai di jalan (mobil, truk, trailer, karavan, dan sebagainya) wajib diregistrasi memlaui RAV sebelum dapat dipasarkan untuk pertama kalinya di Australia. Registrasi kendaraan hampir selalu menjadi prasyarat untuk dapat mendaftarkan kendaraan untuk dapat digunakan di jalan.

Lihat juga: Pedoman pendaftaran kendaraan - Guide to the Register of Approved Vehicles

Registrasi kendaraan dapat dilakukan melalui ROVER (Road Vehicle Regulator), ROVER adalah sistem administrasi untuk undang-undang: the Road Vehicle Standards Act 2018 (RVSA)

Ada 2 jenis/jalur/pathway reguistrasi kendaraan, yaitu:

  • Vehicle Type approval: Vehicle type approvals memungkinkan untuk melakukan impor tanpa batas untuk suatu jenis kendaraan tertentu. Opsi ini umumnya digunakan untuk persyaratan impor komersial
  • Single road vehicle approval/Concessional RAV entry approval: adalah tipe yang digunakan apabila ingin memasukan 1 unit kendaraan/ sesuatu kendaraan tertentu. Diantaranya adalah kendaraan spesial/klasik/kendaraan dengan fungsi khusus/sejumlah kecil trailer/re-import kendaraan yang pernah masuk ke Australia. Jalur ini juga digunakan untuk mengimpor kendaraan yang tidak ditujukan untuk digunakan pada jalan umum di Australia, contohnya: kendaraan untuk pameran, balapan, atau kendaraan uji coba.

2.3 Panduan Penjualan dan Perbaikan Kendaraan Bermotor.

Panduan ini menyediakan informasi tentang Australian Consumer Law (ACL) bagi industri penjualan dan perbaikan kendaraan bermotor, termasuk speda motor, dengan fokus utama pada masalah konsumen yang terkait dengan cacat dan kegagalan pada produk kendaraan bermotor baik baru baru maupun bekas bekas.

Lihat informasi lengkap tentang panduan ini pada: ACL Guide to Motor Vehicle Sales and repairs.

3. Standar.

3.1 Australia Design Rules (ADR’s).

Australia menerapkan standar kendaraan bermotor melalui  Vehicle Standard (Australian Design Rule – Definitions and Vehicle Categories) 2005, yang mengacu pada  Bagian 12, Road Vehicle Standards Act 2018.

Australia Design Rules memberikan informasi yang diperlukan untuk produsen kendaraan baru, termasuk mobil penumpang, bus, truk, dan trailer. Standar ini menetapkan keamanan, anti-thef, dan emisi kendaraan, serta mencakup beberapa hal penting lainnya seperti perlindungan penumpang, struktur, pencahayaan, kebisingan, emisi gas buang, pengereman, dan berbagai komponen lainnya.

Standar yang ditetapkan pada Australian Design Rules:

ADR—Definitions and Vehicle Categories.

ADR ini menetapkan definisi untuk istilah yang digunakan dalam ADR dan untuk menentukan kategori yang digunakan dalam tabel penerapan ADR. Link unduh: ADR-Definitions and Vehicle Categories

ADR—Harmonisation

ADR ini disusun untuk memfasilitasi keberterimaan dengan regulasi terbaru dari United Nations Economic Commission for Europe (UNECE) yang telah diadopsi sebagai standar alternatif dari ADR dan telah diimplementasikan di Australia dibawah UNECE 1958 Agreement. Link unduh: ADR—Harmonisation

ADR 1—Reversing Lamps

ADR ini menetapkan persyaratan untuk lampu mundur yang akan memperingatkan pejalan kaki dan pengguna jalan lain bahwa kendaraan akan bergerak atau bergerak ke arah sebaliknya, dan juga dapat membantu pengemudi dalam manuver mundur pada saat keadaan gelap. Link unduh: /00

ADR 2—Side Door Latches and Hinges

ADR ini menetapkan persyaratan untuk komponen penahan pintu samping (termasuk kait, engsel, dan sarana pendukung lainnya) untuk meminimalkan kemungkinan penumpang terlempar dari kendaraan akibat benturan. Link unduh: /00 /01

ADR 3—Seats and Seat Anchorages

ADR ini menetapkan persyaratan untuk Tempat duduk, pemasangan alat tambahannya, perakitan, dan sandaran kepala yang dipasang untuk meminimalkan kemungkinan cedera penumpang karena impact yang mungkin terjadi pada Tempat duduk akibat benturan kendaraan. Link unduh: /00 /01 /02 /03 /04

ADR 4—Seatbelts.

ADR ini menetapkan persyaratan untuk sabuk pengaman untuk menahan penumpang kendaraan pada kondisi terjadi benturan, memfasilitasi pengamanan dan penyetelan yang benar, membantu pengemudi untuk tetap berada di Tempat duduknya dalam situasi darurat dan dengan demikian mempertahankan kendali kendaraan, dan melindungi terhadap kemungkinan terlempar dalam situasi kecelakaan. Link unduh: /00 /01 /02 /03 /04 /05 /06

ADR 5—Anchorages for Seatbelts

ADR ini menetapkan persyaratan untuk pengangkuran sabuk sehingga dapat diamankan secara memadai ke struktur kendaraan atau tempat duduk kendaraan serta akan memenuhi persyaratan kenyamanan dalam penggunaannya. Link unduh: /00 /01 /02 /03 /04 /05 /06

ADR 6—Direction Indicators

ADR ini menetapkan persyaratan untuk perangkat yang dipasang pada kendaraan bermotor atau trailer yang bila dioperasikan akan memberi sinyal perubahan arah kendaraan yang berjalan. Link unduh: /00

ADR 7—Hydraulic Brake Hoses

ADR ini menetapkan persyaratan untuk performa selang rem hidrolik pada kendaraan sehingga resiko kegagalan dalam penggunaan dapat diminimalisir.

* Catatan: Standar ini tidak lagi berlaku untuk kendaraan baru setelah 9 Desember 2003, persyaratan ini telah gabungkan ke dalam ADR 42.

ADR 8—Safety Glazing Material

ADR ini menetapkan persyaratan untuk performa bahan yang digunakan untuk kaca eksternal atau internal pada kendaraan bermotor untuk memastikan visibilitas yang memadai dalam kondisi operasi normal, meminimalkan pengaburan saat kaca pecah, dan meminimalkan kemungkinan cedera serius jika seseorang bersentuhan dengan kaca yang pecah. Link unduh: /00 /01

ADR 9

Tidak digunakan.

ADR 10—Steering Column

ADR ini ditujukan untuk meminimalisir cedera remuk atau tusukan  pada pengemudi karena 'Kolom Kemudi' akibat benturan dari arah depan. Link unduh: /00 /01 /02

ADR 11—Internal Sun Visors

ADR ini menetapkan persyaratan untuk Pelindung Matahari untuk mengurangi potensi cedera akibat Pelindung Matahari dan struktur kendaraan yang berdekatan. Link unduh: /00

ADR 12—Glare Reduction in Field of View

ADR ini ditujukan untuk meminimalkan silau dari permukaan tertentu terhadap pandangan pengemudi. *Catatan: Standar ini tidak lagi berlaku untuk kendaraan baru setelah 9 Desember 2003.

ADR 13—Installation of Lighting and Light-signalling Devices on other than L-Group Vehicles

ADR ini menetapkan persyaratan untuk jumlah dan metode pemasangan perangkat lampu dan lampu sinyal pada kendaraan bermotor selain kendaraan golongan L. Link unduh: /00

ADR 14—Rear Vision Mirrors

ADR ini menetapkan persyaratan untuk kaca spion belakang untuk memberi pengemudi pandangan ke belakang yang jelas dan tidak terhalang. Link unduh: /00 /01 /02

ADR 15—Demisting of Windscreen

ADR ini menetapkan persyaratan untuk standar alat yang digunakan untuk menjaga kaca depan bersih dari kabut agar pandangan  pengemudi tidak terhalang.

*Catatan: Standar ini tidak lagi berlaku untuk kendaraan baru setelah 9 Desember 2003.

ADR 16—Windscreen Wipers and Washers

ADR ini menetapkan persyaratan untuk wiper dan washer kaca depan untuk memastikan visibilitas yang wajar pada kaca depan dalam cuaca buruk.

* Catatan: Standar ini tidak lagi berlaku untuk kendaraan baru setelah 9 Desember 2003, persyaratan ini telah gabungkan ke dalam ADR 42.

ADR 17—Fuel System

ADR ini menetapkan persyaratan untuk ‘Fuel Systems 17/00’ menggunakan ‘Liquid Fuel 17/00’ selain  liquefied petroleum gas (LPG) yang akan memfasilitasi operasi yang aman dan mengurangi risiko kebakaran akibat tumpahan bahan bakar selama operasi pengisian atau sebagai akibat dari benturan.

*Catatan: Standar ini tidak lagi berlaku untuk kendaraan baru setelah 2 August 2005.

ADR 18—Instrumentation

ADR ini menetapkan persyaratan untuk speedometer. Link unduh: /00 /01 /02 /03

ADR 19—Installation of Lighting & Light-signalling Devices on L-Group Vehicles

ADR ini menetapkan persyaratan untuk jumlah dan metode pemasangan perangkat lampu dan lampu sinyal pada kendaraan bermotor golongan L. Link unduh: /00 /01 /02

ADR 20—Safety Rims

ADR ini menetapkan persyaratan untuk 'Pelek' roda agar dapat menahan ban kempes jika terjadi kehilangan tekanan yang cepat

* Catatan: Standar ini tidak lagi berlaku untuk kendaraan baru setelah 9 Desember 2003

ADR 21—Instrument Panel

ADR ini menetapkan persyaratan untuk panel instrumen untuk mengurangi potensi cedera pada penumpang akibat benturan. Link unduh: /00

ADR 22—Head Restraints

ADR ini menetapkan persyaratan untuk desain Sandaran Kepala untuk membatasi tingkat keparaan cedera jika terjadi benturan dari belakang dan untuk memastikan bahwa Sandaran Kepala tidak dapat dipasang terlalu rendah. Link unduh: /00

ADR 23—Passenger Car Tyres

ADR ini menetapkan persyaratan untuk ban pneumatik baru yang dirancang terutama untuk mobil penumpang dan kendaraan ringan lainnya (termasuk trailer ringan). Link unduh: /00 /01 /02 /03

ADR 24—Tyre & Rim Selection

ADR ini menetapkan persyaratan untuk ban dan 'Pelek' yang sesuai dengan kapasitas beban kendaraan, ukuran 'Pelek' dan karakteristik kecepatan.

* Catatan: Standar ini tidak lagi berlaku untuk kendaraan baru setelah 9 Desember 2003, persyaratan ini telah gabungkan ke dalam ADR 42

ADR 25—Anti-Theft Lock

ADR ini menetapkan persyaratan untuk kunci dalam rangka mencegah kendaraan digunakan oleh orang yang tidak berhak dan untuk meminimalkan kemungkinan penyetelan kunci kemudi yang tidak disengaja ke posisi anti-pencurian saat kendaraan sedang bergerak. Link unduh: /00 /01 /02

ADR 26

Tidak digunakan.

ADR 27

Tidak digunakan.

ADR 28—External Noise of Motor Vehicles

ADR ini menetapkan persyaratan untuk menentukan batasan kebisingan yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor untuk membatasi kontribusi kebisingan kendaraan bermotor terhadap lingkungan.

* Catatan:  

  • Bagian /00 dari ADR ini tidak lagi berlaku untuk kendaraan baru setelah 1 October 2006.
  • Bagian /01 dari ADR ini tidak lagi berlaku untuk kendaraan baru setelah 1 October 2006 dan digantikan oleh ADR 83.

ADR 29—Side Door Strength

ADR ini menetapkan persyaratan kekuatan dan kekakuan pintu samping mobil penumpang yang digunakan sebagai akses penumpang untuk mengurangi intrusi ke dalam kompartemen penumpang sebagai akibat dari benturan samping. Link unduh: /00

ADR 30—Smoke Emission Control for Diesel Vehicles

ADR ini menetapkan persyaratan emisi asap kendaraan berbahan bakar solar untuk mengurangi pencemaran udara. Link unduh: Bagian /01

* Catatan: Bagian /00 dari standar ini  tidak lagi berlaku untuk kendaraan baru setelah 1 October 2006.

ADR 31—Brake Systems for Passenger Cars

ADR ini menetapkan persyaratan system pengereman untuk mobil penumpang. Link unduh: Bagian /01 /02 /03 /04

* Catatan: Bagian /00 dari standar ini tidak lagi berlaku untuk kendaraan baru setelah 29 September 2006.

ADR 32

Tidak digunakan.

ADR 33—Brake Systems for Motorcycles and Mopeds

ADR ini menetapkan persyaratan untuk memastikan pengereman yang aman dalam kondisi normal dan darurat untuk sepeda motor dan moped. Link unduh: /00 /01

ADR 34—Child Restraint Anchorages and Child Restraint Anchor fittings

ADR ini menetapkan persyaratan untuk ‘Child Restraint Anchorages’ dan ‘Child Restraint Anchor Fittings’ yang menyediakan koneksi standar untuk ‘Attaching Clips’ agar ‘Child Restraints’ dapat dihubungkan dengan aman pada kendaraan. Link unduh: /00 /01 /02 /03

ADR 35—Commercial Vehicle Brake Systems

ADR ini menetapkan persyaratan untuk pengereman pada kendaraan bermotor komersial dan kendaraan penumpang besar untuk memastikan pengereman yang aman baik dalam kondisi normal maupun darurat. Link unduh: /00 /01 /02 /03 /04 /05 /06 /07

ADR 36—Exhaust Emission Control for Heavy Duty Vehicles

ADR ini menetapkan persyaratan untuk membatasi 'Emisi Buang' dari mesin “heavy duty” penggerak kendaraan bermotor untuk mengurangi polusi udara..

* Catatan: Bagian /00 dari standar ini tidak lagi berlaku untuk kendaraan baru setelah 1 Oktober 2006.

ADR 37—Emission Control for Light Vehicles

ADR ini ditujukan untuk membatasi 'Emisi Penguapan Bahan Bakar' dan 'Emisi Buang' dari kendaraan bermotor untuk mengurangi polusi udara, dan untuk membuat kendaraan bermotor berbahan bakar bensin baru diproduksi agar beroperasi menggunakan 'Bensin Tanpa Timbal'.

*Catatan: ADR ini tidak lagi berlaku untuk kendaraan baru setelah 1 October 2006 dan digantikan oleh ADR 79.

ADR 38—Trailer Brake Systems

ADR ini menetapkan persyaratan untuk pengereman baik dalam kondisi normal maupun darurat. Kepatuhan dapat ditunjukkan dengan pengujian jalan dan/atau perhitungan berdasarkan data untuk komponen yang telah disetujui. Link unduh: /00 /01 /02 /03 /04 /05

ADR 39—External Noise of Motor Cycles

ADR ini menetapkan persyaratan terkait kebisingan eksternal yang disebabkan oleh 'Sepeda Motor' untuk membatasi kontribusi kendaraan ini terhadap kebisingan lingkungan.

*Catatan: ADR ini tidak lagi berlaku untuk kendaraan baru setelah 1 October 2006 dan digantikan oleh ADR 83.

ADR 40

Tidak digunakan.

ADR 41—Mandatory Operation on Unleaded Petrol

ADR ini ditujukan untuk mengharuskan kendaraan yang akan diproduksi untuk beroperasi dengan 'Bensin tanpa timbal' dan memiliki fitur tertentu.

*Catatan: ADR ini tidak lagi berlaku untuk kendaraan baru setelah 13 February 2001.

ADR 42—General Safety Requirements

ADR ini ditujukan untuk menentukan desain umum dan persyaratan konstruksi untuk memastikan pengoperasian kendaraan yang aman. Link unduh: /00 /01 /02 /03 /04 /05

ADR 43—Vehicle Configuration & Dimensions

ADR ini menetapkan persyaratan untuk konfigurasi dan dimensi kendaraan. Link unduh: /00 /01 /02 /03 /04

ADR 44—Specific Purpose Vehicle Requirements

ADR ini menetapkan persyaratan untuk kendaraan berikut: ‘Taxi’; 'Truk Derek'; 'Trailer tipe tiang'; Kendaraan Berbahan Bakar LPG; Kendaraan Darurat; dan Motorhomes/'Karavan'. Link unduh: /00 /01 /02

ADR 45—Lighting & Light-signalling Devices not covered by ECE Regulations

ADR ini ditujukan untuk menetapkan persyaratan fotometrik untuk penerangan dan perangkat pemberi isyarat cahaya yang akan memastikan penerangan yang memadai bagi pengemudi kendaraan dan memberi isyarat kepada pengguna jalan lain tentang posisi, orientasi, maksud dan pergerakan kendaraan, tanpa menghasilkan silau yang tidak semestinya bagi pengguna jalan lain. Link unduh: /00 /01

ADR 46—Headlamps

ADR ini ditujukan untuk menetapkan persyaratan fotometrik untuk lampu depan yang akan memberikan penerangan yang cukup bagi pengemudi kendaraan tanpa menimbulkan silau yang berlebihan  bagi pengguna jalan lainnya. Link unduh: /00

ADR 47—Retroreflectors

ADR ini ditujukan untuk menetapkan persyaratan dimensi, fotometrik, dan stabilitas untuk perangkat Retroreflectors yang bila dipasang pada kendaraan akan memastikan bahwa perangkat tersebut secara efektif memperingatkan keberadaan kendaraan. Link unduh: /00

ADR 48—Devices for Illumination of Rear Registration Plates

ADR ini ditujukan untuk menetapkan persyaratan fotometrik untuk perangkat yang menerangi plat registrasi belakang dengan refleksi. Link unduh: /00

ADR 49—Front and Rear Position (Side) Lamps, Stop Lamps and End-outline Marker Lamps

ADR ini ditujukan untuk menetapkan persyaratan fotometrik untuk alat pemberi isyarat cahaya yang akan menunjukkan keberadaan, lebar dan posisi kendaraan bila dilihat dari depan dan dari belakang. Link unduh: /00

ADR 50—Front Fog Lamps

ADR ini ditujukan untuk menetapkan persyaratan fotometrik untuk lampu kabut depan. Link unduh: /00

ADR 51—Filament Lamps

ADR ini ditujukan untuk menetapkan persyaratan dimensi dan fotometrik untuk lampu filamen yang memastikan dapat dipertukarkan dan berfungsi dengan benar saat dipasang di unit lampu. Link unduh: /00

ADR 52—Rear Fog Lamps

ADR ini ditujukan untuk menetapkan persyaratan fotometrik untuk lampu kabut belakang yang digunakan untuk membuat kendaraan lebih mudah terlihat dari belakang dengan memancarkan sinyal merah dengan intensitas yang lebih besar daripada lampu posisi belakang (samping). Link unduh: /00

ADR 53—Front and Rear Position Lamps, Stop Lamps, Direction Indicators & Rear Registration Plate Lamps for L-Group Vehicles

ADR ini ditujukan untuk menetapkan persyaratan fotometrik untuk lampu posisi depan, lampu posisi belakang, lampu berhenti, indikator arah dan perangkat penerangan plat nomor belakang yang dimaksudkan untuk dipasang pada moped, sepeda motor dan kendaraan yang serupa. Link unduh: /00

ADR 54—Headlamps for Mopeds

ADR ini ditujukan untuk menetapkan persyaratan fotometrik untuk lampu depan menggunakan lampu filamen menghasilkan satu balok lewat tunggal untuk moped. Link unduh: /00

ADR 55—Headlamps for Motor Cycles

ADR ini ditujukan untuk menetapkan persyaratan fotometrik untuk lampu depan yang disediakan untuk sepeda motor dan kendaraan tipe L lainnya. Link unduh: /00

ADR 56—Moped Noise

ADR ini ditujukan untuk menetapkan batasan kebisingan eksternal yang dipancarkan dari moped untuk membatasi kontribusi kendaraan ini terhadap kebisingan lingkungan.

*Catatan: ADR ini tidak lagi berlaku untuk kendaraan baru setelah 1 October 2006 dan digantikan oleh ADR 83.

ADR 57—Special Requirements for L-Group Vehicles

ADR ini ditujukan untuk menetapkan persyaratan khusus untuk kendaraan yang termasuk kedalam tipe L. Link unduh: /00

ADR 58—Requirements for Omnibuses Designed for Hire and Reward

ADR ini ditujukan untuk menetapkan persyaratan untuk konstruksi omnibus yang dirancang untuk, dan dimaksudkan untuk perizinan, sewa dan penghargaan. Link unduh: /00

ADR 59—Standards for Omnibus Rollover Strength

ADR ini ditujukan untuk memastikan bahwa superstruktur omnibus dapat menahan gaya yang dihadapi akibat benturan yang terjadi akibat  terguling untuk mempertahankan ruang sisa selama dan setelah tabrakan terguling. Link unduh: /00

ADR 60—Centre High Mounted Stop Lamp

ADR ini ditujukan untuk menetapkan persyaratan ‘Centre High-mounted Stop Lamp’ tambahan pada bagian belakang kendaraan, untuk memberikan sinyal tambahan kepada pengguna jalan lain di bagian belakang kendaraan bahwa pengemudi kendaraan sedang melakukan pengereman. Link unduh: /00

ADR 61—Vehicle Marking

ADR ini ditujukan untuk menetapkan persyaratan penandaan kendaraan. Link unduh: /00 /01 /02 /03

ADR 62—Mechanical Connections between Vehicles

ADR ini ditujukan untuk menetapkan persyaratan perangkat untuk koneksi mekanis antara kendaraan dan perlengkapannya, untuk memastikan keterikatan mekanis positif untuk kombinasi kendaraan dan untuk melarang pembukaan atau pelepasan perangkat dengan kekuatan apa pun yang mungkin terjadi selama penggunaan normal. Link unduh: /00 /01 /02

ADR 63—Trailers Designed for Use in Road Trains

ADR ini ditujukan untuk menetapkan persyaratan tambahan untuk trailer yang dirancang untuk digunakan di Road Train' yang memiliki Massa Kombinasi Kotor tidak melebihi 125 Ton. Link unduh: /00

ADR 64—Heavy Goods Vehicles Designed for Use in Road Trains & B-Doubles

ADR ini ditujukan untuk menetapkan persyaratan desain dan konstruksi tambahan untuk for kendaraan pengangkut yang dirancang untuk digunakan dalam ‘Road Train’ dan ‘B-Doubles’. Link unduh: /00

ADR 65—Maximum Road Speed Limiting for Heavy Goods Vehicles and Heavy Omnibuses

ADR ini ditujukan untuk menetapkan perangkat atau sistem yang digunakan untuk membatasi kecepatan jalan maksimum kendaraan barang berat dan omnibus berat. Link unduh: /00

ADR 66—Seat Strength, Seat Anchorage Strength and Padding in Omnibuses

ADR ini ditujukan untuk menetapkan persyaratan untuk kekuatan  tempat duduk, angkur tempat duduk dan angkur sabuk pengaman dari omnibus tertentu; dan untuk melindungi penumpang dari aksesori pada 'Kursi' dan sandaran tangan. Standar ini mencakup persyaratan untuk 'tempat duduk itu sendiri dan untuk kendaraan yang dilengkapi dengan tempat duduk.

*Catatan: ADR ini tidak lagi berlaku untuk kendaraan MD3 dan MD4 baru setelah 1 Juli 1995 dan kendaran ME baru setelah 1 Juli 1994. ADR ini telah digantikan oleh ADR 83.

ADR 67—Installation of Lighting and Light-Signalling Devices on Three-Wheeled Vehicles

ADR ini ditujukan untuk memastikan bahwa instalasi lampu dan sinyal lampu pada kendaraan dirangakai sedemikian rupa sehingga pengoperasian secara efektif perangkat ini tidak terganggu. Link unduh: /00

ADR 68—Occupant Protection in Buses

ADR ini ditujukan untuk menentukan persyaratan untuk omnibus tertentu terkait persyaratan untuk sabuk pengaman, kekuatan 'tempat duduk', angkur tempat duduk, angkur sabuk pengaman 'dan 'angkur Penahan Anak', dan ketentuan untuk melindungi penumpang dari benturan dengan punggung 'tempat duduk' dan aksesori pada 'tempat duduk' dan sandaran tangan. Link unduh: /00

ADR 69—Full Frontal Impact Occupant Protection

ADR ini ditujukan untuk menentukan persyaratan kelayakan tabrakan kendaraan terkait gaya dan akselerasi yang diukur dengan boneka antropomorfik pada tempat duduk depan melalui uji tabrakan frontal. Link unduh: /00

ADR 70—Exhaust Emission Control for Diesel Engined Vehicles

ADR ini ditujukan untuk mengurangi polusi udara, dengan membatasi hidrokarbon, karbon monoksida, oksida nitrogen, dan partikulat yang dipancarkan ke atmosfer dari sistem pembuangan kendaraan bermotor yang dilengkapi dengan ‘Mesin Diesel’. ADR ini merupakan tambahan dari ADR 30/00 yang membatasi emisi asap knalpot dari kendaraan tersebut.

*Catatan: Standar ini telah diubah menjadi ADR 79/ untuk kendaraan ringa baru dan ADR 80/ untuk kendaraan berat baru sejak 1 October 2006.

ADR 71—Temporary Use Spare Tyres

ADR ini ditujukan untuk menentukan persyaratan untuk Rakitan Ban/Roda Cadangan untuk Penggunaan Sementara. /00—This standard ceased to have effect for new vehicles as from 9 December 2003.

ADR 72—Dynamic Side Impact Occupant Protection

ADR ini ditujukan untuk menentukan persyaratan ketahanan benturan dalam hal kekuatan dan akselerasi yang diukur dengan boneka antropomorfik untuk meminimalkan kemungkinan cedera pada penumpang saat terjadi benturan dari samping. Link unduh: /00

ADR 73—Offset Frontal Impact Occupant Protection

ADR ini ditujukan untuk menentukan persyaratan ketahanan dalam hal kekuatan dan akselerasi yang diukur dengan boneka antropomorfik untuk meminimalkan kemungkinan cedera pada penumpang saat terjadi benturan dari depan. Link unduh: /00

ADR 74—Side Marker Lamps

ADR ini ditujukan untuk menentukan persyaratan fotometrik lampu penanda samping yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas di samping kendaraan. Link unduh: /00

ADR 75—Headlamp Cleaners

ADR ini ditujukan untuk menentukan persyaratan untuk pemasangan dan pengujian headlamp cleaners, jika dipasang pada kendaraan. Link unduh: /00

ADR 76—Daytime Running Lamps

ADR ini ditujukan untuk menentukan persyaratan fotometrik untuk daytime running lamps yang disediakan untuk meningkatkan visibilitas kendaraan di siang hari. Link unduh: /00

ADR 77—Gas Discharge Headlamps

ADR ini ditujukan untuk menentukan persyaratan fotometrik untuk lampu depan kendaraan bermotor yang dilengkapi dengan Gas Discharge Headlamps. Link unduh: /00

ADR 78—Gas Discharge Light Sources

ADR ini ditujukan untuk menentukan dimensi, persyaratan kelistrikan dan fotometrik dari sumber cahaya dengan gas-discharge untuk memastikan pertukaran dan fungsi yang sesuai saat dipasang pada Gas Discharge Headlamps. Link unduh: /00

ADR 79—Emission Control for Light Vehicles

ADR ini ditujukan untuk menentukan persyaratan emisi gas buang dan evaporasi untuk kendaraan ringan guna mengurangi polusi udara. Link unduh: /00 /01 /02 /03 /04

ADR 80—Emission Control for Heavy Vehicles

ADR ini ditujukan untuk menentukan persyaratan emisi gas buang dan evaporasi untuk kendaraan berat guna mengurangi polusi udara n. Link unduh: /00 /01 /02 /03

ADR 81—Fuel Consumption Labelling for Light Vehicles

ADR ini ditujukan untuk menentukan persyaratan untuk pengukuran konsumsi bahan bakar kendaraan dan emisi karbon dioksida (CO2), serta desain dan penerapan label konsumsi bahan bakar pada kendaraan. Link unduh: /01 /02

*Catatan: Bagian /00 dari standar ini tidak lagi berlaku untuk kendaraan baru setelah 1 July 2003.

ADR 82—Engine Immobilisers

ADR ini ditujukan untuk menentukan persyaratan untuk alat penggerak mesin yang dimaksudkan untuk dipasang pada kendaraan untuk mencegah kendaraan berjalan dengan tenaga mesinnya sendiri. Link unduh: /00

ADR 83—External Noise

ADR ini ditujukan untuk menentukan pembatasan kebisingan eksternal yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor, sepeda motor dan moped untuk membatasi kontribusi lalu lintas bermotor terhadap kebisingan lingkungan. Link unduh: /00

ADR 84—Front Underrun Impact Protection

ADR ini ditujukan untuk menentukan persyaratan untuk meminimalkan kemungkinan kendaraan mengalami Underrun saat mengalami benturan frontal. Link unduh: /00

ADR 85—Pole Side Impact Performance

ADR ini ditujukan untuk mengurangi risiko cedera serius dan fatal terhadap penumpang saat terjadi benturan samping dengan membatasi gaya, akselerasi dan defleksi yang diukur dengan alat uji antropomorfik melalui uji tabrakan benturan samping dan dengan cara lain. Link unduh: /00

ADR 86—Parking Lamps

ADR ini ditujukan untuk menentukan persyaratan fotometrik Lampu parkir, yang dimaksudkan untuk digunakan untuk menarik perhatian terhadap keberadaan kendaraan yang tidak bergerak. Link unduh: /00

ADR 87—Cornering Lamps

ADR ini ditujukan untuk menentukan persyaratan fotometrik untuk Lampu Sudut, yang digunakan untuk memberikan penerangan tambahan pada bagian jalan yang terletak di dekat sudut depan kendaraan pada sisi arah kendaraan akan berbelok. Link unduh: /00

ADR 88—Electronic Stability Control

ADR ini ditujukan untuk menentukan persyaratan untuk Electronic Stability Control systems pada mobil penumpang dan kendaraan ringan untuk mengurangi risiko tabrakan yang melibatkan hilangnya kendali terhadap arah kendaraan, termasuk yang mengakibatkan kendaraan terguling. Link unduh: /00

ADR 89—Brake Assist Systems

ADR ini ditujukan untuk menentukan persyaratan untuk Brake Assist Systems pada mobil penumpang dan kendaraan ringan untuk untuk memaksimalkan kinerja pengereman dalam kondisi darurat. Link unduh: /00

ADR 90—Steering System

ADR ini ditujukan untuk memastikan kemudi yang aman dalam kondisi pengoperasian normal maupun saat ada kegagalan. Link unduh: /00

ADR 91—Rear Underrun Impact Protection

ADR ini ditujukan untuk meminimalkan risiko cedera akibat underrunning pada kendaraan ‘Semi-trailers’ saat terjadi tabrak belakang. Link unduh: /00

ADR 92—External Projections

ADR ini ditujukan untuk meminimalkan risiko atau cedera yang serius pada seseorang akibat tertabrak atau bergesekan dengan badan kendaraan saat terjadi tabrakan. Link unduh: /00

ADR 93—Forward Field of View

ADR ini ditujukan untuk memastikan pengemudi memiliki bidang pandang yang memadai ke kedua sisi dan ke segala arah depan kendaraan. Link unduh: /00

ADR 94—Audible Warning

ADR ini ditujukan untuk menentukan persyaratan untuk perangkat peringatan dengan bunyi yang dipasang pada kendaraan. Link unduh: /00

ADR 95—Installation of Tyres

ADR ini ditujukan untuk menentukan persyaratan untuk pemasangan ban pneumatik ke kendaraan. Link unduh: /00

ADR 96—Commercial Vehicle Tyres

ADR ini ditujukan untuk menentukan persyaratan untuk ban pneumatik baru yang dirancang terutama untuk kendaraan komersial. Link unduh: /00

ADR 97— Advanced Emergency Braking for Omnibuses, and Medium and Heavy Goods Vehicles

ADR ini ditujukan untuk menentukan persyaratan Sistem Pengereman Darurat yang dipasang pada omnibus, dan kendaraan barang dengan berat lebih dari 3,5 ton untuk menghindari atau mengurangi tingkat keparahan saat terkena benturan dari belakang

ADR 98—Advanced Emergency Braking for Passenger Vehicles and Light Goods Vehicles

ADR ini ditujukan untuk menentukan persyaratan Sistem Pengereman Darurat yang dipasang pada kendaraan penumpang (selain omnibus), dan untuk kendaraan barang ringan, untuk menghindari atau mengurangi tingkat keparahan saat terkena benturan dari belakang. Link unduh: /00 /01

3.2 Panduan Standar Kendaraan.

Selain standar dari ADR, informasi  dari Vehicle Standards Guides cukup penting,  memberikan saran/menyediakan informasi tentang berbagai masalah standar kendaraan berat.

 

Informasi selengkapnya dapat dilihat disini.

4. Lembaga Berwenang.

Department of Infrastructure, Transport, Regional Development and Communications and the Arts (DITRDCA)
DITRDCA merupakan sebuah Departemen dari Pemerintah Federal Australia yang bertanggung jawab untuk menyusun kebijakan dan program Pemerintah Australia terkait infrastruktur, transportasi, pembangunan regional, komunikasi, budaya, dan seni.

 

National Transport Commission (NTC).
NTC merupakan instansi pemerintah yang memiliki tugas dalam melakukan reformasi untuk transportasi darat nasional yang bertujuan untuk meningkatkan keselamatan, produktivitas, hasil lingkungan dan efisiensi peraturan.

Peran NTC adalah:

  • Mengembangkan dan mengusulkan reformasi transportasi darat yang konsisten secara nasional
  • Meninjau, memelihara dan mengubah undang-undang nasional dan model, dan instrumen lainnya (diantaranya kode dan pedoman).
 
Australian Competition and Consumer Commission (ACCC).
Peraturan perlindungan konsumen ditentukan dan ditegakkan oleh Australian Competition and Consumer Commission (ACCC). ACCC mengawasi produk dari hampir seluruh industri; seperti: pakaian, kendaraan bermotor, produk makanan dan peralatan mesin.

Diterbitkan pada  30 Aug 2022

Produk (Komponen) Otomotif
  • 1. Undang-Undang.
  • 1.1 Undang-Undang Standar Kendaraan (Jalan Raya) 2018.
  • 1.2 Undnag-Undang Kendaraan Berat
  • 1.3 Undang-Undang Konsumen Australia.
  • 2. Regulasi.
  • 2.1 Regulasi Standar Kendaraan (Jalan Raya).
  • 2.2 Regulasi Registrasi Kendaraan.
  • 2.3 Panduan Penjualan dan Perbaikan Kendaraan Bermotor.
  • 3. Standar.
  • 3.1 Australia Design Rules (ADR’s).
  • 3.2 Panduan Standar Kendaraan.
  • 4. Lembaga Berwenang.
Produk Ekspor Lainnya ke Australia

Temukan teknis dan persyaratan mutu produk ekspor

Semua produk (Australia)

Tautan Terkait