Persyaratan Wajib
Di Kanada, kopi yang diimpor untuk tujuan komersial diatur oleh berbagai instansi pemerintah federal, terutama Badan Pemeriksa Makanan Kanada (Canadian Food Inspection Agency atau "CFIA"), Badan Pertanian dan Pertanian Pangan Kanada (Agriculture and Agri-Food Canada atau "AAFC"), Departemen Kesehatan Kanada (Health Canada), dan CBSA. Setiap instansi yang berwenang mengatur dan menegakkan hukum dan peraturan terkait aspek-aspek berikut ini:
- CFIA memberlakukan semua standar kesehatan dan keselamatan di bawah Peraturan Perundangan tentang Makanan dan Obat Kanada dan juga mengelola peraturan lain di luar kesehatan dan keselamatan yang berkaitan dengan kemasan makanan, pelabelan, dan iklan;
- Health Canada menetapkan standar keselamatan dan kualitas gizi makanan yang dijual di Kanada. Health Canada, bersama CFIA, juga bertanggung jawab atas pemberian label makanan di Kanada;
- AAFC mengatur sektor pertanian dan pertanian pangan, termasuk kopi, dan menjalin kerja sama erat dengan pemerintah provinsi dan daerah dalam mengembangkan dan melaksanakan kebijakan serta program yang berhubungan dengan pertanian dan pangan.
CBSA memberlakukan hukum dan peraturan bea cukai serta mengatur tata kelola perbatasan terkait orang dan barang yang masuk ke Kanada. Instansi ini juga memberikan informasi mengenai proses impor barang komersial ke Kanada kepada importir di negara itu. Informasi yang diberikan adalah untuk melengkapi persyaratan yang ditetapkan undang-undang, peraturan, dan kerangka acuan yang ada mengenai impor dan imigrasi yang diawasi oleh instansi pemerintah terkait di Kanada. Panduan langkah demi langkah mengenai impor barang niaga ke Kanada dapat diakses di situs CBSA.
Pemerintah Kanada juga telah menetapkan sejumlah ketentuan hukum mengenai impor kopi ke negara itu. Berikut adalah sebagian persyaratan hukum khusus untuk produsen kopi dan eksportir di Indonesia jika ingin mengekspor produk kopi mereka ke Kanada:
Tipe Peraturan | Nama dan Tautan ke Peraturan | Keterangan |
Undang-Undang Umum tentang Makanan | Undang-Undang Makanan dan Obat Peraturan Makanan dan Obat |
§ Peraturan ini dilaksanakan oleh Health Canada, yang menetapkan standar keselamatan dan kualitas gizi makanan yang dijual di Kanada. CFIA melaksanakan seluruh standar kesehatan dan keselamatan yang berada di bawah Peraturan Makanan dan Obat. § Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi: Direktorat Makanan CFIA |
Undang-Undang Label Makanan | Undang-Undang Label dan Kemasan Konsumen Peraturan Label Angka Kandungan Gizi |
§ Baik Health Canada maupun CFIA bertanggung jawab atas pemberian label makanan di Kanada; CFIA juga melaksanakan peraturan selain kesehatan dan keselamatan yang terkait dengan kemasan makanan, pelabelan, dan iklan. § Label nilai kandungan gizi telah ditetapkan wajib untuk dicantumkan pada sebagian besar label makanan sejak Peraturan Obat dan Makanan diubah pada tahun 2002. § Untuk mengetahui dan memenuhi persyaratan label produk Anda, lihat Perangkat Label Industri |
Undang-Undang Produk Organik | Peraturan Produk Organik Label Makanan untuk Industri - Klaim Organik |
§ Peraturan-peraturan ini menentukan produk organik di Kanada dan menetapkan aturan tentang penggunaan logo organik pada produk organik. Hal tersebut juga mengatur klaim organik, termasuk klaim organik mana yang diizinkan dan mana yang tidak. § Untuk persyaratan dan prosedur terkait penerapan, negosiasi, dan penetapan pengaturan kesetaraan organik antara Kanada dan Indonesia, lihat Pengaturan Kesetaraan |
Undang-Undang Pelestarian Lingkungan Hidup | Undang-Undang Pelestarian Lingkungan Kanada Undang-Undang Penilaian Lingkungan Kanada |
Produsen kopi juga perlu mematuhi peraturan ini untuk memastikan bahwa proses produksi memenuhi standar perlindungan lingkungan hidup di Kanada, sebagai negara tujuan ekspor. |
Undang-Undang Pengendalian Hama | Undang-Undang Pengendalian Hama |
Peraturan ini diterapkan Health Canada untuk menjaga kesehatan manusia dan melindungi lingkungan hidup. Aturan-aturan di dalamnya menentukan pestisida mana yang diizinkan penggunaannya dan cara penggunaannya. |
Persyaratan Pembeli
- Titik Pengendalian Penting Analisis Bahaya (Hazard Analysis Critical Control Point atau "HACCP") - ini merujuk pada sistem manajemen risiko yang mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengendalikan bahaya terkait keamanan makanan di seluruh rantai suplai.
- FSSC/FS 2200 - skema sertifikasi ini merupakan integrasi ISO 22000: Sistem Pengelolaan Keamanan Makanan 2005 dan Spesifikasi Publik (Publicly Available Specification atau "PAS") 220;
- Rangkaian sertifikat ISO 22000 - sertifikasi ini mencakup seluruh rantai suplai, meliputi pengolah makanan, pemasok, dan distributor;
- Makanan Aman dan Berkualitas (Safe Quality Food atau "SQF") - sistem ini mengatur pengelolaan kualitas dan keamanan makanan yang dikembangkan untuk pengecer dan pemasok;
- Praktik Pertanian yang Baik (Canada Good Agricultural Practices atau "CanadaGAP") - program keamanan makanan ini ditujukan untuk pekerja yang terlibat dalam penanganan buah dan sayuran; dan
- PACsecure - ini adalah standar berbasis HACCP untuk industri kemasan.
Ceruk Pasar
Meskipun standar berkelanjutan dan sertifikasi bersifat sukarela, hal ini semakin menjadi persyaratan de facto untuk pembeli kopi tertentu, terutama di tujuan pasar tradisional (Amerika Serikat, Kanada, Uni Eropa, dan Jepang).[4] Jenis kopi memenuhi standar yang paling umum di pasar Kanada adalah Fairtrade, Organic, Rainforest Alliance, UTZ Certified, dan 4C (yaitu, Common Codes for Coffee Community) Association. Informasi lebih lanjut tentang ragam standar dan sertifikasi yang berbeda dapat ditelusuri di: http://www.standardsmap.org.
Kopi premium terpopuler di pasar Kanada, sejauh ini, adalah Fairtrade dan Organic.[5] Banyak lembaga sertifikasi internasional memiliki anak perusahaan yang beroperasi di Indonesia, termasuk Control Union, CERES, IMO, SGS, Biocert, Sucofindo, dan SDS Indonesia.
Satu-satunya standar yang telah ditetapkan menjadi aturan hukum di kebanyakan negara adalah standar organik. Impor kopi organik dan kopi khusus Kanada mencapai sekitar 3 juta kg atau kurang lebih 18% dari total impor kopi tahun 2011, meningkat 16% dari tahun sebelumnya. Indonesia memasok 5,4% dari kopi organik dan kopi khusus global di tahun yang sama[6]. Penting untuk dicatat bahwa Kanada memiliki pengaturan kesetaraan organik bersama Amerika Serikat, Uni Eropa, Jepang, Kosta Rika, dan Swiss, yang berarti produk organik bersertifikat sesuai dengan undang-undang di negara-negara tersebut juga diakui di Kanada, dan sebaliknya. [7] Namun, ketika produk bersertifikat organik berasal dari negara ketiga seperti Indonesia, terdapat beberapa pembatasan yang berlaku.[8]
Bagi eksportir kopi Indonesia yang tertarik untuk menyediakan produk kopi organik mereka di pasar Kanada, produk tersebut harus mengikuti persyaratan berikut agar dapat diklaim organik dan dijual di Kanada:
- disertifikasi oleh lembaga sertifikasi berakreditasi CFIA;
- mencantumkan nama lembaga sertifikasi pada produk.
Sesuai dengan Peraturan Produk Organik, klaim organik berikut diperbolehkan:
- "organic": logo "Canada organic" hanya dapat digunakan pada produk organik dengan kandungan organik lebih besar dari 95%;
- "% organic ingredients": logo "% organic ingredients" dapat digunakan pada produk yang memiliki komposisi organik 70-95%, namun jenis produk ini tidak diperbolehkan untuk mencantumkan logo "Canada organic";
- "organic" dalam daftar bahan: produk dengan kandungan organik kurang dari 70% diperbolehkan untuk mengidentifikasi produk organik dalam daftar bahannya, namun tidak diperbolehkan untuk menggunakan logo "Canada organic".
Buka tautan berikut untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang sertifikasi kopi organik:
- Agar produk organik Anda disertifikasi oleh lembaga sertifikasi yang telah diakreditasi CFIA, lihat halaman Lembaga Sertifikasi Penyedia Layanan Sertifikasi Organik - Kanada.
- Untuk daftar Lembaga Verifikasi Kepatuhan yang memiliki perjanjian untuk menilai, merekomendasikan akreditasi, dan memantau lembaga sertifikasi, kunjungi situs Lembaga Verifikasi Kepatuhan.