Ekspor Produk Produk (Komponen) Otomotif ke Chili

Berikut ini informasi persyaratan mutu dan regulasi teknis terkait produk yang akan diekspor ke Chili.

1. Informasi Umum

Sektor Otomotif.

Pertumbuhan sektor otomotif Chili secara keseluruhan sebanding dengan permintaan suku cadang mobil di pasar Chili yang secara langsung juga menguntungkan penjualan suku cadang mobil untuk perawatan kendaraan bekas. Produksi suku cadang mobil dalam negeri tidak dalam jumlah yang besar, hampir semua suku cadang dan aksesori diimpor dari mitra dagang di seluruh dunia yang memiliki akses ke pasar Chili. Produksi lokal sebagian besar terbatas pada ban, filter, sekrup, sambungan CV, dan girboks.

Suku Cadang Kendaraan.

Sektor suku cadang mobil dibagi menjadi dua kategori utama; pasar kendaraan ringan, termasuk kendaraan penumpang; dan pasar kendaraan berat, yang meliputi bus, truk, trailer, dan alat berat. Pasar suku cadang mobil Chili memiliki lebih dari 60 merek dari berbagai negara. Di pasar suku cadang mobil yang beragam, tidak ada satu merek pun yang memiliki pangsa pasar yang signifikan karena ketatnya persaingan dan beragamnya merek mobil yang tersedia.

Di Chili tidak ada perakitan atau manufaktur kendaraan, oleh karena itu seluruh komponen dan suku cadang otomotif diimpor untuk penggantian.Iimportir sebagian besar terdiri dari 2 jenis perusahaan:

  • Importir dan perwakilan kendaraan, yang juga mengimpor komponen asli dan suku cadang untuk memberikan layanan purna perawatan kepada klien mereka dan/atau mendistribusikannya pengecer lainnya.
  • Importir komponen dan suku cadang, yang mengimpor komponen asli dan alternatif produk, untuk distribusi langsung dan/atau melalui pengecer kecil lainnya.

 

Beberapa suku cadang utama yang diimpor ke Chili berdasarkan kode Harmonized System (HS) berikut:

  • 40.11.10.00   : Tires for passanger cars and SUVs
  • 40.11.20.00   : Tires for trucks and buses
  • 87.08.30.10   : Brake pads
  • 87.08.30.20   : Brake disc
  • 87.08.80.92   : Shock absorbers for buses and mini buses
  • 87.08.80.93   : Shock absorbers for passanger cars and SUV
  • 87.08.80.92   : Shock absorbers for trucks
  • 85.07.10.10   : Batteries for electric accumulators; lead acid, of a kind used for starting piston

engines, including separators, whether or not rectangular (including square)

  • 85.07.10.10   : Batteries for other lead electric accumulators of a kind used for starting piston
  •  

2. Undang-undang/Kerangka Hukum.

Undang – undang Efisiensi Energi.

Law No. 21,305, on energy efficiency, introduced various amendments to Decree Law No. 2,224 of 1978 of the Ministry of Energy.

Undang-undang ini menetapkan target intensitas energi, sebagai pengurangan 10% dalam intensitas energi PDB untuk 2030 dibandingkan dengan tingkat 2019. Pengurangan ini akan menghasilkan pengurangan CO2 kumulatif sebesar 28,6 Mt. Untuk mencapai sasaran efisiensi kendaraan baru ini, importir atau perwakilan setiap merek kendaraan yang dipasarkan di Chili harus memenuhi standar efisiensi energi baru mulai tahun 2024 untuk kendaraan ringan, tahun 2026 untuk kendaraan menengah, dan tahun 2028 untuk kendaraan berat.

Undang-undang Industri Otomotif.

Law 18.483 Establishes New Legal Regime for the Automotive Industry, undang-undang yang mengatur indistri otomotif.

Lihat selengkapnya pada Chile Law - Law 18483.

Undang-undang Perlindungan Konsumen.

Consumer Protection Act (Law No. 19,496). Ley 19,496 Normas Sobre Proteccion De Los Derechos De Los Consumidores

Undang-undang ini memuat kerangka regulasi tentang perlindungan konsumen di Chili. Hak-hak semua konsumen adalah hak-hak yang ditetapkan dalam undang-undang, regulasi dan aturan lain yang memuat ketentuan yang berkaitan dengan perlindungan hak-hak mereka.

Pengaturan pada undang ini antara lain: kewajiban pemasok, yaitu orang perseorangan atau badan hukum, publik atau swasta, yang melakukan kegiatan produksi, manufaktur, impor, konstruksi, distribusi atau komersialisasi barang.

Perlindungan utama terkait dengan mutu dan fungsi produk terdiri dari: (i) kewajiban untuk memberikan "basic commercial information"; (ii) kewajiban mengenai karakteristik produk;  dan (iii) rezim jaminan hukum (legal warranty regime).

Lihat selengkapnya pada Chile Law - Law 19496.

Undang-undang Extended Producer Responsibility (EPR)

Law No. 20,920 for the Management of Waste, Extended Liability of the Producer and Promotion of Recycling (“EPR Law”).

Undang-undang berupaya mengurangi timbulan limbah dan mendorong penggunaan kembali, daur ulang, dan jenis pemulihan lainnya. Untuk tujuan ini, undang-undang menetapkan Extended Liability of the Producer, dimana produsen bertanggung jawab atas limbah yang dihasilkan oleh produk-produknya, dari produksinya hingga pemulihan atau penghapusannya. Komponen otomotif yang termasuk dalam lingkup undang-undang ini adalah baterai dan ban.

Lihat selengkapnya pada Chile Law - Law 20920,

Kebijakan Transportasi Ramah Lingkungan.

Terkait dengan penggunaan kendaraan bermotor, Chili menetapkan kebijakan transportasi ramah lingkungan.

Name

Date

Document type

Law 21.305 on Energy Efficiency

February 2021

Law

National Electromobility Strategy

October 2021

Strategy

Message No. 393-369

November 2021

Official message

Just Transition Strategy in the Energy sector

December 2021

Strategy

National Energy Efficiency Plan 2022–2026

February 2022

Plan

Fixed Minimum Energy Efficiency Standard for Light Motor Vehicles

February 2022

Standard

3. Regulasi.

Decree No. 54/1997eVehicle Type approval.

Persetujuan jenis kendaraan.

Homologasi kendaraan dilakukan oleh Ministry of Transport and Telecommunications (MTT), melalui Vehicle Control and Certification Center (3CV) dan terdiri dari analisis teknis kendaraan bermotor ringan dan menengah serta sepeda motor, yang merupakan prototipe atau kendaraan produksi model yang berniat dipasarkan di dalam negeri.

Type approval mencakup proses analisis teknis yang dilakukan sehubungan dengan kendaraan, yaitu:

  • persetujuan dan/atau sertifikasi emisi,
  • persetujuan aspek konstruksi,
  • "verifikasi kesesuaian" emisi kendaraan dan aspek konstruksi.

Untuk setiap model yang disetujui, akan dikeluarkan "Sertifikat Persetujuan" yang menunjukkan model yang dimaksud dengan spesifikasi utamanya. Sertifikat ini berlaku selama model tidak berubah dalam aspek yang dipertimbangkan dalam analisis, sehubungan dengan prototipe yang menjadi subjek ujian.

Lihat selengkapnya pada Decree 54/1997.

Regulasi Keselamatan Kendaraan.

Regulasi yang mnengatur keselamatan/keamanan keandaraan antara lain:

Decree No. 22/2006 Safety Requirements for Vehicles

Decree No. 22/2006 mencakup persyaratan sistem rem, penerangan. sinyal, perangkat suara, kaca, perangkat darurat dan roda cadangan kendaraan bermotor.

  • Kendaraan bermotor harus memiliki setidaknya dua sistem pengereman aksi yang independen satu sama lain, dan setidaknya satu dari ini harus beroperasi pada semua roda kendaraan.
  • Trailer dengan kapasitas muat lebih dari 750 kilogram harus memiliki sistem pengereman independen.
  • Kendaraan, sesuai dengan jenis atau kelasnya, harus dilengkapi dengan lampu sorot dan lampu eksterior berikut:
    • Kendaraan bermotor dengan empat roda atau lebih:
      • Depan: dua lampu sorot untuk memproyeksikan balok rendah dan tinggi, dua lampu parkir, dan dua lampu kilat belokan, dan
      • Belakang: dua lampu parkir, dua lampu belok, dua lampu rem, dua lampu mundur, dua lampu merah solid dan satu untuk menerangi plat nomor.
    • Trailers dan semi-trailers:
      • Lampu yang sama didefinisikan untuk bagian belakang kendaraan bermotor dengan empat roda atau lebih;
    • Kendaraan bermotor roda dua atau tiga:
      • Depan: lampu sorot yang memungkinkan balok rendah dan tinggi diproyeksikan, dan
      • Belakang: lampu merah solid, lampu rem dan dua lampu sein berkedip;
  • Kendaraan bermotor harus menggunakan sinyal belok listrik.
  • Kendaraan harus dilengkapi dengan perangkat suara yang hanya boleh mengeluarkan suara monochord dengan intensitas sedang.

Lihat selengkapnya pada Supreme Decree (DS) No. 22 of 2006.

Decree No. 26/2000 Components Required for Motor Vehicle Safety.

Fitur keselamatan berlaku untuk kendaraan bermotor ringan dan kendaraan bermotor berukuran sedang. Semua kendaraan harus dilengkapi dengan unsur-unsur keselamatan yang tercantum dalam keputusan ini.

Lihat selengkapnya pada Supreme Decree No. 26/2000.

Resolution No. 48/2000 Standards for Safety Components of Light Passenger and Commercial.

Elemen keamanan harus mematuhi ketentuan, prosedur atau persyaratan yang ditetapkan:

  • Sabuk pengaman
  • Kaca pengaman untuk kaca depan
  • Defroster kaca belakang
  • Penahan kepala
  • Kaca spion interior dengan penyesuaian siang/malam
  • Jangkar kursi
  • Kolom kemudi yang dapat ditarik
  • Sistem pengereman
  • Sistem perlindungan penumpang
  • Kaca spion lipat
  • Sistem Pengingat Sabuk Pengaman
  • Jangkar untuk kursi anak
  • Sistem pengereman anti-lock (ABS)
  • Electronic Stability Program (ESP)

Lihat selengkapnya pada Resolution 48/2000.

Regulai Emisi.

Regulasi emisi berhubungan dengan kebijakan standar effisiensi energi. Pemerintah dan industri bekerja sama untuk menggandakan kinerja kendaraan ringan baru yang masuk ke negara ini pada tahun 2035 dan melipatgandakan kinerjanya pada tahun 2050, dengan kedua tujuan ini dimulai dari baseline tahun 2019.

Perkembangan standar efisiensi energi untuk kendaraan ringan di Chilli

Tahun

Nilai (km/L setara bensin)

2020 (Dasar)

14,9 (PV), 13,5 (LCV)

2024-2026

18,8 (PV), 18,3 (LCV)

2027-2029

22,8 (PV), 22,3 (LCV)

2030-masa depan

28,9 (PV), 28,4 (LCV)

 

Regulasi emisi gas buang kendaraan diatur dalam beberapa decree:

Emisi ditetapkan untuk jenis kendaraan:

  • Kendaraan ringan termasuk mobil penumpang dan truk tugas ringan ringan (GVWR < 2700 kg).
  • Kendaraan tugas menengah adalah truk tugas ringan berat (2700 ≤ GVWR < 3860 kg).

Standar emisi untuk kendaraan tugas ringan dan menengah yang berlaku mulai 2022.09 didasarkan pada batas Euro 6 dan EPA Tier 3 AS untuk model 2022 dan kendaraan lebih baru.

Standar Emisi Kendaran Ringan dan Medium.

Emission standards for light-duty vehicles (GVWR < 3860 kg) with spark ignition and diesel engines, US based standards.

Emission standards for diesel fueled light-duty vehicles, EU based standards

Emission standards for gasoline, CNG and LPG fueled light-duty vehicles, EU based standards

Lihat selengkapnya pada Emission Standards: Chile: Light-Duty Vehicles

Emission Standards for Heavy-Duty Engines, GVW ≥ 3860 kg

Emission Standards for Urban Buses in Metropolitan Region

Emission Standards for Chassis Certified Heavy-Duty Diesel Vehicles, g/km

Lihat selengkapnya pada Emission Standards: Chile: Heavy-Duty Engines.

Regulasi Standar efisiensi energi minimum untuk kendaraan bermotor ringan.

Resolution 5 Exempt - Minimum Energy Efficiency Standard for Light Motor Vehicles.

  • Kendaraan yang tunduk pada standar efisiensi energi yang ditetapkan oleh resolusi ini adalah kendaraan ringan, sebagaimana ditetapkan dalam Decree No. 211 of 1991 of the Ministry of Transport and Telecommunications,
  • Controller. Sebagaimana ditetapkan dalam Decree Law No. 2,224, yang bertanggung jawab untuk mematuhi standar efisiensi energi adalah importir atau perwakilan untuk setiap merek kendaraan yang dipasarkan di Chili, yang berwenang untuk mengeluarkan sertifikat persetujuan individu, dalam hal kendaraan ringan, selanjutnya disebut " responsible parties ".
  • Metrik. Sesuai dengan ketentuan Decree Law No. 2,224, metrik yang akan digunakan untuk definisi standar adalah efisiensi energi dalam kilometer per liter bensin.

Lihat selengkapnya pada Chile Law - Resolution 5.

Regulasi Relevan Lainnya.

  • Supreme Decree (DS) No. 160 of 1997 establishes the conditions and characteristics of individual approval certificates and amends Decrees Nos. 156 of 1990 and 141 of 1997.
  • Exempt Resolution No. 81, of 2021, establishes the procedure for the application for approval of light and medium motor vehicles

Pengawasan Pasar.

Untuk memastikan bahwa mobil yang dijual di pasar memenuhi persyaratan teknis keselamatan dan standar emisi yang ditetapkan oleh MTT/ MMA, 3CV akan secara acak memeriksa satu atau lebih mobil untuk verifikasi kesesuaian setelah mobil tersebut memasuki pasar Chili.

Peringkat Keamanan Kendaraan (New Car Assessment Programme).

Pembaruan Decree 026 mencakup peringkat keselamatan Car Assessment Programme for Latin America and the Caribbean (Latin NCAP) untuk model kendaraan baru yang dijual di Chili. Latin NCAP telah menunjukkan bahwa penilaian kendaraan dan publikasi hasilnya menghasilkan perbaikan sukarela oleh produsen, dalam menanggapi permintaan konsumen.

4. Standar

Beberapa contoh standar komponen otomotif.

  • NCh2094/1:2001 Motor Vehicle Safety Glass - Part 1: Quality and Safety Specifications
  • NCh2094/2:2001 Safety glass for motor vehicles - Part 2: Sampling and testing methods
  • NCh1258/2:2005 Personal Fall Arrest Systems - Part 2: Strobes and Shock Absorbers
  • NCh1661:1980 Braking of Motor Vehicles and Their Trailers – Terminology
  • NCh1776:2016 Tires - Terminologies & Definitions
  • NCh3384:2015 Truck & Bus Tires - Requirements & Tests
  • NCh3413/1:2016 Tires for passenger and light load vehicles ‐ Part 1: Product requirements and testing
  • NCh3413/2:2016 Tires for passenger and light load vehicles ‐ Part 2: Selection criteria and safety recommendations
  • NCh2308:1995 Road Vehicles - Mechanical Connections Between Towing Vehicle and Trailers - Safety Requirements
  • NCh2309:1995 On-road vehicles - Mechanical coupling between tractor and semi-trailer - Safety requirements

Lihat selengkapnya pada National Institute for Standardization.

Standar komponen otomotif yang mengacu pada standar international atau negara lain:

  • Windshield glasses: should comply with U.S. CFR49-571 (number 571.205), EC Type Approval (92/22/EC), S.R.R.V. Japan (technical standard D.O. 10.12.2013 Trias 52-1994) or CONTRAN Brazil (Resolution 2933 Number784/94).
  • Brake systems: should comply with U.S. CFR49-571 (number 571.105 or 571.135), EC Type Approval (71/320/CEE Art. 1° d), S.R.R.V. Japan (technical standard 11-4-6, 11-4-7), South Korea K.M.V.S.S.(article 9) or CONTRAN Brazil (Resolution 777/93).

 

5. Lembaga Berwenang.

Ministerio de Transportes dan Telecomunicaciones (MTT).

Government Agency for Vehicle Certification and Safety Standards

Website: Ministerio de Transportes y Telecomunicaciones | Gobierno de Chile

Ministerio del Medio Ambiente (MMA).

Government Agency for Environmental Issues Like Vehicle Pollution and Noise Emissions

Website: www.mma.gob.cl

3CV Vehicle Control and Certification Center.

Executive Body for Type Approval. Pusat Kontrol dan Sertifikasi Kendaraan 3CV memiliki modul untuk informasi, konsultasi telepon, dan perhatian pribadi bagi pengguna.

Website: 3CV | Ministerio de Transportes y Telecomunicaciones.

Ministry of Energy.

Alameda 1449, 13th and 14th Floors,

Santiago Downtown II Building,

Santiago de Chile

+562 2365 6800
Email: contactoweb@minenergia.cl

Website: Ministry of Energy

INN Chile, Instituto Nacional de Normalización (INN | National Institute for Standardization).

National Institute of Standardization (INN) dibentuk sebagai yayasan hukum swasta nirlaba, yang dibuat oleh CORFO pada tahun 1973, sebagai badan teknis dalam hal infrastruktur mutu. INN adalah penerus dari National Institute for Technological Research and Standardization (Inditecnor), yang didirikan pada tahun 1944.

Alamat:

Av. Libertador Bernardo O’Higgins 1449,

Stgo Downtown Torrre 7,

Piso 16 8340518

Santiago

Phone: +56 2 2445 8800

Website: INN Chile, Instituto Nacional de Normalización

Servicio Nacional de Aduanas (National Customs Service): Badan yang bertanggung jawab atas pemeriksaan dan pengawasan impor barang, termasuk produk alas kaki, di perbatasan Chili

El Servicio Nacional del Consumidor (SERNAC): Lembaga Negara Bagian Chili yang bertanggung jawab untuk memastikan perlindungan hak-hak konsumen yang ditetapkan dalam Undang-Undang No. 19.496.

6. Informasi Lainnya.


Diterbitkan pada  15 May 2024

Produk (Komponen) Otomotif
  • 1. Informasi Umum
  • 2. Undang-undang/Kerangka Hukum.
  • 3. Regulasi.
  • 4. Standar
  • 5. Lembaga Berwenang.
  • 6. Informasi Lainnya.
Produk Ekspor Lainnya ke Chili

Temukan teknis dan persyaratan mutu produk ekspor

Semua produk (Chili)

Tautan Terkait