Informasi Umum.
Kerangka Kualifikasi Belanda - Dutch Qualification Framework (NLQF).
Belanda mengembangkan Kerangka Kualifikasi Belanda (NLQF), yang dilaksanakan pada tahun 2012. NLQF terdiri dari delapan level, dan menambahkan satu enty level. Semua kualifikasi Belanda yang diatur oleh Ministry of Education (pendidikan formal) secara umum digabungkan dan diklasifikasikan dalam NLQF.
NLQF dekembangkan untuk mendukung mobilitas lintas batas pelajar dan pekerja, mempromosikan Lifelong Learning (LLL), dan pengembangan profesional di dalam dan lintas negara.
Level NLQF yang dinyatakan pada diploma formal dan non-formal memberikan komparabilitas, kejelasan dan panduan tentang keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki kepada pengusaha dan karyawan.
Berikut adalah level/tingkatan kualifikasi pada NLQF
Lihat selengkapnya pada Dutch Qualification Framework.
Kerangka Kualifikasi Eropa - The European Qualifications Framework (EQF).
Kerangka Kualifikasi Eropa disusun untuk mendukung mobilitas lintas batas pelajar dan pekerja, mempromosikan pembelajaran seumur hidup dan pengembangan profesional di seluruh Eropa. Kerangka Kualifikasi Eropa adalah kerangka berbasis hasil pembelajaran 8 tingkat untuk semua jenis kualifikasi yang berfungsi sebagai alat terjemahan antara kerangka kualifikasi nasional yang berbeda. Kerangka ini membantu meningkatkan transparansi, komparabilitas, dan portabilitas kualifikasi orang dan memungkinkan untuk membandingkan kualifikasi dari berbagai negara dan institusi.
Negara yang ikut serta dalam penyusunan keragka kualifikasi Eropa.
Selain Negara-negara Anggota Uni Eropa, 11 negara lainnya ikut serta untuk mengimplementasikan kerangka ini, yaitu Islandia, Liechtenstein dan Norwegia (negara-negara Wilayah Ekonomi Eropa), Albania, Makedonia Utara, Montenegro, Serbia dan Türkiye (negara kandidat), Bosnia & Herzegovina, Kosovo (kandidat potensial) dan Swiss.
Hasil pembelajaran didefinisikan dalam hal:
- Pengetahuan: dalam konteks EQF, pengetahuan digambarkan sebagai teoritis dan / atau faktual.
- Keterampilan: Dalam konteks EQF, keterampilan digambarkan sebagai kognitif (melibatkan penggunaan pemikiran logis, intuitif dan kreatif) dan praktis (melibatkan ketangkasan manual dan penggunaan metode, bahan, alat dan instrumen).
- Tanggung jawab dan otonomi: Dalam konteks tanggung jawab dan otonomi EQF digambarkan sebagai kemampuan pelajar untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan secara mandiri dan dengan tanggung jawab.
Setiap tingkat dari 8 tingkat EQF didefinisikan secra deskriptif yang menunjukkan keluaran (output) pembelajaran yang relevan dengan kualifikasi pada tingkat tersebut dalam sistem kualifikasi apa pun.
Delapan tingkat kualifikasi Eropa:
Tingkat |
Pengetahuan |
Keterampilan |
Tanggung Jawab dan Otonmi |
Tingkat 1 |
Pengetahuan umum dasar |
Keterampilan dasar yang diperlukan untuk melaksanakan tugas-tugas sederhana |
Bekerja atau belajar di bawah pengawasan langsung dalam konteks terstruktur |
Tingkat 2 |
Pengetahuan faktual dasar tentang bidang pekerjaan atau studi.
|
Keterampilan kognitif dan praktis dasar yang diperlukan untuk menggunakan informasi yang relevan untuk melaksanakan tugas dan untuk memecahkan masalah rutin menggunakan aturan dan alat sederhana |
Bekerja atau belajar di bawah pengawasan dengan otonomi tertentu |
Tingkat 3 |
Pengetahuan tentang fakta, prinsip, proses dan konsep umum, dalam bidang pekerjaan atau studi |
Berbagai keterampilan kognitif dan praktis yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas dan memecahkan masalah dengan memilih dan menerapkan metode dasar, alat, bahan dan informasi |
Bertanggung jawab atas penyelesaian tugas dalam pekerjaan atau studi; menyesuaikan perilaku sendiri dengan keadaan dalam memecahkan masalah |
Tingkat 4 |
Pengetahuan faktual dan teoritis dalam konteks luas dalam bidang pekerjaan atau studi |
Berbagai keterampilan kognitif dan praktis yang diperlukan untuk menghasilkan solusi untuk masalah spesifik dalam bidang pekerjaan atau studi |
Melatih manajemen diri dalam pedoman konteks kerja atau studi yang biasanya dapat diprediksi, tetapi dapat berubah; mengawasi pekerjaan rutin orang lain, mengambil tanggung jawab untuk evaluasi dan peningkatan pekerjaan atau kegiatan belajar |
Tingkat 5 |
Pengetahuan komprehensif, khusus, faktual dan teoritis dalam bidang pekerjaan atau studi dan kesadaran akan batas-batas pengetahuan itu |
Berbagai keterampilan kognitif dan praktis yang komprehensif diperlukan untuk mengembangkan solusi kreatif untuk masalah abstrak |
Melakukan manajemen dan pengawasan dalam konteks pekerjaan atau kegiatan belajar di mana ada perubahan yang tidak terduga; Meninjau dan mengembangkan kinerja diri sendiri dan orang lain |
Tingkat 6 |
Pengetahuan lanjutan tentang bidang pekerjaan atau studi, yang melibatkan pemahaman kritis tentang teori dan prinsip |
Keterampilan tingkat lanjut, menunjukkan penguasaan dan inovasi, diperlukan untuk memecahkan masalah yang kompleks dan tidak dapat diprediksi dalam bidang pekerjaan atau studi khusus |
Mengelola kegiatan atau proyek teknis atau profesional yang kompleks, bertanggung jawab atas pengambilan keputusan dalam konteks kerja atau studi yang tidak dapat diprediksi; bertanggung jawab untuk mengelola pengembangan profesional individu dan kelompok |
Tingkat 7 |
Pengetahuan yang sangat khusus, beberapa di antaranya berada di garis depan pengetahuan dalam bidang pekerjaan atau studi, sebagai dasar untuk pemikiran dan / atau penelitian asli.
Kesadaran kritis terhadap isu-isu pengetahuan di suatu bidang dan pada antarmuka (interface) antara berbagai bidang |
Keterampilan pemecahan masalah khusus yang diperlukan dalam penelitian dan / atau inovasi untuk mengembangkan pengetahuan dan prosedur baru dan untuk mengintegrasikan pengetahuan dari berbagai bidang |
Mengelola dan mengubah konteks kerja atau studi yang kompleks, tidak dapat diprediksi dan membutuhkan pendekatan strategis baru; bertanggung jawab untuk berkontribusi pada pengetahuan dan praktik profesional dan / atau untuk meninjau kinerja strategis tim |
Ringkat 8 |
Pengetahuan pada batasan paling maju dari bidang pekerjaan atau studi dan pada antarmuka (interface) antar bidang |
Keterampilan dan teknik yang paling maju dan khusus, termasuk sintesis dan evaluasi, yang diperlukan untuk memecahkan masalah kritis dalam penelitian dan / atau inovasi dan untuk memperluas dan mendefinisikan kembali pengetahuan atau praktik profesional yang ada |
Menunjukkan otoritas substansial, inovasi, otonomi, integritas ilmiah dan profesional dan komitmen berkelanjutan untuk pengembangan ide-ide baru atau proses di garis depan konteks kerja atau studi termasuk penelitian |
Lihat selengkapnya pada The European Qualifications Framework (EQF).
International Standard Classification of Occupations (ISCO).
International Standard Classification of Occupations (ISCO) adalah instrumen yang dirancang oleh International Labour Organisation (ILO) untuk statistik resmi dan penelitian komparatif internasional.
Berbeda dengan klasifikasi pekerjaan nasional Belanda, ISCO tidak mengelompokkan pekerjaan, tetapi kegiatan dalam hal tugas yang dilakukan seseorang yang disusun merujuk pada kesamaan berdasarkan dua dimensi:
- Tingkat keterampilan: Dimensi ini menentukan struktur. Keempat tingkat mencerminkan tingkat kompleksitas kegiatan profesional yang sesuai.
- Spesialisasi keterampilan: Ini adalah kriteria profesional dan mencerminkan jenis pekerjaan yang dilakukan.
Komisi Uni Eropa merekomendasikan agar Negara-negara Anggota menggunakan ISCO di semua bidang statistik yang menyediakan statistik yang dipecah berdasarkan pekerjaan.
Agregat Pekerjaan Khusus berdasarkan versi pertama KldB 2010 berlaku pada tahun pelaporan 2011 hingga 2020. Pada tahun pelaporan 2021, Agregat Pekerjaan Khusus berlaku berdasarkan versi revisi KldB 2010, yang dapat ditemukan di sini.
- Doctors (PDF, 57KB)
- Construction Professions (PDF, 65KB)
- Humanities Scholar (PDF, 55KB)
- Health and Care Professions (PDF, 63KB)
- Crafts (PDF, 140KB)
- ICT Professions (PDF, 64KB)
- Engineering professions (PDF, 130KB)
- Artistic Professions (PDF, 115KB)
- Aviation professions (PDF, 42KB)
- Metal and electrical professions (PDF, 65KB)
- STEM professions (PDF, 211KB)
- Shipping Professions (PDF, 105KB)
- Transport, Logistics and Traffic Professions (PDF, 48KB)
- Environmental Professions (PDF, 58KB)
Informasi latar belakang terperinci tentang agregat pekerjaan tertentu dapat dilihat pada the Method report (PDF, 1MB).