Umum
- Persyaratan mutu untuk keamanan kendaraan beroda adalah Technical Regulation TR CU 018/2011 On safety of wheeled vehicles.
- Regulasi Teknis TR CU 018/2011 On safety of wheeled vehicles dikembangkan untuk perlindungan kehidupan, kesehatan, properti dan lingkungan di negara-negara EAEU serta untuk pencegahan informasi yang menyesatkan. Tegulasi Teknis ini mengatur persyaratan untuk keselamatan kendaraan bermotor misalnya truk dan mobil penumpang yang dipasarkan dan digunakan diwilayah EAEU.
- Tujuan Regulasi Teknis ini adalah untuk memastikan tingkat keselamatan yang dapat diterima secara sosial dalam pengoperasian kendaraan bermotor, serta untuk penyesuaian dengan standar teknis internasional tentang persyaratan keselamatan untuk kendaraan.
- Penilaian kesesuaian dengan Regulasi Teknis TR CU 018/2011 adalah salah satu prasyaratan untuk dapat akses pasar EAEU.
Ruang Lingkup
Regulasi Teknis TR CU 018/2011 mencakup:
- Persyaratan keselamatan untuk kendaraan bermotor
- Aturan untuk menandai kendaraan
- Regulasi pemasaran kendaraan bermotor
- Penilaian kesesuaian dengan persyaratan yang ditetapkan regulasi teknis
Persyaratan Regulsai Teknis TR CU 018/2011 berlaku untuk semua kendaraan bermotor kategori L, M, N dan O yang dirancang untuk untuk digunakan di jalan umum serta pengaturan mengenai komponen sasis yang dapat memengaruhi keselamatan kendaraan.
Menurut TR CU 018/2011 penilaian kesesuaian tidak diperlukan untuk:
- Kendaraan bermotor dengan kecepatan maksimum hingga 25 km / jam
- Kendaraan bermotor yang ditujukan khusus untuk kompetisi olahraga
- Mobil dan motor yang lebih tua dari 30 tahun
- Truk dan bus yang lebih tua dari 50 tahun
- Impor sementara tidak lebih dari 6 bulan
- Kendaraan komersial off-road dan kendaran berat
- Kendaraan yang dimiliki oleh pengungsi
- Kendaraan diplomat
Pemasaran Kendaraan Bermotor:
Kendaran dan komponenya beleh diperdagangkan apabila memenuhu persyaratan regulasi teknis ini, dengan pembuktian penandaan produk sesuai dengan penandaan produk untuk dipasarkan. Dokumen sertifkat kesesuaian dengan persyaratan yang yang dapat dipertanyakan dalam banding (appeal) untuk kendaraan adalah penilaian kesesuaian yang dikeluarkan dalam bentuk persetujuan jenis - persetujuan jenis kendaraan;
- Chassis - Persetujuan jenis chasis,
- Kendaraan - sertifikat keselamatan dari struktur kendaraan;
- Komponen kendaraan - deklarasi kesesuaian atau sertifikat kesesuaian.
Persyaratan Kemanan (Safety Requirements).
Beberapa persyaratan keamanan yang ditetapkan pada regulasi teknis ini:
- Dilarang menproduksi kendaraan dari komponen bekas, kecuali untuk kendaraan yang dibuat untuk penggunaan pribadi.
- Dilarang memasang pada kendaraan struktur yang menonjol relatif terhadap garis bemper pada kendaraan kategori M1 dan N1 yang yang terbuat dari baja atau bahan lain dengan karakteristik kekuatan yang serupa.
- Tidak diizinkan penggunaan zat dan bahan perusak ozon dalam peralatan pendingin udara kendaraan.
- Kendaraan untuk pengangkutan barang berbahaya atau transportasi komersial penumpang, serta layanan operasional harus dilengkapi dengan peralatan navigasi satelit GLONASS atau GLONASS bersama-sama dengan GPS. Peralatan tersebut harus sesuai dengan peraturan negara - anggota EUAE.
- Pengoperasian panel (interface) harus berbahasa Rusia
- Penerapan persyaratan keamanan dijamin oleh Regulasi UNECE tentang Regulasi Teknis Global.
- Dilarang memasarkan kendaraan dengan penggerak (Steering Wheel) kanan untuk jenis kendaraan M2 dan M3 di EAEU, Di Republik Belarus dan Republik Rusia dilarang memasarkan kendaraan dengan penggerak (Steering Wheel) kanan untuk semua jenis kendaraan.
- Komponen sebagai suku cadang kendaraan, ketika dipergunakan pada kendaraan tidak mengurangi tingkat keamanannya.
Penilaian Kesesuaian (Comformity Assement)
Ada empat jenis penilaian kesesuaian dengan persyaratan keselamatan:
- Persetujuan Jenis Kendaraan OTTS (vehicle type approval OTTS): Sertifikat OTTS adalah bukti penting tentang keamanan kendaraan baru dan seri yang diimpor wilayah pabean EAEU. OTTS harus digunakan sebagai dasar untuk impor dan pemasaran kendaraan bermotor untuk penjualan dan pendaftaran lebih lanjut di lembaga yang berwenang.
- Persetujuan jenis OTSch (chassis type approval OTSсh): Sertifikat ini identik dengan OTTS dan ditujukan untuk kendaraan yang tidak dilengkapi dengan mesin.
- Izin operasi individual untuk kendaraan OBTS (individual operating permit for vehicles OBTS): Sertifikat ini ditujukan untuk kendaraan yang diproduksi secara individual atau untuk kendaraan modern yang diproduksi di EAEU atau diimpor ke wilayah EAEU.Sertifikat ini juga berlaku untuk kendaraan bekas yang diimpor untuk penggunaan pribadi, yang telah beroperasi selama lebih dari tiga tahun di luar EAEU.
- Deklarasi EAC atau Sertifikasi EAC untuk keamanan komponen/suku cadang: Ada dua jenis: Sertifikat EAC atau Deklarasi EAC yang membuktikan penilaian kesesuaian untuk komponen kendaraan yang relevan dengan keselamatan.
Catatan:
Persetujuan jenis kendaraan, OTTS, atau persetujuan jenis sasis, OTSсh, dapat dikeluarkan untuk jenis kendaraan berikut:
- Truk
- Mobil
- Bis
- trailer dan semi trailer
- kendaraan khusus
- sepeda motor, moped, quadricycles
Penandaan (Marking)
Setiap kendaraan atau komponen/suku cadang yang telah memenuhi persyaratan Regulasi Teknis TR CU 018/2011 dan telah diberikan persetujuan jenis kendaraan (OTTS), harus diterapkan tanda persetujuan jenis ECE internasional. Tanda tersebut terdiri dari lingkaran bertuliskan huruf "E", kode negara dan nomor persetujuan jenis kendaraan.
Standar yang mendukung pemenuhan Regulasi Teknis TR CU 018/2011
Daftar standar, penerapan yang atas dasar sukarela memastikan kepatuhan dengan peraturan teknis Serikat Pabean "Tentang keselamatan kendaraan roda"
|
Nama standar |
|
Standar Antar Negara (Interstate Standards) |
||
1 |
GOST 3940-2004 |
“Peralatan listrik untuk traktor. Spesifikasi umum" |
2 |
GOST 5813-93 |
“V-belt dan katrol untuk mesin mobil, traktor, dan kombinasi. Kondisi teknis” |
3 |
GOST 10578-95 |
“Pompa bahan bakar diesel. Spesifikasi umum" |
4 |
GOST 10579-88 |
“Nozel diesel. Spesifikasi umum" |
5 |
GOST 12856-96 |
“Asbes lembar dan gasket. Kondisi teknis |
6 |
GOST 13568-97 |
"Rantai roller dan drive lengan. Spesifikasi umum" |
7 |
GOST 16514-96 |
“Drive hidrolik volumetrik. Silinder hidrolik. Persyaratan teknis umum" |
8 |
GOST 17411-91
|
“Drive hidrolik volumetrik. Persyaratan teknis umum" |
9 |
GOST 18464-96
|
“Drive hidrolik volumetrik. Silinder hidrolik. Aturan penerimaan dan metode pengujian" |
10 |
GOST 27336-93 |
"Pompa beton. Persyaratan Umum untuk Spesifikasi Pompa Beton” |
11 |
GOST 27339-93 |
"Truk pengaduk beton. Spesifikasi umum " |
12 |
GOST 27614-93 |
“Truk semen. Spesifikasi umum" |
13 |
GOST 27811-95 |
"Penyemprot. Spesifikasi umum" |
14 |
GOST 28751-90 |
“Peralatan listrik mobil. Kompatibilitas elektromagnetik. Melakukan kebisingan di sirkuit daya. Persyaratan dan Metode Uji” |
15 |
GOST 29157-91 |
“Kompatibilitas elektromagnetik. Peralatan listrik mobil.” |
16 |
GOST 29205-91 |
“Kompatibilitas elektromagnetik. Gangguan radio industri dari kendaraan listrik. Standar dan metode pengujian" |
17 |
GOST 30731-2001 |
“Silinder, tabung dan selang rem hidrolik dan kopling kendaraan. Persyaratan teknis umum, aturan penerimaan dan metode pengujian" |
Standar antar negara identik dengan atau dimodifikasi oleh standar ISO |
||
18 |
GOST 30599-97 (ISO 3006-76, ISO 3894-77, ISO 7141-81) |
“Velg ringan untuk ban pneumatik. Spesifikasi umum " |
Standar (negara bagian) identik dengan atau dimodifikasi oleh standar internasional ISO |
||
19 |
STB ISO 1728-2010 |
"Kendaraan jalan. Kopling rem pneumatik antara kendaraan derek dan derek. Pertukaran ” |
20 |
STB ISO 7637-1-2008
|
"Transportasi jalan. Konduktor, gangguan kapasitif dan induktif. Bagian 1. Ketentuan, definisi, dan ketentuan umum " |
|
STB ISO 7637-2-2008
|
"Transportasi jalan. Konduktor, gangguan kapasitif dan induktif. Bagian 2. Melakukan kebisingan impuls dalam rangkaian daya " |
21 |
STB ISO 7637-3-2008
|
"Transportasi jalan. Konduktor, gangguan kapasitif dan induktif. Bagian 3. Suara impuls di sirkuit kapasitif dan induktif (kecuali sirkuit catu daya) " |
Standar nasional (negara bagian) identik dengan atau dimodifikasi oleh standar EN Eropa |
||
22 |
STB EN 280-2006 |
"Platform kerja seluler. Perhitungan. Kriteria keberlanjutan. Konstruksi. Keamanan Kontrol dan pengujian " |
23 |
STB EN 474-1-2003
|
“Mesin yang menggerakkan bumi. Keamanan Bagian 1. Persyaratan umum " |
24 |
STB EN 1501-1-2007 |
“Truk sampah. Persyaratan teknis dan keselamatan umum. Bagian 1. Belakang memuat truk sampah » |