Produk Ban
Untuk produk ban, pemerintah Korea memiliki prosedur label yang ditetapkan oleh Korea Energy Management Cooperation (KEMCO). Korea Selatan menerapkan prinsip sukarela untuk program pelabelan ban domestic pada tahun 2011 dan prinsip wajib untuk program pelabelan ban pada tahun 2012. Hal ini diperkirakan dapat menurunkan sekitar 1 juta metric ton CO2 per tahun jika konsumen merespon memilih ban dengan low-rolling-resistance. Untuk standar internasional, Korea menerapkan sesuai dengan ISO 28580.
Tabel 6memperlihatkan klasifikasi dan deskripsi untuk label efisiensi di Korea Selatan untuk produk ban. Secara umum, standar wajib yang diterapkan oleh pemerintah Korea untuk produk ban adalah 0.012 RRC (Rolling Resistant Coefficient) untuk passenger cars (PC) dan 110% wet grip. Untuk lebih detail,Tabel 7memperlihatkan standar ban berdasarkan Rolling Resistance Coefficient dan Wet Grip.
Tabel 6memperlihatkan klasifikasi dan deskripsi untuk label efisiensi di Korea Selatan untuk produk ban. Secara umum, standar wajib yang diterapkan oleh pemerintah Korea untuk produk ban adalah 0.012 RRC (Rolling Resistant Coefficient) untuk passenger cars (PC) dan 110% wet grip. Untuk lebih detail,Tabel 7memperlihatkan standar ban berdasarkan Rolling Resistance Coefficient dan Wet Grip.
Overview system rating efisiensi ban di Korea
Klasifikasi | Deskripsi |
Aplikasi | Semua ban mobil di Korea |
Metode pengukuran | Rolling Resistance Coefficient (friction) Wet Grip (traction) |
Diperlihatkan pada | Permukaan ban (permukaan yang menyentuh tanah) |
Pelaksanaan | 1 November 2011: pelabelan sukarela untuk ban passenger car(PC) 1 November 2012: pelabelan wajib untuk ban passenger car 1 November 2013: pelaporan wajib untuk ban small truck (ST) |
Tanggal implementasi untuk standar efisiensi energi minimum | 1 November 2013: untuk ban PC 1 November 2014: untuk ban ST |
Standar ban berdasarkan Rolling Resistance Coefficient dan Wet Grip
Grade | Rolling Resistance Coefficient (RRC) (unit: N / kN) | Wet Grip (G) | ||
PC | ST (termasuk light truck (LT)) | PC | ST (termasuk LT) | |
1 | RRC ≤ 6.5 | RRC ≤ 5.5 | 1.55 ≤ G | 1.40 ≤ G |
2 | 6.6 ≤ RRC ≤ 7.7 | 5.6 ≤ RRC ≤ 6.7 | 1.40 ≤ G ≤ 1.54 | 1.25 ≤ RRC ≤ 1.39 |
3 | 7.8 ≤ RRC ≤ 9.0 | 6.8 ≤ RRC ≤ 8.0 | 1.25 ≤ RRC ≤ 1.39 | 1.10 ≤ RRC ≤ 1.24 |
4 | 9.1 ≤ RRC ≤ 10.5 | 8.1 ≤ RRC ≤ 9.2 | 1.10 ≤ RRC ≤ 1.24 | 0.95 ≤ RRC ≤ 1.09 |
5 | 10.6 ≤ RRC | 9.3 ≤ RRC | G ≤ 1.09 | G ≤ 0.95 |
Minimum | ≤ 12.00 (12.00 or less) | ≤ 10.5 (10.5 or less) | 1.10 ≤ (1.10 or higher) | 0.95 ≤ (0.95 or higher) |
Selain faktor standar di atas, ada variable pendukung lainnya, antara lain:
- Dry braking
- Wet braking
- Handling
- Hydroplaning
- Snow traction
- Ice braking
- Speed rating
- Rolling resistance
- Tread life
- Ride comfort
- Noise
Untuk menyesuaikan dengan standar global untuk efisiensi ban, maka Korea berusaha menerapkan beberapa program diantaranya (ICCT, 2011):
- Tire efficiency rating and labeling
- Tire efficiency standards
- Tire efficiency testing and verification
- Importance of proper inflation
- Comprehensive regulation
Produk recycle adalah salah satu perhatian dari pemerintah Korea Selatan untuk produk ban. Untuk produk waste rubber, pemerintah Korea memiliki standar tersendiri.