Regulasi Teknis dan Persyaratan Mutu

Ekspor Produk Tekstil ke Portugis

  • Berikut ini informasi persyaratan mutu dan regulasi teknis terkait produk yang akan diekspor ke Portugis.
Untuk akses pasar Portugal, produk ekspor harus mematuhi persyaratan wajib yang ditetapkan Parlemen Uni Eropa, mematuhi standar sukarela yang ditetapkan pembeli untuk meningkatkan daya saing di pasar, serta memenuhi standar ceruk pasar yang ditetapkan segment pasar khusus untuk memperluas pasar. Hal berikut yang harus diperhatikanuntuk memasarkan produk di Portugal:
  1. Keharusan yaitu persyaratan yang wajib dipatuhi untuk dapat masuk pasar,
  2. Standar sukarela atau standar umum yaitu standar yang harus dipatuhi agar dapat bersaing dipasar,
  3. Standar ceruk pasar, yaitu standar yang ditetapkan pada segmen pasar khusus.
Secara visual, pada tautan berikut diterangkan tentang bagaimana ekspor produk ke Portugal video Trade Help Desk EU.

 

Gambaran Umum.

Persyaratan Wajib: berdasarkan bahan dan penggunaan.
Tekstil dan produk tekstil sangat beragam dengan berbagai bahan dan penggunaan, oleh karena itu, persyaratan wajib secara hukum mencakup banyak hal, dan pada dasarnya persyaratan tersebut dimaksudkan untuk menjamin keselamatan konsumen.
Persyaratan dimaksud diantaranya penggunaan bahan kimia tertentu yang dibatasi, penggunaan bahan berasal dari hewan dan tanaman spesies langka, termasuk persyaratan pelabelan produk tekstil untuk dipasarkan di Uni Eropa.
 
Keberlanjutan (sustainability): sebuah permintaan yang umum
Keberlanjutan atau keberlangsungan sebuah produk menunjukan perbedaan sebuah produk dari yang lainnya di pasar, dan menjadi nilai tambah yang diminati pembeli di Uni Eropa.
 
Ethical Niche Market (Ceruk pasar etis)
Ethical trading adalah prakarsa komunitas konsumen yang mengembangkan standar “Ethical Trading – Perdagangan Etis” yang dapat diartikan bahwa pengecer, merek dagang (brand), dan pemasoknya bertanggung jawab untuk meningkatkan kondisi kerja orang-orang yang membuat produk yang dijual.

 

Persyaratan Wajib.

Persyaratan wajib yang harus dipatuhi untuk memasarkan produk di Uni Eropa, perhatikan persyaratan berikut dan telaah relevansinya dengan produk yang akan dipasarkan di Uni Eropa.
  • Keselamatan produk secara umum – berlaku untuk semua produk
  • Bahan kimia - spesifik untuk tekstil
  • CITES - berlaku untuk produk yang terbuat dari tanaman dan hewan liar
  • Penandaan CE – berlaku untuk mainan
  • Pelabelan - reagulasi khsusus untuk tekstil
  • Terlihat seperti pangan? - Berlaku untuk produk yang terlihat seperti pangan.
Keselamatan produk secara umum
Pedoman Umum Keselamatan Produk pada dasarnya menyatakan bahwa semua produk yang dipasarkan di Eropa harus aman untuk digunakan dan menjadi kerangka bagi semua perundangan spesifik yang ditetapkan untuk produk. Apabila tidak terdapat persyaratan hukum spesifik yang ditetapkan bagi sebuah produk, maka Pedoman Umum Keselamatan Produk tetap berlaku. Apabila terdapat persyaratan spesifik yang ditetapkan, maka Pedoman Umum Keselamatan Produk berlaku sebagai tambahan, yang mencakup semua aspek keselamatan lainnya yang belum dijelaskan secara spesifik.
 
Saran:
  • Pelajari persyaratan hukum wajib spesifik yang tercantum pada Pedoman Umum Keselamatan Produk, perlu diperhatikan bahwa produk yang dipergunakan secara normal, tidak mudah pecah, rusak atau berbahaya ketika dipergunakan yang kemungkinan besar hal tersebut tidak dicantumkan pada regulasi spesifik.

                Lihat lebih lanjut tetang Pedoman Umum Keselamatan Produk padas situs web Uni Eropa.

  • Persayaratan wajib yang diterapkan pada produk dapat dilihat pada Trade Helpdesk UE
Keselamatan Anak.
Selain Pedoman Umum Keselamatan Produk terdapat Pedoman Keselamatan Anak yang berlaku khusus untuk produk yang digunakan oleh anak-anak. (misalnya tali penarik pada pakaian anak).
 
Saran:
Bahan kimia – zat yang dibatasi
UE membatasi penggunaan beberapa bahan kimia dalam produk yang dipasarkan di UE. Bahan kimia tersebut tercantum dalam peraturan REACH. Bahan kimia mana yang relevan dengan produk Anda akan bergantung pada bahan yang digunakan. Berikut rangkuman informasi pasar untuk bahan dan produk yang umum digunakan pada produk dekorasi rumah dan tekstil rumah.
 
Tekstil: Apabila produk diwarnai, pastikan tidak menggunakan salah satu dari pewarna azo yang melepaskan salah satu dari 22 amin aromatik yang dilarang. Perundang-undangan UE mencantumkan amin aromatik, bukan pewarna azo yang melepaskannya. Oleh karena itu, sebagian besar pewarna azo secara hukum dapat diterima. Selain itu, sebagian besar produsen pewarna yang terkemuka hanya memproduksi pewarna yang secara hukum diterima. Akan tetapi, penolakan di perbatasan dan penarikan dari pasar memang menunjukkan bahwa pewarna azo masih menjadi suatu masalah yang menyebabkan permasalahan di pasar UE, karena beberapa produk yang diuji masih menunjukkan amin aromatik yang dilarang dan akibatnya, ditarik dari pasar (terutama pakaian dan mainan).
 
Selain itu, penghambat nyala dibatasi penggunaannya, di mana Tris (2,3 dibromopropyl) phosphate (TRIS); Tris(aziridinyl)phosphineoxide (TEPA) dan; Polybromobiphenyles (PBB) dilarang dalam produk yang dimaksudkan untuk bersentuhan dengan kulit (misalnya seprei). Perlu diketahui bahwa penggunaan PVC yang mengandung organostannic compound juga dilarang.
 
Saran:
  • Lihat daftar lengkap zat yang dilarang dalam produk untuk dipasarkan di UE: bahan kimia yang dibatasi dalam produk tekstil pada Trade Helpdesk UE.
  • Untuk pewarnaan: Pastikan produk tidak mengandung salah satu pewarna azo yang melepaskan amin aromatik yang dilarang, termasuk memeriksa pemasok. Untuk menguji produk, gunakan uji resmi. Pengujian tersebut dapat dilihat pada situs web CEN:
    • CEN Leather – Uji kimia – penentuan pewarna azo tertentu pada kulit yang diwarnai. Referensi: CEN ISO/TS 17234:2003.
    • CEN Textiles – Metode untuk penentuan amin aromatik tertentu yang berasal dari pewarna azo – Bagian 1: Deteksi penggunaan pewarna azo tertentu yang dapat diakses tanpa ekstraksi. Referensi: EN 14362:2003 / EN 14362-1:2012.
  • Ikuti perkembangan baru tentang penghambat nyala, seiring dengan dikembangkannya alternatif baru. Lihat situs web: European Flame Retardants Association (EFRA).
  • Apabila produk menggunakan kayu celup dengan menggunakan zat (bahan kimia), pastikan zat tersebut tidak bertentangan dengan pembatasan UE. Baca lebih lanjut di Peraturan (EC) 1907/2006 (REACH), Lampiran XVII (pada halaman 222 (arsenik) atau 233 (kreosot) atau cari masing-masing “kreosot” dan “arsenik”).
CITES: produk dari tanaman dan hewan liar
Apabila produk dibuat dari tanaman dan hewan liar, harus dipastikan bahwa produk ini tidak termasuk dalam pembatasan Konvensi tentang Perdagangan Internasional Spesies Langka (CITES). UE menerapkan persyaratan tersebut dalam Peraturan 338/97 dan mencantumkan spesies yang dibatasi (termasuk produknya) dan prosedur khusus apabila berlaku.
 
Saran:
Pelabelan - aturan spesifik untuk tekstil
Untuk jenis produk tertentu, aturan pelabelan spesifik ditetapkan di UE:
  • Tekstil: produk tekstil harus diberi label dengan komposisi serat dan dengan menggunakan nama serat sesuai dengan aturan UE. Tujuan umum aturan pelabelan ini, adalah untuk memastikan bahwa konsumen mengetahui apa yang mereka beli.
Saran:

 

Persyaratan Pembeli Umum.

Sustainability (Keberlanjutan-Keberlangsungan)
Yang dimaksud dengan keberlanjutan adalah keberlanjutan sosial dan lingkungan pada proses produksi. Produk dengan proses seperti ini sangat dihargai pembeli Uni Eropa dan akan membuat produk tersebut sangat baik di pasar Eropa. Pertimbangkan, bahan baku dan proses produksi yang berkelanjutan serta dampak terhadap lingkungan, kesejahteraan pekerja dan masyarakat secara keseluruhan.
Terkait dengan keberlanjutan ini, pembeli Eropa mengingikan sertifikasi produk berikut:
Standar teknis.
Tekstil sangat beragam dan memiliki tujuan yang berbeda dalam penggunaanya, oleh karena itu, berlaku standar yang berbeda. Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat pada:

 

Ceruk Pasar.

Fair Trade.
Konsep perdagangan yang adil (fair trade) mendukung penetapan harga yang adil dan peningkatan kondisi sosial bagi produsen dan komunitas mereka. Skema sertifikasi perdagangan yang adil berasal dari:
Karpet etis (Certification ethical carpets)

Beberapa sertifikasi khusus untuk karpet:

  • GoodWeave (sebelumnya dikenal sebagai Rugmark) bekerja untuk menghentikan (secara permanen) penggunaan tenaga kerja anak di industri karpet di Asia Selatan, dan dunia.
  • Label STEP adalah label perdagangan yang adil untuk karpet buatan tangan dan berhubungan dengan kondisi kerja dan kehidupan (termasuk larangan pekerja anak), upah yang adil dan produksi tenun karpet yang ramah lingkungan.
  • Care & Fair adalah inisiatif perdagangan karpet Eropa. Inisiatif ini memerangi pekerja anak ilegal, menciptakan kondisi kehidupan yang lebih baik dan fokus pada produksi yang dapat diterima secara sosial.
Tekstil dengan label ramah lingkungan
Terdapat beberapa label ramah lingkungan yang diterapkan pada tekstil (termasuk karpet dan permadani), label ramah lingkungan ini merupakan sarana untuk menunjukkan keberlanjutan. Global Organic Textile Standard (GOTS) adalah standar pemrosesan tekstil untuk serat organik; OEKO-TEX mengupayakan tidak adanya penggunaan bahan kimia yang berbahaya.

 

Tautan.

Produk Tekstil
Ekspor produk lainnya ke Portugis

Temukan teknis dan persyaratan mutu ekspor produk

Semua syarat mutu ekspor (Portugis)

Tautan Terkait