Regulasi Teknis dan Persyaratan Mutu

Ekspor Peralatan Listrik & Elektronik ke Portugis

  • Berikut ini informasi persyaratan mutu dan regulasi teknis terkait produk yang akan diekspor ke Portugis.
Untuk akses pasar Portugal, produk ekspor harus mematuhi persyaratan wajib yang ditetapkan Uni Eropa, mematuhi standar suka rela lainnya yang ditetapkan pembeli untuk meningkatkan daya saing di pasar, serta memenuhi standar ceruk pasar yang ditetapkan segmen pasar khusus untuk memperluas pasar.  Hal-hal yang harus diperhatian untuk mamasarkan produk di Portugal:
  1. keharusan, yaitu persyaratan yang wajib dipatuhi untuk dapat memasuki pasar, seperti persyaratan wajib.
  2. standar sukarela atau standar umum, yaitu standar yang harus dipatuhi agar dapat bersaing dipasar.
  3. standar ceruk pasar yaitu standaryang ditetapkan pada segmen pasar khusus.
Secara visual, pada tautan berikut diterangkan tentang bagaimana ekspor produk ke Portugal video Trade Help Desk EU.

 

Gambaran Umum.

Persyaratan Wajib: Kepatuhan terhadap standar teknis (penandaan CE) dan pengelolaan bahan kimia yang ketat.
Produk elektronik harus memenuhi standar teknis yang ditetapkan berdasarkan peraturan Uni Eropa, diantaranya harus mematuhi dan memiliki tanda CE, termasuk bahan baku dan suku cadang yang dipersyaratkan oleh pembeli. Persyaratan penting lainnya adalah penggunaan bahan kimia, yang diatur dalam Peraturan REACH serta batasan penggunaannya diatur pada RoHS.
 
Persyaratan Umum: Jaminan mutu.
Memenuhi persyaratan sesuai kesepakatan dengan pembeli dan mempertahankan jaminan mutu, diproduksi sesuai dengan prosedur, aman untuk digunakan, memperhatikan keselamatan dan lingkungan sebagai persyaratan yang ditetapkan oleh Uni Eropa.
 
Ceruk pasar: Label ramah lingkungan.
Produk ramah lingkungan, yang ditandai dengan label ramah lingkungan.

 

Persyaratan Wajib.

Penandaan CE
Peralatan elektronik harus memiliki tanda CE untuk dipasarkan di Uni Eropa. Penandaan CE menunjukkan bahwa suatu produk yang diedarkan dipasar telah memenuhi persyaratan keselamatan, kesehatan dan keamanan fungsi lingkungan. Tidak semua komponen harus ditandai CE, untuk komponen yang tidak ditandai CE, biasaya pembeli akan mempersyaratkan standar tertentu yang menyatakan bahwa produk telah sesuai.
Pesyaratan tentang Penandaan CE yang paling penting adalah Persyaratan Tegangan Rendah (LVD), Persyaratan Kesesuaian Elektromagnetik (EMC), Desain Ramah Lingkungan (efisiensi energi) dan RoHS serta persyaratan lainnya yang relevan dan tergantung pada penggunaannya.
 
Saran:
  • Pelajari standar mutu dan keamanan UE sebagai prasyarat untuk memasaran produk ke Uni Eropa untuk memastikan produk telah memenuhi semua persyaratan wajib yang relevan
  • Halaman Komisi Eropa tentang penandaan CE sebagai langkah awal untuk mencari tahu bagaimana perundang-undangan tentang penandaan CE yang relevan untuk memenuhi persyaratan dan produk mendapatkan tanda CE.
  • Pelajari standar mana yang berlaku untuk LVD dan EMC.
  • Pelajari pedoman permohonan LVD dan pedoman EMC.
  • Pelajari persyaratan tentang desain ramah lingkungan. Sebagai Persyaratan khusus untuk beberapa produk.
Bahan Kimia.
Untuk menghindari kerusakan lingkungan, UE membatasi penggunaan bahan kimia tertentu yang ditetapkan dalam beberapa Peraturan dan Persyaratan. Pembatasan Bahan Berbahaya (RoHS) dan Peraturan tentang Pendaftaran, Evaluasi dan Otorisasi Bahan Kimia (REACH) adalah hal yang penting.
 
RoHS
Persyaratan RoHS menetapkan batas maksimum untuk timbal, air raksa, kadmium, heksavalen kromium, bifenil polibromin (PBB) atau eter difenil polibromin (PBDE) dalam peralatan elektronik (0,01 % menurut bobot untuk kadmium dan 0,1 % untuk bahan lainnya). Persyaratan tersebut telah direvisi dan sekarang mencakup semua peralatan elektronik kecuali untuk pengecualian yang disebutkan dalam Lampiran III Persyaratan.
Sejak tahun 2013, penandaan CE juga dipersyaratkan terkait dengan kepatuhan RoHS produk akhir. Penandaan ini termasuk dokumentasi teknis dan deklarasi kesesuaian.
 
Peraturan REACH.
REACH adalah singkatan dari Pendaftaran, Evaluasi dan Otorisasi Bahan Kimia. Peraturan ini menetapkan aturan untuk penggunaan bahan kimia dan pembatasan penggunaan bahan kimia berbahaya tertentu (yang disebut sebagai Zat yang Sangat Diperhatikan –SVHC) dalam barang dan membatasi bahan kimia atau penggunaan spesifik tertentu dalam Lampiran XVII Peraturan.
 
WEEE
Perundang-undangan UE tentang Peralatan Listrik dan Elektronik Limbah (WEEE) menetapkan kewajiban bagi para produsen UE (dan otoritas Negara Anggota UE) untuk menetapkan dan melaksanakan skema penarikan produk dari peredaran. Persyaratan desain juga dapat dipersyaratkan untuk memfasilitasi penggunaan kembali dan daur ulang WEEE.
 
Saran:
  • Mematuhi perundang-undangan terkait dengan bahan kimia dengan mencari informasi tentang penggunaan bahan kimia yang diperbolehkan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui bahan mana yang digunakan dalam produk serta di informasikan sesuai dengan permintaan pembeli (misalnya melalui Lembar Data Keselamatan Bahan (LDKB) atau perangkat lunak di mana terdapat deklarasi kandungan kimia produk)
  • BOMcheck merupakan contoh sistem pengumpulan data. Sistem ini merupakan sistem data kolektif yang dikembangkan oleh sebuah kelompok perusahaan barang elektronik besar untuk mengumpulkan informasi komposisi kimia dari pemasok.
  • Pelajari kebijakan tentang bahan kimia, Apakah dipersyaratkan memberikan daftar bahan yang tidak boleh digunakan dalam format tertentu. Mencari tentang kebijakan bahan kimia dan informasi tentang Daftar Bahan mereka yang Diatur (RSL) dan video tentang bagaimana menggunakan BOMcheck untuk mengumpulkan informasi komposisi kimia.
  • Pelajari kandidat daftar SVHC pada situs web European Chemicals Agency.
  • Baca lebih lanjut tentang WEEE pada situs web EC.
Keselamatan Anak
Selain Pedoman Umum Keselamatan Produk yang menjadi acuan untuk semua peraturan yang lebih spesifik, terdapat Pedoman Keselamatan Anak yang berlaku khusus untuk produk yang digunakan anak-anak termasuk produk yang dapat dijangkau oleh anak-anak. Panduan dapat dilihat pada Child Safety Europe (Keselamatan Anak Eropa)
 
Saran:

 

Persyaratan Umum.

Persyaratan Mutu.
Kepatuhan terhadap sistem manajemen seperti ISO 9001 dan 14001 (sistem manajemen mutu dan lingkungan), UL (standar keselamatan global) dan VDE (standar Eropa dengan beberapa variasi), sering kali dipersyaratkan. Pembeli biasanya mempersyaratkan adanya Tim Manajemen Mutu (QA) intenral untuk menjamin mutu produk.
 
Saran:
  • Sertifikasi ISO 9001 dan  ISO 14001 juga.
  • Pemeriksaan terkait UL dan VDE.
  • Memiliki Tim Jaminan Mutu pada perusahaan.
Standar teknis lainnya.
Barang elektroinik dan suku cadangnya sangat beragam dan memilik tujuan yang berbeda dalam penggunaannya. Standar yang diberlakukan dapat dilihat pada situs web ISO, CEN/CENELEC dan  standar ISO atau UE. Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat pada:
CSR
Konsumen Eropa menetapkan beberapa persyaratan atas produk yang dipasarkan di Uni Eropa, yaitu CSR terkait pentingnya tanggung jawab sosial perusahaan terhadap hak asasi manusia, tenaga kerja dan lingkungan, CST terkait pemenuhan aspek kesehatan dan keselamatan pekerja dan penghormatan hak dasar tenaga kerja secara khusus sesuai dengan ISO 26000  panduan tentang bagaimana usaha dan organisasi dapat beroperasi dan bertanggung jawab secara sosial.
 
Saran:
  • Kenali aspek CSR dengan memeriksa kebijakan CSR pada situs web perusahaan elektronik, karena CSR menjadi bagian yang sangat penting yang dipersyaratkan di Uni Eropa.
  • Aturan Berperilaku EICC. Sebagian besar perusahaan barang elektronik besar telah menerapkan aturan ini dan mempersyaratkan para pemasok untuk memenuhi persyaratan tersebut.
  • Pertimbangkan untuk menetapkan dan mengimplementasi kebijakan CSR sendiri, walapun belum menjadi persyaratan mutlak, namun dapat menjadi daya saing di pasar Uni Eropa.

 

Ceruk Pasar.

Label Ramah Lingkungan
Persyaratan khusus untuk barang elektronik yang lebih ramah lingkungan (lebih hijau). Produk yang dipasarkan menggunakan label (ramah lingkungan) yang diperoleh dari perusahaan atau pihak ketiga, seperti Ecolabel UE atau label Jerman Blaue Engel
 
Saran:
  • Pelajari kriteria label ramah lingkungan untuk barang elektronik untuk melihat apakah label tersebut memungkinkan/layak untuk diterapkan/dibubuhkan pada produk, atau menjual komponen produk ke pabrikan yang sudah memiliki label ramah lingkungan.

 

Tautan

Peralatan Listrik & Elektronik
Ekspor produk lainnya ke Portugis

Temukan teknis dan persyaratan mutu ekspor produk

Semua syarat mutu ekspor (Portugis)

Tautan Terkait