Untuk akses pasar Kroasia, produk ekspor harus mematuhi persyaratan wajib yang ditetapkan Parlemen Kroasia, mematuhi standar sukarela yang ditetapkan pembeli untuk meningkatkan daya saing di pasar, serta memenuhi standar ceruk pasar yang ditetapkan segment pasar khusus untuk memperluas pasar. Hal berikut yang harus diperhatikanuntuk memasarkan produk di Kroasia:
- Keharusan yaitu persyaratan yang wajib dipatuhi untuk dapat masuk pasar,
- Standar sukarela atau standar umum yaitu standar yang harus dipatuhi agar dapat bersaing dipasar,
- Standar ceruk pasar, yaitu standar yang ditetapkan pada segmen pasar khusus.
Gambaran Umum.
Persyaratan Wajib.
Persyaratan yang paling penting untuk komponen otomotif adalah bahwa komponen tersebut memenuhi standar teknis yang ditetapkan oleh regulasi Kroasia untuk menjamin keamanan kendaraan. Salah satunya adalah ‘persetujuan tipe’ yang diwajibkan untuk produk akhir. Untuk komponen atau suku cadang yang dipasok sebagao komponen OEM dipersyaratkan bahwa komponen ini memenuhi standar teknis, sebagai jaminan bahwa produk akhir akan mendapat persetujuan tipe.
Bergantung pada produk dan bahan yang digunakan, ada kewajiban lainnya, misalnya, komponen elektronik harus ditandai CE dan diberlakukanpembatasan untuk penggunaan bahan kimia, seperti logam berat, bahan perusak ozon dan penghambat nyala.
Standar Umum.
Selain mutu tinggi, pembeli Kroasia memerlukan keyakinan bahwa mutu komponen konstan. Kepatuhan terhadap sistem manajemen mutu seperti ISO 9001, merupakan persyaratan umum.
Selain itu, pembeli sering mempersyaratkan kepatuhan terhadap aturan berperilaku mereka sebagai bagian dari tanggung jawab perusahaan mereka, tentang kinerja lingkungan dan sosial. ISO 26000 memberikan panduan tentang bagaimana perusahaan beroperasi dengan cara yang bertanggung jawab secara sosial. Artinya, perusahaan beroperasi dengan cara yang etis dan transparan yang berkontribusi pada kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.
Ceruk Pasar.
Meskipun tidak diwajibkan, adanya sertifikasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja dapat menjadi nilai tambah dibandingkan dengan para pesaing yang tidak memilikinya.
Persyaratan Wajib.
Persetujuan tipe – Kepatuhan terhadap standar teknis untuk kendaraan bermotor.
Persetujuan tipe adalah sertifikasi untuk berbagai tipe kendaraan bermotor dan komponennya. Regulasi Kroasia mencantumkan persyaratan ketat untuk (komponen) kendaraan bermotor, traktor pertanian dan kehutanan, untuk memastikan penyelarasan di antara Negara Anggota Kroasia tentang standar teknis, keselamatan dan lingkungan
Persetujuan tipe atau sertifikasi ini sah di semua Negara Anggota Kroasia dan diwajibkan untuk memasarkan produk di Kroasia.
Saran:
- Tanyakan kepada pembeli, atau otoritas persetujuan negara ke mana produk akan diekspor, tentang spesifikasi standar yang berlaku untuk komponen.
- Kesesuaian Produksi (COP) merupakan persyaratan penting dari sertifikasi persetujuan tipe . COP adalah kemampuan untuk memproduksi produk sesuai dengan persyaratan spesifikasi, kinerja dan penandaan dalam regulasi persetujuan tipe, secara berkala tanpa pengujian lebih lanjut apa pun. Oleh karena itu, Anda harus memiliki sistem manajemen mutu yang baik
- Baca lebih lanjut tentang persetujuan tipe pada situs web Kroasia.
Penandaan CE.
Peralatan elektronik harus memiliki tanda CE untuk dipasarkan di Kroasia. Penandaan CE menunjukkan bahwa produk sudah dinilai sebelum dipasarkan dan bahwa produk tersebut memenuhi persyaratan keselamatan, kesehatan dan perlindungan lingkungan Kroasia. Penandaan CE juga diterima sebagai kepatuhan terhadap persyaratan persetujuan tipe. Misalnya, komponen elektronik yang memerlukan persetujuan tipe dan juga penandaan CE untuk kesesuaian elektromagnetik (EMC) atau peralatan bertegangan rendah.
Saran:
- Baca lebih lanjut tentang penandaan CE peralatan listrik pada Trade Helpdesk Kroasia.
- Klik di sini untuk panduan langkah demi langkah tentang penandaan CE
Bahan Kimia.
Untuk menghindari kerusakan lingkungan, Kroasia membatasi penggunaan bahan kimia tertentu dalam beberapa regulasi.
Peraturan REACH.
REACH adalah singkatan dari Pendaftaran, Evaluasi dan Otorisasi Bahan Kimia. Peraturan ini menetapkan aturan untuk penempatan bahan kimia pada pasar dan, lebih relevan bagi para produsen komponen otomotif, peraturan tersebut juga membatasi penggunaan bahan kimia berbahaya tertentu (yang disebut sebagai Zat yang Sangat Diperhatikan –SVHC) dan penggunaan spesifik bahan kimia tertentu misalnya penghambat nyala tertentu atau poliklinik-aromatik hidrokarbon (PAH) pada ban.
End of Life Vehicle (ELV).
Regulasi ELV bertujuan untuk menghindari pencemaran lingkungan karena limbah kendaraan. Regulasi tersebut juga ditujukan untuk mengurangi zat berbahaya dalam kendaraan. Selain itu, kendaraan harus dirancang untuk kemudahan pembongkaran dan daur ulang yang baik (dengan kode komponen) dan logam berat timbal, air raksa, kadmium, heksavalen kromium dilarang (kecuali untuk beberapa aplikasi).
Bahan perusak ozon,
Kroasia melarang penggunaan bahan perusak ozon. Beberapa bahan ini diketahui digunakan dalam suku cadang mobil (misalnya dalam penyejuk udara).
Logam berat dalam baterai.
Ada pembatasan kandungan logam berat dan persyaratan pelabelan untuk baterai dan aki. Baterai dan aki ini tidak boleh memuat lebih dari 0,0005% air raksa menurut bobot atau 0,002% kadmium.
Selain itu, baterai yang memuat air raksa, kadmium atau timbal harus diberi label dengan ‘tong sampah yang disilang’ dan terdapat persyaratan pelabelan kapasitas spesifik untuk baterai otomotif.
Saran:
- Pembeli Kroasia, memita pemasok yang bertanggung jawab untuk mematuhi regulasi terkait dengan bahan kimia. Oleh karena itu pembeli harus mendapat informasi tentang bahan kimia yang digunakan.
- Tanyakan kepada pembeli tentang kebijakan bahan kimianya dan harapannya dari sisi pemasok. Apakah pembeli memberikan daftar bahan yang tidak boleh digunakan atau apakah ingin mendapat informasi tentang bahan yang digunakan dalam format tertentu? Apabila belum mengetahui pembeli, coba mencari informasi tentang kebijakan bahan kimia dari kendaraan bermerek di google. Misalnya, mencari ‘reach volvo’ yang mengarahkan ke halaman ini dengan panduan dan informasi tentang IMDS.
- Lihat Pedoman Industri Otomotif tentang REACH. (Pedoman aktual terdapat dalam berkas bernama AIG_V3.1)
- Tanyakan apakah pembeli menggunakan Sistem Data Bahan Internasional (IMDS). Sistem ini merupakan sistem data kolektif berbasis komputer yang dikembangkan oleh OEM otomotif untuk mengelola aspek yang relevan dengan lingkungan dari suku cadang yang berbeda yang digunakan dalam kendaraan. Sistem tersebut telah diadopsi sebagai standar global untuk pelaporan kandungan bahan dalam industri otomotif.
- Baca lebih lanjut tentang Bahan Perusak Ozon pada Export Helpdesk UE
- Baca lebih lanjut tentang persyaratan baterai dan aki pada Export Helpdesk UE
Keselamatan Anak
Arahan Keselamatan Produk Secara Umum pada dasarnya menyatakan bahwa semua produk yang dipasarkan di Kroasia harus aman untuk digunakan dan menjadi kerangka bagi semua perundangan spesifik yang ditetapkan untuk produk. Selain itu, apabila produk dimaksudkan untuk digunakan oleh anak-anak, berlaku peraturan keselamatan lebih lanjut:
Berikut hal utama yang harus diperhatikan pada regulasi keselamatan anak pada Kendaraan Bermotor:
- Sistem penahan yang sesuai oleh anak-anak semua usia.
- Penempatan anak-anak pada tempat duduk belakang untuk menghindari cedera karena kantong udara dan dampak langsung
- Pengembangan sistem penahan anak universal dengan menggunakan penjangkaran kendaraan kaku atau semi-kaku
- Mendesain kembali sistem penahan anak untuk memungkinkan anak bawah lima tahun untuk melakukan perjalanan dengan menghadap ke belakang selama periode yang lebih lama (atau sampai dengan usia 4 tahun)
- Batas alkohol
- Sabuk pengaman
- Kelayakan kecelakaan kendaraan
- Anak-anak yang dilarang mengemudikan/mengendarai traktor sawah
Saran:
- Baca lebih lanjut tentang Arahan Keselamatan Produk Secara Umum pada situs web UE
- Untuk mendapatkan gambaran, lihat basis data RAPEX di mana semua produk yang ditolak di perbatasan atau ditarik dari pasar dilaporkan.
- Untuk informasi lebih lanjut tentang regulasi, lihat situs web Kroasia yang relevan.
Persyaratan Umum Pembeli.
Manajemen Mutu: ISO 9001 & ISO TS/16949
Untuk mengajukan persetujuan tipe, harus dipastikan bahwa proses produksi memenuhi kriteria manajemen mutu. Kesesuaian Produksi (COP) adalah hal yang sangat penting. Persyaratan COP didasarkan pada prinsip sistem mutu yang telah mapan. ISO TS/16949 dan ISO 9001 diterima sebagai dasar dan sering diminta oleh pembeli dan produsen Kroasia.
Saran:
- Terapkan ISO 9001 karena hal tersebut merupakan persyaratan reguler oleh pembeli Kroasia.
Standar teknis lainnya.
Banyak jenis komponen otomotif. Oleh karena itu, akan berlaku standar yang berbeda. Kunjungi situs web ISO dan CEN/CENELEC serta cari standar ISO atau UE yang ditetapkan untuk komponen otomotif:
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.
Tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), pembeli mengharapkan tingkat kinerja sosial dan lingkungan menjadi penting. Perusahaan besar Kroasia mengembangkan kebijakan CST mereka sendiri dan mengharuskan para pemasok untuk mematuhinya. Sering diperlukan penandatanganan aturan berperilaku pemasok. Aturan berperilaku ini umumnya menyebutkan kepatuhan terhadap regulasi lokal, perlindungan kesehatan dan keselamatan pekerja, penghormatan hak dasar buruh dan etika usaha.
Penerapan sistem manajemen lingkungan sering menjadi persyaratan bagi para pemasok utama.
ISO 26000 memberikan panduan tentang bagaimana perusahaan dapat beroperasi dengan cara yang bertanggung jawab secara sosial. Artinya perusahaan beroperasi dengan cara yang etis dan transparan dan berkontribusi pada kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.
Saran:
- Sebagian besar merek mobil besar memublikasi kebijakan CSR dan aturan berperilaku pemasok mereka di situs webnya yang dapat dijadukan rujukan.
- Penerapan sistem manajemen lingkungan, seperti ISO 14001, menjadi persyaratan umum.
Ceruk Pasar.
Sertifikasi K3 atau akuntabilitas sosial.
Meskipun tidak diperlukan, memiliki sistem manajemen yang disertifikasi tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) seperti OHSAS 18001 atau SA 8000 tentang akuntabilitas sosial dapat menjadi nilai tambah dibandingkan dengan para pesaing yang tidak memilikinya.
Saran:
- Klik di sini untuk informasi lebih lanjut tentang OHSAS 18001.
Tautan.
- Check the EU tariff applying to your product at EU Trade Helpdesk
- Find out who in Europe is already buying Indonesian products at the Indonesian DG for Export Development
- CLEPA - European automotive suppliers association www.clepa.eu
- ACEA - European automobile manufacturers association www.acea.be
- European Automobile Manufacturers’ Association (ACEA) www.acea.be
- European Committee Of Associations Of Manufacturers Of Agricultural Machinery (CEMA) www.cema- agri.org
- European Association of Automotive Suppliers (CLEPA) https://clepa.eu/
- International Federation of Automotive Aftermarket Distributors (FIGIEFA) www.figiefa.org
- Trade for Development Centre, BTC www.befair.be
- European Council for Automotive R&D (EUCAR) www.eucar.be
- The European Council for Motor Trades and Repairs (CECRA) www.cecra.eu
- The Motorcycle Industry in Europe (ACEM) www.acem.eu
- Automotive Industry Association (AIA) www.autosap.cz/default-e.asp
- Association pour le Developpement du Transport et de la Mobilite‚ Electriques www.france-mobilite- electrique.org
- Association Regionale de l' Industrie Automobile www.ariabn-automobile.fr
- Fédéation des Industries des Equipements pour Véhicules (FIEV) www.fiev.fr
- Federation Francaise du Sport Automobile www.ffsa.org
- International Organization of Motor Vehicle Manufacturers (OICA) www.oica.net
- ATEV Auto - Teile - Einkaufs - Verband eG www.atev.de
- Caravaning Industrie Verband e.V. www.civd.de
- National Association of German Commercial Agencies and Distribution (CDH) www.cdh24.de/en/verband/organisation
- Verband der Automobilindustrie e.V. (VDA) www.vda.de
- Federal Motor Transport Authority (KBA) www.kba.de/cln_031/nn_125396/EN
- MGSZ www.gepjarmuipar.hu
- SIMI www.simi.ie
- Italian Association of the Automotive Industry (ANFIA) www.anfia.it
- Italian Agricultural Machinery Manufacturers Federation (FederUnacoma) www.federunacoma.it/en/index.php
- UNACOMA www.unacoma.it
- UNRAE - Unione Nazionale Rappresentanti Veicoli Esteri www.unrae.it
- Polish Automotive Industry Association (PZPM) www.pzpm.org.pl/en
- Associacao de Fabricantes para a Industria Automovel – AFIA www.afia.pt
- ACAROM - Asociatiei Constructorilor de Automobile din Romania www.acarom.ro
- Asociación Española de Fabricantes de Automóviles y Camiones (ANFAC) www.anfac.com
- BIL Sweden www.bilsweden.se/in_english
- Chamber Trade Sweden www.chambertradesweden.se
- Dutch Association for the Car Industry www.bovag.nl
- Dutch RAI - Rijwiel en Automobiel Industrie www.raivereniging.nl
- European Group of Automotive Recycling Associations (EGARA) www.egaranet.org
- SPE Automotive European Office www.speautomotive.com
- Social Accountability International (SAI) www.sa-intl.org
- Fédération Internationale de l’Automobile (FIA)
- Fédération Internationale des Sociétés d’Ingénieurs des Techniques de l’Automobile (FISITA)