Persyaratan Wajib Kanada - Kakao   

Ada sejumlah instansi pemerintah federal di Kanada yang mengatur impor komersial kakao. Instansi tersebut meliputi Badan Pemeriksa Makanan Kanada (Canadian Food Inspection Agency atau "CFIA"), Badan Pertanian dan Pertanian Pangan Kanada (Agriculture and Agri-Food Canada atau "AAFC"), Departemen Kesehatan Kanada (Health Canada), dan CBSA. Setiap instansi yang berwenang mengatur dan menegakkan hukum dan peraturan terkait aspek-aspek berikut ini:

  • CFIA memberlakukan semua standar kesehatan dan keselamatan di bawah Peraturan Perundangan tentang Makanan dan Obat Kanada dan juga mengelola peraturan lain di luar kesehatan dan keselamatan yang berkaitan dengan kemasan makanan, pelabelan, dan iklan;
  • Health Canada menetapkan standar keselamatan dan kualitas gizi makanan yang dijual di Kanada. Health Canada, bersama CFIA, juga bertanggung jawab atas pemberian label makanan di Kanada;
  • AAFC mengatur sektor pertanian dan pertanian pangan, termasuk kakao, dan menjalin kerja sama erat dengan pemerintah provinsi dan daerah dalam menyusun dan melaksanakan kebijakan serta program yang berhubungan dengan pertanian dan pangan.  

 
CBSA memberlakukan hukum dan peraturan bea cukai serta mengatur tata kelola perbatasan terkait orang dan barang yang masuk ke Kanada. Instansi ini juga memberikan informasi mengenai proses impor barang komersial ke Kanadakepada importir di negara ini. Informasi yang diberikan adalah untuk melengkapi persyaratan yang ditetapkan undang-undang, peraturan, dan kerangka acuan yang ada mengenai impor dan imigrasi yang diawasi instansi pemerintah terkait di Kanada. Panduan langkah demi langkah mengenai impor barang niaga ke Kanada dapat diakses di situs CBSA.
 
Pemerintah Kanada juga telah menetapkan sejumlah ketentuan hukum mengenai impor kakao ke negara ini. Berikut adalah sejumlah persyaratan hukum tertentu yang harus dipenuhi oleh produsen dan eksportir kakao di Indonesiauntuk dapat mengekspor produk mereka ke Kanada:
 

Tipe Peraturan Nama dan Tautan ke Peraturan Perundangan Keterangan
Undang-Undang Umum tentang Makanan  Undang-Undang Makanan dan Obat
Peraturan Makanan dan Obat
Undang-Undang Makanan yang Aman untuk Warga Kanada (akan diberlakukan)
Peraturan Produk Susu
§  Peraturan ini dilaksanakan oleh Health Canada, yang menetapkan standar keselamatan dan kualitas gizi makananyang dijual di Kanada. CFIA melaksanakan seluruh standar kesehatan dan keselamatan yang berada di bawah Peraturan Makanan dan Obat
§  UU Makanan yang Aman untuk Warga Kanada dimaksudkan untuk memberikan perlindungan pada konsumen dengan menyasar paktik-praktik tak aman; menerapkan hukuman lebih berat untuk kegiatan yang berisiko membahayakan kesehatan dan keselamatan; memberikan kontrol yang lebih baik terhadap impor; memperkuat ketertelusuran makanan; dan menetapkan rezim pemeriksaan yang lebih konsisten pada seluruh komoditas pangan. UU ini akan mulai berlaku setelah peraturan pendukung yang baru disusun. Silahkan kunjungi situs CFIA untuk mengikuti perkembangan terbaru mengenai pemberlakuan UU ini.  
§  Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi: Direktorat Makanan CFIA
Undang-Undang Label Makanan Undang-Undang Label dan Kemasan Konsumen
Undang-Undang Label dan Kemasan Konsumen
Peraturan Label Angka Kandungan Gizi
 
 
 
§  Baik Health Canada maupun CFIA bertanggung jawab atas pemberian label makanan di Kanada; CFIA juga melaksanakan peraturan selain kesehatan dan keselamatan yang terkait dengan kemasan makanan, pelabelan, dan iklan.
§  Label nilai kandungan gizi telah ditetapkan wajib untuk dicantumkan pada sebagian besar label makanan sejak Peraturan Obat dan Makanan diubah pada tahun 2002. Label angka gizi juga harus mencakup kandungan alergen, gluten[1][f1]  , dan keterangan untuk penambahansulfit. 
§  Untuk mengetahui dan memenuhi persyaratan label untuk produk Anda, lihat Perangkat Label Industri
Undang-Undang Produk Organik Peraturan Produk Organik
Label Makanan untuk Industri - Klaim Organik
 
 
§  Peraturan-peraturan ini menentukan produk organik di Kanada dan menetapkan aturan tentang penggunaan logo organik pada produk organik. Hal tersebut juga mengatur klaim organik, termasuk klaim organik mana yang diizinkan dan mana yang tidak.  
§  Untuk persyaratan dan prosedur terkait penerapan, negosiasi, dan penetapan pengaturan kesetaraan organik antara Kanada dan Indonesia, lihat Pengaturan Kesetaraan
Undang-Undang Pelestarian Lingkungan Hidup Undang-Undang Pelestarian Lingkungan Kanada
Undang-Undang Penilaian Lingkungan Kanada
Produsen kakao juga perlu mematuhi peraturan ini untuk memastikan bahwa proses produksi memenuhi standar perlindungan lingkungan hidup di Kanada, sebagai negara tujuan ekspor. 
Undang-Undang Pengendalian Hama Undang-Undang Pengendalian Hama
 
Peraturan ini diterapkan Health Canada untuk menjaga kesehatan manusia dan melindungi lingkungan hidup. Aturan-aturan di dalamnya menentukan pestisida mana yang diizinkan penggunaannya dan cara penggunaannya.
 
Persyaratan Teknis: Kemasan dan Label 
Di samping ketentuan umum mengenai kemasan makanan berdasarkan UU dan Peraturan tentang Label dan Kemasan Konsumen, terdapat persyaratan pelabelan khusus untuk produk cokelat dan kakao yang ditetapkan oleh CFIA. Jika menyangkut pelabelan, penting untuk membedakan antara produk cokelat dan kakao sehingga tidak menyesatkan konsumen. Pada dasarnya, produk cokelat memiliki kandungan mentega cokelat yang jauh lebih tinggi dibanding kakao (CFIA, 2014). Namun, terdapat pengecualian untuk produk yang secara konvensional telah menggunakan nama "cokelat" sebagai bagian dari nama umumnya, seperti  biskuit cokelat, puding cokelat, dan kue cokelat (CFIA, 2014). Produk-produk yang tampak menggunakan lapisan cokelat atau  yang tampak diliputi cokelat tapi tidak benar-benar berbahan cokelat tidak boleh diberi label atau diiklankan sebagai berselaput "cokelat". Sebagai alternatif, "rasa cokelat", "mirip cokelat", dan "kecokelatan" dapat digunakan untuk menggambarkan secara akurat pelapis produk-produk tersebut. Untuk lebih jelasnya, silahkan kunjungi halaman Persyaratan Label untuk Produk Cokelat dan Kakao.
 
Dalam hal persyaratan kemasan, produk kakao mengikuti persyaratan yang sama seperti produk makanan lainnya. Persyaratan tersebut berkaitan dengan tingkat isi kemasan, desain kemasan dan tampilannya, serta ukuran standar kemasan. 
 
[1] Sebuah zat protein yang terkandung dalam gandum dan produk-produk lainnya.

 [f1]I think this word should be kept as it is to maintain context. The word is also widely-known in the food industry, including in Indonesia. I have added a short description of the word in Bahasa Indonesia, as a footnote, to assist INATRIMS readers/users.