Persyaratan Wajib Kanada - Elektronik   

Ada sejumlah instansi pemerintah federal di Kanada yang mengatur dan melaksanakan kebijakan dan peraturan terkait impor komersial produk elektronik ke Kanada. Instansi tersebut meliputi Innovation, Science and Economic Development Canada (ISED)—sebelumnya bernama Industry Canada, Natural Resource (NR) Canada, Health Canada, dan CBSA. Setiap instansi memiliki mandatnya masing-masing, yaitu:

  • ISED menangani "berbagai hal dari yang berkaitan dengan industri dan teknologi, perdagangan dan niaga, sains, hubungan konsumen, korporasi dan sekuritas perusahaan sampai persaingan dan pengendalian perdagangan, bobot dan ukuran, kebangkrutan dan pailit, kekayaan intelektual, investasi, usaha kecil, dan pariwisata.”[1]Sehubungan dengan industri elektronik, ISED menetapkan standar dan persyaratan teknis, antara lain, terkait aparatus radio dan peralatan elektronik yang diimpor, dijual, atau digunakan di Kanada.
  • NR Canada memimpin upaya pemerintah untuk "meningkatkan pengembangan dan penggunaan sumber daya alam Kanada yang bertanggung jawab serta daya saing produk sumber daya alam Kanada.”[2] Instansi ini mengelola standar dan program pelabelan untuk produk hemat energi, yaitu label EnerGuide and Energy Star.[3]

·         Health Canada bertugas, antara lain, mengatur barang-barang konsumsi agar dapat digunakan dengan aman oleh semua warga Kanada. Instansi ini mengelola UU Keselamatan Produk Konsumen Kanada (Canada Consumer Product Safety Act atau “CCPSA”),[4] yang berlaku untuk beragam produk konsumen, termasuk produk elektronik.
·         CBSA memberlakukan hukum dan peraturan bea cukai serta mengatur tata kelola perbatasan terkait orang dan barang yang masuk ke Kanada. Instansi ini bertanggung jawab melaksanakan kebijakan dan peraturan mengenai impor barang di berbagai pintu masuk ke negara itu. CBSA juga memberikan informasi mengenai proses impor barang komersial ke Kanada kepada importir di negara itu. Informasi yang diberikan adalah untuk melengkapi persyaratan yang ditetapkan undang-undang (UU), peraturan, dan kerangka acuan yang ada mengenai impor yang diawasi oleh instansi pemerintah terkait di Kanada. Panduan langkah demi langkah mengenai impor barang niaga ke Kanada dapat diakses di situs web CBSA.
 
Pemerintah Kanada telah menetapkan persyaratan legal untuk impor produk elektronik ke negara tersebut. Meskipun kewajiban untuk memenuhi sebagian persyaratan dapat dikenakan pada lembaga yang melakukan impor dan tidak secara langsung pada produsen, penting bagi pihak produsen untuk memahami persyaratan tersebut jika ingin menembus pasar Kanada. Di bawah ini adalah sebagian persyaratan hukum khusus yang harus dipenuhi oleh produsen produk elektronik di Indonesia.

Peraturan Nama dan Tautan kUU/Peraturan/Pedoman Keterangan
Standar dan persyaratan teknis wajib untuk peralatan elektronik tertentu
  • UU dan Peraturan ini menetapkan bahwa “produsen, importir, distributor, dan penjual aparatus radio, peralatan penyebab interferensi atau peka radio” bertanggung jawab untuk:
    • Memastikan bahwa peralatan tersebut memenuhi semua standar teknis yang berlaku di Kanada untuk jenis peralatan terkait;
    • Mendapatkan Sertifikat Penerimaan Teknis (Technical Acceptance Certificate atau “TAC”), bila diperlukan untuk jenis peralatan tersebut; dan
    • Memastikan bahwa semua peralatan tersebut diberi label sebagai bukti bahwa standar yang berlaku telah dipenuhi.
  • Ketidakpatuhan terhadap UU ini dapat menyebabkan perusahaan maupun individu menghadapi tuntutan hukum. Mereka juga dapat dikenai denda hingga C$ 5.000 dan/atau dijatuhi hukuman penjara satu tahun.[5]
Emisi radiasi UU Perangkat Pemancar Radiasi UU ini berlaku untuk semua perangkat yang melepaskan radiasi. Produk elektronik yang tercakup dalam UU ini mencakup oven microwave dan peralatan listrik rumah tangga. Perangkat yang akan dijual, dijual kembali, disewakan, atau diimpor ke Kanada harus memenuhi standar yang tercantum dalam UU ini.
Efisiensi energi
  • Peraturan tentang Energi disusun berdasarkan UU Efisiensi Energi. Peraturan ini berlaku untuk semua produk yang menggunakan energi yang diimpor ke atau diproduksi di Kanada dan diangkut dari satu provinsi ke provinsi lainnya. Peraturan ini juga berlaku untuk produk yang mengkonsumsi energi yang kemudian diintegrasikan dalam unit yang lebih besar, walaupun yang disebut terakhir ini mungkin tidak diatur.
  • Tanggung jawab untuk memenuhi Peraturan ini secara langsung terletak pada penyalur yang mengimpor produk ke Kanada untuk dijual atau disewakan di negara ini. Sesuai UU Efisiensi Energi, 'penyalur' mengacu pada individu yang kegiatan usahanya bergerak dalam:
    • memproduksi atau mengimpor produk yang menggunakan energi di Kanada, atau
    • menjual atau menyewakan produk yang menggunakan energi yang diperoleh secara langsung ataupun tidak langsung dari orang yang memproduksi atau mengimpor produk yang menggunakan energi tersebut.
  • Produk yang menggunakan energi yang memenuhi Peraturan ini harus diverifikasi oleh lembaga sertifikasi yang diakreditasi untuk melakukan verifikasi efisiensi energi oleh Standards Council of Canada (SCC). Produk yang telah diverifikasi harus memiliki tanda verifikasi efisiensi energi, yang harus terlihat pada permukaan produk.
  • §  Sebagian produk mungkin juga memerlukan pecantuman label EnerGuide selain tanda verifikasi efisiensi energi tersebut. Label EnerGuide wajibditempelkan pada produk-produk berikut ini: pengering pakaian; mesin cuci; mesin pencuci piring; freezerelectric range, kompor cooktop, dan oven; kulkas, kulkas-freezer, dan chiller untuk minuman anggur; serta AC.
Keselamatan produk konsumen CCPSA
 
  • CCPSA berlaku untuk sebagian besar produk konsumen yang diproduksi, diimpor ke, diiklankan, atau dijual di Kanada.
  • Ada lima ketentuan utama dari CCPSA, yaitu:[6](1) larangan umum: barang konsumen yang menimbulkan risiko kesehatan atau keselamatan bagi warga Kanada dilarang diproduksi, diimpor, dijual, atau diiklankan di Kanada; (2) informasi tentang keselamatan produk: produsen atau importir dapat diwajibkan untuk memberikan atau memperoleh informasi keselamatan yang menunjukkan bahwa produknya memenuhi persyaratan CCPSA; (3) kemasan dan pelabelan: informasi palsu, menyesatkan, atau menipu di kemasan, label, atau iklan produk konsumen dilarang oleh CCPSA; (4) pelaporan insiden: industri dan pemasok produk diwajibkan untuk melaporkan pada Health Canada, setiap insiden keselamatan produk konsumen atau cacat yang dapat menyebabkan kematian atau dampak kesehatan yang merugikan; dan (5) menyiapkan dan memelihara dokumen: seperti dipersyaratkan CCPSA, dokumen tertentu harus disusun dan dipelihara agar produk yang tidak aman dapat ditelusuri kembali ke sumbernya. Kewajiban ini berlaku bagi pihak yang memproduksi, mengimpor, mengiklankan, menjual, atau menguji produk konsumen untuk tujuan komersial.

Sumber: Innovation, Science and Economic Development Canada; Justice Canada; Health Canada.
 
Peraturan dan Standar Teknis
 
UU Komunikasi Radio memungkinkan pengembangan persyaratan teknis dan standar yang berlaku untuk peralatan radio, peralatan penyebab interferensi, dan peralatan yang peka radio.[7] Peralatan atau aparatus harus memenuhi semua persyaratan teknis dan standar yang telah ditetapkan untuk jenis peralatan atau aparatus semacam itu. Dalam hal ini, 'peralatan' dibagi menjadi dua kategori sebagai berikut:[8]
·         Kategori I — peralatan yang harus memenuhi standar teknis yang berlaku dan memerlukan TAC. Peralatan yang termasuk dalam kategori ini meliputi pemancar penyiaran, pemancar radio portabel, penerima pemindai digital, ponsel, alarm mobil dan starter jarak jauh, pembuka pintu garasi, serta tautan komputer nirkabel; dan
·         Kategori II — peralatan yang harus memenuhi standar teknis yang berlaku namun tidak wajib sertifikasi. Kategori ini mencakup transformer elektronik atau ballastkeypad alarmbattery charger cerdas, penerima TV satelit, VCR, dan komputer.
 
Ada persyaratan teknis umum yang berlaku untuk kedua kategori tersebut, yaitu:[9]

  • Jumlah unit maksimum: "jumlah maksimum unit yang boleh diproduksi atau diimpor tanpa TAC atau tanpa kepatuhan terhadap standar adalah satu unit lebih banyak dibanding jumlah yang tercantum dalam standar untuk jenis peralatan tersebut."
  • Pengujian: untuk memastikan kepatuhan terhadap standar yang berlaku, peralatan dapat diuji setiap saat oleh program Spectrum Management dari Industry Canada (juga disebut oleh Industry Canada sebagai 'Departemen') maupun oleh produsen atau importir atas permintaan Departemen.
  • Label: untuk peralatan yang telah memiliki sertifikasi kepatuhan terhadap standar yang berlaku dan telah menerima TAC, pelabelannya harus sesuai dengan standar Industry Canada yang berlaku untuk jenis peralatan tersebut. Harap diperhatikan bahwa persyaratan pelabelan itu tidak menghambat kepatuhan peralatan tersebut pada persyaratan pelabelan lain untuk tujuan yang berbeda berdasarkan undang-undang lainnya. 

 
Selain persyaratan teknis di atas, peralatan di bawah Kategori I juga harus memenuhi persyaratan lain, yaitu memperoleh sertifikat TAC terkait. Individu yang memproduksi, mengimpor, mendistribusikan, menyewakan, menawarkan penjualan, atau menjual peralatan yang termasuk dalam Kategori I harus mengajukan permohonan TAC ke Industry Canada. Untuk mendapatkan sertifikat tersebut, model peralatan harus diuji untuk membuktikan bahwa peralatan memenuhi semua standar, dan hasil pengujiannya harus diajukan beserta aplikasi TAC ke Departemen. Prosedur pengajuan TAC diuraikan di dalam:[10]
·         Radio Standards Procedure 100 (RSP-100), Prosedur Sertifikasi Peralatan Radio (Radio Equipment Certification Procedure); atau
·         Broadcasting Equipment Standards Procedure 100 (BESP-100), Sertifikasi Perangkat Penyiaran (Certification of Broadcasting Equipment)
Perhatikan bahwa beberapa model peralatan dengan karakteristik teknis serupa dapat diberi satu sertifikat TAC, atau TAC dapat dikeluarkan hanya untuk satu model peralatan khusus.[11]

 
[1] Innovation, Science and Economic Development Canada, About Ushttp://www.ic.gc.ca/eic/site/icgc.nsf/eng/h_00018.html (diakses pada 26 Juni 2017).
[2] Natural Resources Canada, About Ushttp://www.nrcan.gc.ca/department (diakses pada 17 Mei 2017).
[3] Natural Resources Canada, Energy-Efficient Productshttps://www.nrcan.gc.ca/energy/products/12509 (diakses pada 26 Juni 2017).
[4] Health Canada, Undang-Undang Keselamatan Produk Konsumen Kanadahttp://www.hc-sc.gc.ca/cps-spc/legislation/acts-lois/ccpsa-lcspc/index-eng.php (diakses pada 28 November 2016).
[5] Innovation, Science and Economic Development Canada, Standards and Certification of Radio Apparatus and Electronic Equipment Used in Canadahttp://www.ic.gc.ca/eic/site/smt-gst.nsf/eng/sf01698.html (diakses pada 21 Juni 2017).
[6] Health Canada, Undang-Undang Keselamatan Produk Konsumen Kanadahttp://www.hc-sc.gc.ca/cps-spc/legislation/acts-lois/ccpsa-lcspc/index-eng.php (diakses pada 28 November 2016).
[7] Untuk definisi ‘aparatus radio’, ‘peralatan penyebab interferensi, dan ‘peralatan peka radio’ yang dirujuk dalam UU Komunikasi Radio, lihat http://www.ic.gc.ca/eic/site/smt-gst.nsf/eng/sf01698.html.
[8] Innovation, Science and Economic Development Canada, Standards and Certification of Radio Apparatus and Electronic Equipment Used in Canadahttp://www.ic.gc.ca/eic/site/smt-gst.nsf/eng/sf01698.html (diakses pada 21 Juni 2017).
[9] Innovation, Science and Economic Development Canada, Standards and Certification of Radio Apparatus and Electronic Equipment Used in Canadahttp://www.ic.gc.ca/eic/site/smt-gst.nsf/eng/sf01698.html (diakses pada 21 Juni 2017).
[10] Ibid.
[11] Ibid.