Standar Sukarela Tekstil & Produk Tekstil - Kanada   

Terdapat beberapa standar sukarela yang diterima secara global dan diakui dalam industri tekstil. Standar tersebut ditetapkan untuk memberikan jaminan kepada konsumen bahwa praktik ramah lingkungan dan/atau tanggung jawab sosial dilaksanakan dalam berbagai tahapan produksi.

Walau standar sukarelatidaak umum pada TPT (misalnya, melalui tampilan logo sertifikasi pada produk), konsumen Kanada tetap berminat untuk mengetahui apakah TPT yang akan mereka beli  diproduksi sesuai standar lingkungan hidup dan sosial yang berlaku. Standar sosial yang berlaku mencakup kepedulian terhadap kesetaraan gender dan penerapan standar ketenagakerjaan yang diakui secara internasional.

Studi yang dilaksanakan The Business Development Bank of Canada (BDC) mengungkapkan bahwa 60% warga Kanada menganggap mereka adalah konsumen yang etis dan 75% dari konsumen yang disurvei menyatakan mereka bersedia membayar harga premium untuk produk atau jasa produksi perusahaan yang mempunyai tanggung jawab sosial.

Berikut contoh dari standar industri tekstil:
  • Global Organic Textile Standard (GOTS)—standar ini berupaya menetapkan persyaratan yang diakui secara global untuk tekstil organik, yang mencakup penggunaan serat organik bersertifikat dan kepatuhan yang ketat pada kriteria lingkungan dan sosial. Sertifikasi diberikan oleh pihak ketiga melalui inspeksi langsung di lokasi dan berlaku bagi pengolah, produsen, dan pedagang.
  • bluesign® standard—standar ini memberlakukan sejumlah kriteria pada seluruh input dalam rantai produksi. Standar ini bertujuan untuk mendukung komitmen berbagai pihak dalam rantai produksi tekstil untuk mengurangi jejak aktivitas industri ini pada ekologi. Di samping menggalakkan praktik ramah lingkungan pada industri tekstil, komponen utama standar ini adalah tidak mengorbankan fungsi, kualitas, atau desain produk melalui penggunaan "teknologi terbaik yang ada" di seluruh rantai produksi.
  • SMaRT Consensus Sustainable Product Standards—standar ini diterapkan untuk sejumlah industri, termasuk tekstil dan pakaian, dengan mempertimbangkan kriteria lingkungan, sosial, dan ekonomi.
  • Fairtrade—sertifikasi ini menjamin konsumen bahwa pakaian dan tekstil berlogo Fairtrade diproduksi dalam kondisi yang selaras dengan konvensi Organisasi Buruh Internasional (International Labour Organization atau “ILO”) dan United Nations Global Compact (UNGC). Standar Fairtrade meliputi larangan mempekerjakan anak dan kerja paksa dalam proses produksi.
  • Standar produksi bertanggung jawab dipatuhi oleh perusahaan-perusahaan global yang melakukan pengadaan secara lokal. Standar yang diatur secara mandiri ini bertujuan meningkatkan kualitas pekerjaan yang berhubungan dengan ekspor dalam rantai pasok, dan beberapa contoh utamanya meliputi Kode Etik BSCIInisiatif Perdagangan Etis,dan Perjanjian Kemitraan Industri Pakaian.
  • Worldwide Responsible Accredited Production (WRAP)—tim nirlaba independen beranggotakan pakar internasional di bidang kepatuhan sosial, yang berfokus pada kegiatan manufaktur yang aman, legal, manusiawi, dan beretika. Aktivitas utamanya adalah sertifikasi independen yang berfokus pada industri pakaian dan alas kaki.

Penting untuk dicatat bahwa, semua klaim iklan dan label lainnya, tentang tekstil hijau atau ramah lingkungan tunduk pada UU Persaingan Usaha Kanada, serta UU Label dan Kemasan Konsumen dan UU Pelabelan TekstilUU Persaingan Usaha melarang perusahaan untuk melakukan praktik pemasaran yang menipu atau menyesatkan.

Bisnis hanya boleh membuat klaim lingkungan yang dibuktikan dan diverifikasi oleh data akurat dan tepercaya. Data ini harus tersedia untuk bagi lembaga penegak hukum apabila diperlukan.

Asosiasi Standar Kanada (Canadian Standards Association atau “CSA”) menerbitkan panduan tentang cara membuat klaim lingkungan yang sesuai dengan UU Persaingan Usaha, serta UU Label dan Kemasan Konsumen dan UU Pelabelan Tekstil. Panduan tersebut, 

Klaim Lingkungan: Panduan untuk Industri dan Pengiklan, dapat diakses di www.competitionbureau.gc.ca/eic/site/cb-bc.nsf/eng/02701.html.