Standar Sukarela Tekstil & Produk Tekstil Kanada   

Sejumlah standar sukarela yang diterima secara global diakui dalam industri tekstil. Standar tersebut merupakan upaya untuk memberikan jaminan kepada konsumen bahwa praktik ramah lingkungan dan/atau tanggung jawab sosial dilaksanakan dalam berbagai tahapan produksi. Walau standar sukarela belum umum terlihat pada TPT (misalnya, melalui tampilan logo sertifikasi pada produk), konsumen Kanada tetap berminat untuk mengetahui apakah TPT yang sedang mereka pertimbangkan untuk dibeli diproduksi sesuai standar lingkungan hidup dan sosial yang berterima. Standar sosial yang berterima mencakup kepedulian terhadap kesetaraan gender dan penerapan standar ketenagakerjaan yang diakui secara internasional. Sebuah studi yang dilaksanakan The Business Development Bank of Canada (BDC) mengungkapkan bahwa 60% warga Kanada menganggap mereka adalah konsumen yang etis dan 75% dari konsumen yang disurvei menyatakan mereka bersedia membayar harga premium untuk produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan yang mempunyai tanggung jawab sosial.[1] Berikut adalah contoh dari standar semacam itu dalam industri tekstil:
  • Global Organic Textile Standard (GOTS)—standar ini berupaya menetapkan persyaratan yang diakui secara global untuk tekstil organik, yang mencakup penggunaan serat organik bersertifikat dan kepatuhan yang ketat pada kriteria lingkungan dan sosial. Sertifikasi diberikan oleh pihak ketiga melalui inspeksi langsung di lokasi dan berlaku bagi pengolah, produsen, dan pedagang.
  • bluesign® standard—standar ini memberlakukan sejumlah kriteria pada seluruh input dalam rantai produksi. Standar ini bertujuan untuk mendukung komitmen berbagai pihak dalam rantai produksi tekstil untuk mengurangi jejak aktivitas industri ini pada ekologi. Di samping menggalakkan praktik ramah lingkungan pada industri tekstil, komponen utama standar ini adalah tidak mengorbankan fungsi, kualitas, atau desain produk melalui penggunaan "teknologi terbaik yang ada" di seluruh rantai produksi.
  • SMaRT Consensus Sustainable Product Standards—standar ini diterapkan untuk sejumlah industri, termasuk tekstil dan pakaian, dengan mempertimbangkan kriteria lingkungan, sosial, dan ekonomi.
  • Fairtrade—sertifikasi ini menjamin konsumen bahwa pakaian dan tekstil berlogo Fairtrade diproduksi dalam kondisi yang selaras dengan konvensi Organisasi Buruh Internasional (International Labour Organization atau “ILO”) dan United Nations Global Compact (UNGC). Standar Fairtrade meliputi larangan mempekerjakan anak dan kerja paksa dalam proses produksi.
  • Standar produksi bertanggung jawab dipatuhi oleh perusahaan-perusahaan global yang melakukan pengadaan secara lokal. Standar yang diatur secara mandiri ini bertujuan meningkatkan kualitas pekerjaan yang berhubungan dengan ekspor dalam rantai pasok, dan beberapa contoh utamanya meliputi Kode Etik BSCI,[2] Inisiatif Perdagangan Etis,[3] dan Perjanjian Kemitraan Industri Pakaian.[4]
  • Worldwide Responsible Accredited Production (WRAP)—tim nirlaba independen beranggotakan pakar internasional di bidang kepatuhan sosial, yang berfokus pada kegiatan manufaktur yang aman, legal, manusiawi, dan beretika. Aktivitas utamanya adalah sertifikasi independen yang berfokus pada industri pakaian dan alas kaki.[5]
 
Penting untuk dicatat bahwa, sebagaimana semua klaim iklan dan label lainnya, setiap klaim hijau/ramah lingkungan mengenai tekstil tunduk pada UU Persaingan Usaha Kanada, serta UU Label dan Kemasan Konsumen dan UU Pelabelan TekstilUU Persaingan Usaha melarang perusahaan untuk melakukan praktik pemasaran yang menipu atau menyesatkan. Bisnis hanya boleh membuat klaim lingkungan yang dibuktikan dan diverifikasi oleh data akurat dan tepercaya. Data ini harus tersedia untuk lembaga penegak hukum sesuai permintaan. Asosiasi Standar Kanada (Canadian Standards Association atau “CSA”) menerbitkan panduan tentang cara membuat klaim lingkungan yang sesuai dengan UU Persaingan Usaha, serta UU Label dan Kemasan Konsumen dan UU Pelabelan Tekstil. Panduan tersebut, Klaim Lingkungan: Panduan untuk Industri dan Pengiklan, dapat diakses di www.competitionbureau.gc.ca/eic/site/cb-bc.nsf/eng/02701.html.
 

[1] The Business Development Bank of Canada, Lima Tren Pembentuk Masa Depan Bisnis Kanada yang Harus Diperhatikan (Montréal: BDC, n.d.). www.bdc.ca/en/Documents/analysis_research/Infographic_Five_must-watch_trends.pdf (diakses pada 24 Oktober 2016).
[2] Business Social Compliance Initiative, Kode Etik BSCIwww.bsci-intl.org/content/bsci-code-conduct (diakses pada 25 Oktober 2016).
[3] International Trade Centre, Inisiatif Perdagangan Etis—ETI (Jenewa: ITC, 2011). www.intracen.org/WorkArea/DownloadAsset.aspx?id=58613 (diakses pada 15 Desember 2015).
[4] Apparel Industry Partnership, Perjanjian Kemitraan Industri Pakaian (Washington, D.C.: U.S. Department of Labor, 1997). http://training.itcilo.it/actrav_cdrom1/english/global/guide/apparell.htm (diakses pada 25 Oktober 2016).
[5] Worldwide Responsible Accredited Production, Tentang WRAPwww.wrapcompliance.org/en/about-wrap (diakses pada 25 Oktober 2016).