Standar Sukarela Hasil Hutan Kanada   

Sejumlah standar sukarela yang diterima secara global berlaku pada berbagai hasil hutan. Standar tersebut merupakan upaya untuk memberikan jaminan kepada konsumen bahwa praktik ramah lingkungan dan/atau bertanggung jawab sosial dilaksanakan dalam berbagai tahapan produksi. Beberapa jenis sertifikasi sukarela untuk hasil hutan saat ini menjadi semakin lazim (misalnya, melalui penampilan logo sertifikasi pada produk), yang membantu konsumen Kanada mengidentifikasi apakah produk yang sedang dipertimbangkan untuk pembelian mereka diproduksi sesuai standar lingkungan dan sosial yang berterima, termasuk peka gender. Sebuah studi yang dilaksanakan The Business Development Bank of Canada (BDC) mengungkapkan bahwa 60% warga Kanada menganggap mereka adalah konsumen beretika dan 75% dari konsumen yang disurvei menyatakan mereka bersedia membayar harga premium untuk produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan yang mempunyai tanggung jawab sosial (BDC, 2013). Contoh-contoh standar sukarela yang lazim ditemukan untuk hasil hutan antara lain:

  • Forest Stewardship Council (FSC) – FSC adalah skema sertifikasi hutan terkemuka di dunia yang mempromosikan praktik pengelolaan hutan yang bermanfaat bagi lingkungan dan sosial. Hasil hutan, seperti kayu dan kertas, yang memiliki sertifikasi ini menerangkan bahwa hasil hutan tersebut bersumber dari "hutan yang dikelola secara bertanggung jawab" dan memenuhi standar lingkungan dan sosial ketat yang ditetapkan FSC. FSC memiliki dokumen pedoman untuk mempromosikan kesetaraan gender dalam standar kehutanan internasional.
  • Sustainable Forestry Initiative (SFI) – Terdapat tiga standar keberlanjutan yang dipromosikan SFI, yaitu terkait manajemen kehutanan, pengadaan serat, dan lacak balak (chain-of-custody). Sertifikasi SFI juga menunjukkan bahwa kegiatan yang dilakukan di hutan bersertifikat SFI menegakkan hak-hak pekerja laki-laki dan perempuan sejalan dengan konvensi inti Organisasi Buruh Internasional (ILO).
  • Program for the Endorsement of Forest Certification (PEFC) – Sertifikasi ini berlaku di seluruh rantai pasok hutan dan menjamin bahwa standar ekologi, sosial, dan etis memperoleh perhatian tertinggi dalam praktik pengelolaan hutan untuk kelestarian dan produksi hasil hutan kayu maupun bukan kayu. Sejumlah negara, seperti Inggris, Jepang, dan Jerman telah menerapkan skema sertifikasi ini sebagai standar dalam kebijakan pengadaan kayu publik maupun swasta.