Persyaratan Mutu Produk Perikanan Malaysia   

Persyaratan mutu produk perikanan diatur dalam Food Act malaysia, sebagai contoh pelabelan untuk produk perikanan diatur dengan: STANDARDS AND PARTICULAR LABELLING REQUIREMENTS FOR FOOD
Selain itu, ada beberapa standar yang diterapkan pada produk perikanan, antara lain:
  • MS 1265 Part 5 Code of Good Irradiation Practice-Part 5: Dried fish and dried salted fish for insects disinfections
  • MS 1265 Part 7 Code of Good Irradiation Practice-Part 7: Fish, shrimps and frog legs for the control of microflora
Kemanan produk perikanan sebagai makanan diberlakukan:
  • Keamanan Pangan:Keamanan pangan diatur oleh Food Act (1983, sebagaimana telah diubah) dan oleh Food Regulations (1985, sebagaimana telah diubah), yang berlaku untuk produk ikan. Undang-undang dan peraturannya terutama berkaitan dengan prosedur pelabelan, aditif, residu, pengemasan dan pengambilan contoh. Ketentuan khusus dibuat dalam peraturan, mengenai standar kesehatan, bahan tambahan dan residu yang diizinkan, dan persyaratan pelabelan untuk ikan dan produk ikan.
  • Kualitas dan keamanan produk makanan dijamin oleh Veterinary Health Mark Logo (VHM), yang dikeluarkan oleh Program Pemeriksaan dan Akreditasi Veteriner Departemen Pelayanan Veteriner (DVS), Kementerian Pertanian.
  • Aplikasi harus mencakup informasi mengenai Quality Assurance Program (QAP) dan HACCP (Hazard Analysis Critical Control Points) Rencana perusahaan penghasil. Program sertifikasi ini terutama ditujukan untuk pabrik pengolahan hasil ternak, namun juga terbuka untuk pabrik pengolahan ikan. Karena persyaratan sertifikasi veteriner yang ditetapkan oleh negara pengimpor, partisipasi dalam program ini adalah de facto, sebuah kewajiban.
Regulasi yang diterapkan:

Pemberitahuan Kondisi Impor untuk Ikan Hidup ke Malaysia

Pergerakan ikan hidup secara umum diakui sebagai penyebab utama penyakit dan transfer patogen dari satu daerah ke daerah lainnya. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa perdagangan ikan hidup internasional berkontribusi terhadap penyebaran penyakit ke banyak negara selama bertahun-tahun. Kegiatan impor ikan hias ke Malaysia juga mengenalkan banyak patogen baru seperti Koi Herpes Virus (KHV) dan Spring Viraemia Carp Virus (SVCV).

Sertifikat kesehatan harus ditujukkan pada pintu masuk bersama dengan konsinyasi ikan hidup. Sertifikat kesehatan harus dikeluarkan oleh instansi yang berwenang di negara pengekspor, yang ditandatangani oleh petugas yang berwenang dan berisi informasi sebagai berikut;

  1. Nama dan alamat eksportir
  2. Nama dan alamat tujuan / importir
  3. Nama (nama ilmiah dan nama umum), ukuran dan jumlah ikan hidup.
  4. Asal ikan hidup.
  5. Ikan hidup harus berasal dari negara, zona, pertanian atau pendirian yang diakui secara resmi yang tidak terpengaruh oleh penyakit yang terdaftar di OIE. Ikan hidup telah menjalani program surveilans kesehatan sesuai prosedur seperti yang dijelaskan dalam "Manual Diagnostik untuk Penyakit Hewan Air" dari Office International Des Epizooties (OIE).
  6. Ikan hidup telah diperiksa oleh otoritas yang kompeten dari negara pengekspor dalam waktu 72 jam setelah tanggal ekspor dan tidak menunjukkan tanda klinis penyakit.
  7. Ikan hidup tidak boleh berasal dari sumber yang memiliki angka kematian yang tidak biasa selama enam bulan sebelumnya, yang penyebabnya tidak dapat dikonfirmasi. Ikan tersebut belum dikenai larangan karena kematian yang tidak terselesaikan.
  8. Ikan hidup harus dikarantina setidaknya selama 14 hari di wilayah karantina yang disetujui di negara pengekspor dan tidak menunjukkan tanda klinis penyakit sebelum diekspor.
  9. Negara pengekspor harus memastikan bahwa kiriman ikan berasal dari zona bebas penyakit OIE. Seharusnya tidak ada wabah penyakit untuk jangka waktu dua tahun sebelum ekspor.

Ikan hidup yang diimpor dikenakan karantina pada premis importir terdaftar dalam waktu 7 sampai 21 hari tergantung pada spesiesnya. Importir terdaftar juga harus mematuhi langkah-langkah impor yang diberlakukan oleh Departemen Perikanan.

Beberapa Standar Produk Perikanan.

MS 1265 Part 5

Code of Good Irradiation Practice-Part 5: Dried fish and dried salted fish for insects disinfections

MS 1265 Part 7

Code of Good Irradiation Practice-Part 7: Fish, shrimps and frog legs for the control of microflora

MS 1352:1994

Specification For Dry-Salted Fin Fish

MS 808:1983

Specification For Fresh Fish