Persyaratan Mutu Mebel Kayu - Kanada   

Ada tiga instansi pemerintahan pada tingkat pusat (federal) yang terlibat dalam pengembangan dan penegakan peraturan mengenai impor, distribusi, dan penjualan produk konsumen seperti mebel kayu di Kanada.

Instansi-instansi tersebut adalah (i) Badan Layanan Perbatasan Kanada (Canadian Border Services Agency atau "CBSA”), (ii) Dinas Kesehatan Kanada (Health Canada), dan (iii) Badan Lingkungan dan Perubahan Iklim Kanada (Environment and Climate Change Canada atau “ECCC”).
  • CBSA adalah instansi federal yang bertugas menginspeksi barang-barang impor di perbatasan Kanada.
  • Health Canada bertanggung jawab mengembangkan kebijakan, standar, dan peraturan yang berkenaan dengan syarat-syarat keamanan bagi produk konsumen di Kanada. Instansi pemerintah ini juga bertanggung jawab untuk menyediakan informasi kepada masyarakat mengenai penarikan dan peringatan mengenai produk konsumen, termasuk mebel.
  • ECCC merupakan instansi pemerintah federal terkemuka dengan program-program yang berfokus, di antaranya, pada “meminimalkan ancaman polusi bagi warga Kanada dan lingkungannya”. Untuk melaksanakan mandatnya, ECCC menyusun dan menerapkan berbagai keputusan dan peraturan. Salah satu yang berkenaan dengan mebel kayu adalah peraturan mengenai pengurangan emisi formaldehida yang berasal dari produk kayu komposit, yang saat ini sedang dikembangkan. Peraturan tersebut diterapkan untuk mengatasi dampak buruk kesehatan dari formaldehida pasa ruang tertutup dengan cara mengatur emisi formaldehida dari produk-produk kayu komposit yang diproduksi, digunakan, diolah, dijual, ditawarkan untuk dijual, atau diimpor di Kanada.” Lihat informasi ini.
Eksportir Indonesia harus memahami pasar Kanada untuk ekspor mebel  kayu, diantaranya ada beberapa persyaratan yang perlu diketahui, yaitu:
  • Persyaratan wajib atau persyaratan legal yang ditetapkan pemerintah.
  • Persyaratan pembeli yaitu persayaratan yang diminta oleh pembeli di Kanada, persyaratan ini bukan persyaratan wajib tetapi diperlukan untuk dapat bersaing dipasar.
  • Persaratan ceruk pasar, yaitu persyaratan yang diminta pembeli dari kalangan terbatas.