Persyaratan Mutu Kazakhstan   


 
Kazakhstan salah satu negara terbesar dan terkuat secara ekonomi di kawasan Asia Tengah yang didukung oleh produksi minyak. Jumlah penduduk Kazakhstan sekitar 18.500.000 jiwa yang terdiri dari beberapa etnis. Kazakhstan adalah negara anggota Uni Ekonomi Euroasia - Eurasian Economic Union (EAEU), yaitu persatuan ekonomi (economic union) negara-negara yang terletak di Asia tengah dan utara Eropa Timur.
 
 

Negara Tujuan Ekspor:

 

EAEU menerapkan kebijakan bersama di bidang ekonomi makro, transportasi, industri dan pertanian, energi, perdagangan luar negeri dan investasi, bea cukai, regulasi teknis, regulasi persaingan dan antimonopoli.

Dengan jumlah penduduk sekitar 18.5 juta jiwa dan pasar tunggal EAEU dengan penduduk sekitar 183 juta dapat menjadi negara tujuan ekspor produk Indonesia.

Persyaratan Mutu Produk

Mainan Anak            
Parfum dan Kosmetik            
               
               
               

Regulasi Teknis dan Standar

Penerapan regulasi teknis di Kazakhstan didasarkan pada Undang-undang Kazakhstan No. 603-II Tahun 2004 (Law of the Republic of Kazakhstan No. 603-II of 9 November, 2004). Di Kazakhstan standar keselamatan merupakan dokumen normatif, wajib untuk dipertimbangkan, sementara standar mutu (quality standard) secara bertahap akan menjadi sukarela. Fungsi badan pemerintah terbatas pada penanganan masalah pengendalian keselamatan, regulasi teknis memperoleh status hukum dan dimaksudkan untuk memastikan keselamatan dan kesehatan konsumen.

Standar lain yang berkaitan dengan mutu barang menjadi sukarela, dan produsen tidak akan lagi dipaksa untuk mengikuti persyaratan yang menentukan bentuk, atau warna barang seperti regulasi yang berlaku sebelumnya.

Regulasi teknis di Kazakhstan dikelola oleh Committee on Technical Regulation and Metrology atau Komite Regulasi Teknis dan Metrologi, lembaga pemerintah di bawah the Ministry of Investments and Development atau Kementerian Investasi dan Pengembangan.