Persyaratan Mutu Furnitur Kazakhstan   

Umum

Keamanan produk furnitur di Kazakhstan diatur dengan Regulasi Teknis CU TR 025/2012 tentang keamanan furnitur (Safety on Furniture) diterapkan dalam kerangka Serikat Pabean (Customs Union) antara Rusia, Belarus, dan Kazakhstan dengan Surat Keputusan No. 32 tanggal 15 Juni 2012 Komisi Bea Cukai dan mulai berlaku pada 01 Februari 2014.
Dengan berlakunya surat keputusan ini, semua persyaratan furnitur yang diatur dengan Regulasi Teknis CU TR 025/2012 harus dipenuhi sebagai persyaratan untuk akses pasar.
 

Kualifikasi Furnitur

Empat segmen pasar furnitur primer dapat dibedakan berdasarkan kategori produksi dan kelompok konsumen sasarannya. Pangsa pasar masing-masing segmen dapat tercermin dalam bentuk segitiga dengan pangsa terbesar terletak paling bawah.
Furnitur  Moderat
Meskipun perkembangan ekonomi yang cepat di Negara  Kazakhstan, kriteria harga ini untuk pemilihan furnitur tetap menjadi salah satu atribut utama bagi konsumen di segmen pasar  ini.
 
Furnitur Tingkat Menengah
Furnitur tingkat menengah urutan pertama  diwakili oleh Bravo, Eurolux dan sebagian Azimut dan Zhanna. furnitur ini dipasok oleh pabrikan Italia, Jerman, Ceko dan Rumania.
Harga merupakan  kriteria pertama untuk pembeli potensial dari segmen ini selanjutnya desain dan kualitas diambil sebagai kriteria  sekunder dan alhasil nama merek tidak jauh di atas daftar prioritas.
Furnitur Kelas Atas
Mebel/ Furnitur kelas atas diwakili oleh Zhanna Trade House, dan sebagian lagi oleh Azimut toko furnitur. Model furnitur kelas  tinggi sering dipilih dari pameran furnitur yang berlangsung di Eropa (mis. Milan, Frankfurt, dan Barcelona).
 
Furnitur eksklusif
Furnitur eksklusif di Kazakhstan 80% diwakili oleh Sergio Interiors.
Toko furnitur Sergio Interiors adalah distributor terkemuka merek furnitur eksklusif  terkenal di Kazakhstan dan pemimpin dunia dalam penjualan merek Scavalini. Manajemen Sergio secara teratur menghadiri pameran furnitur profil tinggi di seluruh dunia untuk memperbarui koleksi dengan model-model terbaru.

Sumber  : Furniture market in Kazakhstan: http://farsi.tpo.ir/uploads/Furniture%20market%20in%20Kazakhstan.pdf

Persyaratan Mutu.

Di Kazakhstan persyaratan mutu produk ditetapkan oleh Eaurasian Econommic Union. Untuk produk furnitur regulasi teknis  yang diterapkan TR CU 025/2012 - on the safety of furniture and furnishings
Sumber : https://schmidt-export.com/tr-cu-0252012-on-safety-of-furniture
 
Regulasi teknis ini menetapkan persyaratan bagian-bagian (komponen) dan furnitur yang digunakan secara pribadi dan oleh publik, termasuk furnitur yang diproduksi berdasarkan pesanan individu. Menurut regulasi teknis ini, furnitur harus dibuat sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan keamanan furnitur, yaitu:
  • Keamanan mekanik
  • Keamanan bahan kimia
  • Keamanan higienis
  • Keamanan kebakaran
  • Keamanan listrik
Kepatuhan terhadap persyaratan regulasi teknis TR CU 025/2012 merupakan prasyarat untuk keberhasilan akses  produk pada pasar Rusia dan Eurasia.
Daftar rinci produk yang diatur regulasi teknis ini ditunjukkan pada Lampiran No. 1 peraturan ini (Bahasa Rusia).
Regulasi teknis ini berlaku untuk:
  • Furnitur anak-anak
  • Peralatan sekolah
  • Furnitur pembibitan
Persyaratan regulasi teknis ini tidak berlaku untuk produk berikut:
  • Furnitur medis, termasuk meja operasi, tempat tidur rumah sakit dengan peralatan mekanis, kursi untuk kursi operasi gigi, dll.
  • Furnitur yang diperuntukkan untuk digunakan pada transportasi udara, darat dan bawah tanah
  • Furnitur antik
  • Furnitur bekas dan direnovasi
  • Sampel furnitur yang ditujukan untuk pameran dan pemasaran
Regulasi teknis ini, berlaku untuk semua furnitur yang dipasarkan di pasar Eurasia, yaitu diproduksi atau diimpor dari luar negeri. Furnitur desainer yang dibuat secara individual juga termasuk dalam ruang lingkup regulasi teknis ini, sedangkan furnitur bekas tidak.
Sumber : http://www.ccis-expertise.com/en/cu-tr-025-2012-safety-of-furniture
 

EAC Marking

Produk yang telah dikonfirmasi sesuai dengan persyaratan TR CU 025/2012, harus ditandai dengan tanda EAC. Penandaan harus ditempelkan langsung pada produk atau pada dokumen pengiriman

Semua furnitur yang telah lolos menjalani prosedur penilaian kesesuaian sesuai dengan bab 6 CU TR 025/2012, harus memiliki tanda kesesuaian "EAC". Tanda tersebut harus ditempatkan pada tag identifikasi bagian yang tidak dapat dilepas dari produk, oleh karena itu, dilarang menempatkan tanda pada bagian-bagian produk yang dapat diganti.