Persyaratan Ceruk Pasar Produk Kerajinan Tangan Uni Eropa   

Ecol‚Äčabel

Ecolabel tidak hanya memperhatikan sumber daya yang berkelanjutan tetapi memperhatikan juga aspek lain, yaitu cara pengolahan atau cara produksi (misalnya, konsumsi energi dan pengelolaan limbah), pengemasan dan fase penggunaan (dengan penggunaan pengawet). Ada beberapa ecolabel yang diterapkan, tetapi Ecolabel Uni Eropa lebih dikenal untuk pasar Uni Eropa. Anda dapat melihat  panduan langkah-langkah untuk ECO labelling pada website Uni Eropa.
 
Tip:

Fair Trade

Dengan memiliki sertifikat FairTrade pada produk kerajinan tangan Anda merupakan cara terbaik untuk membuktikan kinerja bisnis Anda terkait dengan kondisi sosial pada rantai pasok Anda. Setelah sertifikasi oleh pihak ketiga yang independen, Anda dapat membubuhkan logo FairTrade pada produk Anda. Secara umum, produk dengan sertifikat Fair Trade akan mendapatkan harga premium.
 
Tip:
  • Perusahaan yang memperdagangkan produk Fair Trade harus mengikuti Trade Standard.  Hal ini termasuk membayar pemasok dengan harga minimum dan pembayaran di muka. Lihat standar produk untuk produsen kecil dan untuk pekerja pada  standar Fair Trade untuk organisasi produsen kecil.
  • Untuk informasi lebih lanjut tentang label Fair Trade lihat di Standards Map database .