Persyaratan Ceruk Pasar Peralatan Medis Kanada   

Persyaratan Ceruk Pasar

Pasar ceruk merupakan kelompok konsumen dalam suatu pasar yang memiliki perilaku pembelian dan/atau karakteristik gaya hidup tertentu.[1] Konsumen Kanada saat ini semakin memedulikan pilihan produk yang bertanggung jawab dan berkelanjutan yang ada di pasar. Hal ini memicu timbulnya pasar ceruk di mana konsumen menuntut transparansi mengenai karakteristik keberlanjutan produk, seperti dampak lingkungan dan/atau kinerja sosialnya. Pada umumnya, konsumen menggunakan info negara asal untuk menilai mutu produk, keselamatan, kinerja pengelolaan lingkungan, dan/atau isu ketenagakerjaan terkait. Peralatan medis ramah lingkungan adalah contoh pasar ceruk perawatan kesehatan di Kanada. Produk semacam ini mengacu pada peralatan medis yang memberikan dampak lingkungan yang lebih tidak membahayakan (dibanding yang konvensional) selama siklus hidup mereka, mulai dari produksi/manufaktur, pemakaian, hingga akhir masa pakai. Limbah medis bisa mempunyai dampak lingkungan yang signifikan, terutama limbah berbahaya yang dihasilkan dari cairan tubuh pasien. Selain itu, kecenderungan industri untuk "penggunaan sekali pakai" membuat pengurangan limbah menjadi sebuah tantangan tersendiri, terutama ketika ada ketakutan yang besar akan kontaminasi produk diiringi tingginya biaya sterilisasi dan daur ulang.  
 
Sektor perawatan kesehatan secara umum, termasuk industri perangkat medis, dianggap tertinggal dari industri lain dalam hal penerapan praktik ramah lingkungan. Sebagian berpendapat bahwa persyaratan aturan dan teknis yang ketat (terutama kelas III dan IV) berarti pertimbangan lingkungan sering dikesampingkan. Namun, prakarsa ramah lingkungan di industri perawatan kesehatan kini mulai bermunculan. Canadian Coalition for Green Health Care, misalnya, menerapkan program Kartu Skor Rumah Sakit Hijau (Green Hospital Scorecard atau “GHS”) yang didanai Pemerintah Provinsi Ontario. Program ini melaporan kinerja lingkungan dari organisasi perawatan kesehatan yang berpartisipasi, terutama pada aspek konservasi energi dan air, pengelolaan limbah dan daur ulang, serta pencegahan polusi.[2] Beberapa organisasi perawatan kesehatan utama juga mulai mempertimbangkan untuk menerapkan kebijakan pembelian yang ramah lingkungan. Ini termasuk meminimalkan pengadaan peralatan medis yang mengandung bahan berbahaya (mis. merkuri, ftalat, dioksin), memaksimalkan penghematan energi dan air, serta mengelola dan meminimalkan limbah dengan lebih baik.
 
Banyak peserta GHS juga menggunakan perangkat online Energy Star Portfolio Manager (dikelola oleh Natural Resources Canada atau “NR Can”) yang mengukur tingkat pemakaian energi dan air, termasuk emisi gas rumah kaca.[3] Fasilitas perawatan kesehatan pun mulai melakukan pengadaan produk perawatan kesehatan yang hemat energi. Contohnya adalah peralatan pencitraan medis yang ramah lingkungan dan hemat energi. Salah satu indikator produk hemat energi yang digunakan banyak konsumen adalah label Energy Star®. Karena label Energy Star® belum berlaku pada "peralatan pencitraan medis dengan tingkat pemakaian energi tinggi yang digunakan di rumah sakit di kawasan Amerika Utara," dilakukan sebuah kajian untuk menilai prospek penetapan "kategori baru peralatan pencitraan medis yang bersertifikasi Energy Star®".[4] Upaya ini dipimpin oleh US Environmental Protection Agency (EPA) dengan bantuan NR Can.[5] Sebagai bagian dari upaya ini, NR Can menugaskan Canadian Coalition for Green Health Care untuk mengumpulkan data energi dari enam tipe peralatan pencitraan medis yang berpotensi mengantongi sertifikasi Energy Star®, yaitu aparatus CT, sinar-X, MRI, peralatan mamografi, pencitraan nuklir, dan pencitraan ultrasound.[6] Meskipun peralatan medis ramah lingkungan di pasar Kanada mungkin belum tersedia secara luas bila dibandingkan dengan perangkat serupa bersertifikasi standar sukarela lain seperti ISO, pemerintah Kanada tetap berminat dan berupaya mempromosikan peralatan medis ramah lingkungan di pasar dalam negeri maupun di kawasan Amerika Utara.
 
 
 
[1] Thilmany, D. (2008). What are niche markets? Colorado State University. https://www.colorado.gov/pacific/sites/default/files/Niche%20Markets_1.pdf
[2] Canadian Coalition for Green Health Care, “Green Hospital Scorecard,” terakhir diubah 21 Oktober 2016, http://greenhealthcare.ca/ghs/ (diakses pada 4 September 2017).
[3] Natural Resources Canada, “Energy Star Portfolio Manager Access Page,” terakhir diubah 31 Maret 2017, http://www.nrcan.gc.ca/energy/efficiency/buildings/energy-benchmarking/3693 (diakses pada 4 September 2017).
[4] Canadian Coalition for Green Health Care, “Medical Imaging Equipment Energy,” terakhir diubah 2 November 2016, http://greenhealthcare.ca/imaging/ (diakses pada 24 Agustus 2017).
[5] Ibid.
[6] Ibid.