Persyaratan Mutu Tekstil & Produk Tekstil Malaysia   

Pembatasan Impor Tekstil & Produk Tekstil

Malaysia memiliki persyaratan lisensi impor non-otomatis untuk Kain Sarung batik dan  semua bentuk rompi, termasuk rompi anti peluru atau pakaian khusus, atau bagian dari pakaian/busana yang memiliki penampilan atau warna yang digunakan pakaian seragam. Impor barang tersebut dilarang tanpa izin yang ditandatangani oleh pihak yang berwenang.
Khusus untuk kain dengan cetakan ayat Quran atau duplikat dari setiap ayat Quran benar-benar dilarang untuk beredar di pasar Malaysia.
 

Standar - Malaysia

The Department of Standards Malaysia - DSM bertanggung jawab atas semua kebijakan terkait dengan standarisasi dan tanggung jawab operasional sementara hal teknis diserahkan ke SIRIM Berhad, satu-satunya badan pengembangan standar nasional. SIRIM QAS International, anak perusahaan SIRIM Berhad, adalah lembaga sertifikasi, inspeksi dan pengujian terkemuka di Malaysia, dan memberikan tanda untuk berbagai sertifikasi.

Beberapa standar yang diberlakukan untuk tekstil dan produk tekstil, diantaranya:

1

MS 692:2007 (M)

BATIK MALAYSIA (KRAFTANGAN) – SPESIFIKASI (ULANGKAJI PERTAMA)

2

MS 692:2007 (E)

HANDCRAFTED MALAYSIAN BATIK – SPECIFICATION (FIRST REVISION)

Standard ini menentukan definisi, keperluan bahan, spesifikasi, teknik, proses-proses, cara pengujian dan [eabelan tekstil - Batik Malaysia.

3

MS 1747-1:2009

Textiles - Malaysian Woven Fabric - PART 1: Malaysian Songket (FIRST REVISION)

Standar ini menentukan definisi, persyaratan bahan, teknik, proses, metode uji dan pelabelan tekstil yang didefinisikan sebagai Batik Malaysia.

4

MS 1747-2:2014

Tekstil - Tenunan Malaysia - Bahagian 2: Tenun Ikat Iban

Standar ini menetapkan persyaratan bahan baku, proses, struktur, corak, kriteria mutu, cara penyimpanan, penandaan dan pelabelan serta cara pengujian Tenun Ikat Iban.

5

MS 1747-3:2013

Textiles - Malaysian woven fabric - Part 3: Tenun Pahang

Standar ini menetapkan persyaratan bahan baku yang akan digunakan, definisi istilah yang berkaitan dengan Tenun Pahang dan proses tenunnya, tata letak desain dasar, metode perawatan, kriteria kualitas, penandaan dan pelabelan.