Persyaratan Wajib Perhiasan Uni Eropa   

Persyaratan legal yang berlaku untuk perhiasan tergantung pada bahan yang dikandungnya. Perhiasan adalah sektor yang luas dan Anda harus memeriksa legislasi mana yang disebutkan di bawah yang berlaku untuk kasus spesifik Anda. 

 

Keamanan produk umum 

General Product Safety Directive menyatakan bahwa semua produk yang dipasarkan di Uni Eropa harus aman digunakan dan direktif ini juga merancang kerangka kerja pembuatan semua legislasi untuk produk dan isu tertentu. Jika tidak ada persyaratan legal tertentu yang dibuat untuk produk Anda dan penggunaannya, General Product Safety Directive masih berlaku. Jika tidak ada persyaratan tertentu yang sesuai dengan Anda, General Product Safety Directive berlaku dengan tambahan yang mencakup semua aspek keamanan yang mungkin belum dideskripsikan secara spesifik.
 
Tip:
  • Pelajari persyaratan legal spesifik yang terdaftar, tetapi gunakan akal sehat Anda untuk menjamin produk Anda tidak pecah, mudah terbakar atau menyebabkan bahaya lain dari pengunaan normalnya.Walau tidak digarisbawahi dalam legislasi khusus, hal ini tercantum dalam General Product Safety Directive. Baca lebih lanjut tentang General Product Safety Directive in the EU Export Helpdesk.
  • Untuk mendapatkan ide, baca RAPEX database untuk mengetahui semua produk Uni Eropa yang dilaporkan ditolak dan ditarik di bea cukai dari pasar. Untuk informasi lebih lanjut tentang legislasi, lihat laman Uni Eropa yang relevan.
 

Bahan Kimia

Bahan-bahan yang digunakan dalam kosmetik adalah bahan-bahan kimia dan oleh karena itu terikat pada peraturan tentang masuknya produk tersebut dalam pasar bahan-bahan kimia. 
Selain dari pengecualian tertentu (misalnya zat-zat yang muncul secara alami), bahan-bahan yang diimpor dari Eropa dalam jumlah yang melebihi satu ton per satu perusahaan harus didaftarkan kepada European Chemicals Agency di bawah Peraturan REACH (Registration Evaluation and Authorisation of Chemicals).
Secara umum, pembeli dari Uni Eropalah yang bertanggung jawab untuk mematuhi persyaratan pendaftaran dan bahan-bahan yang umum mungkin harus didaftarkan. Tetapi, bila produk Anda tidak terdaftar, dan produk ini harus sesuai dengan REACH, prosedur pendaftaran yang (ekstensif dan mahal) harus dimulai. Perlu dicatat bahwa perusahaan manufaktur yang tidak berasal dari Eropa tidak dapat melakukan pendaftaran, kecuali mereka menunjukkan seorang ‘perwakilan tunggal’ di Uni Eropa untuk melakukan hal ini. Beberapa pembeli bersedia untuk membentuk aliansi dengan eksportir Indonesia yang kecil yang mencari bantuan masuk untuk bahan baru, bila aliansi ini menawarkan peluang untuk menjadi yang pertama yang memasarkan. 
Untuk perhiasan, ada batasan tertentu mengenai timbal, kadmium dan nikel: 
  • Bagian dan aksesories yang mengandung logam yang bersentuhan langsung dan lama dengan kulit tidak boleh mengeluarkan lebih dari 0,5 μg/cm2 nikel per minggu.
  • Bagian yang mengandung logam di perhiasan, perhiasan imitasi, aksesories rambut atau barang yang digunakan untuk membuat perhiasan tidak boleh mengandung lebih dari 0,01% (100 mg/kg) kadmium.
  • Konsentrasi timbal yang sama atau lebih tinggi dari 500 mg/kg dari berat tidak diperbolehkan di barang perhiasan apapun.
Zat pewarna azo: Jika anda memberikan pewarna pada perhiasan Anda, pastikan Anda tidak menggunakan bahan pewarna azo yang mengeluarkan satu dari 22 asam amino aromatik yang dilarang. Peraturan Uni Eropa melarang asam amino aromatik, bukan bahan pewarna azo yang mengeluarkan zat tersebut. Ini berarti kebanyakan bahan pewarna azo dapat diterima secara hukum. Terlebih lagi, produsen zat pewarna ternama hanya memproduksi pewarna legal. Namun, penolakan di bea cukai dan penarikan dari pasar menunjukkan bahwa bahan pewarna azo masih menjadi isu bermasalah di pasar Uni Eropa.
 
Klasifikasi, pelabelan dan pengemasan (Classification, Labelling and Packaging /CLP)
Untuk menjamin bahaya yang ditimbulkan oleh bahan kimia dikomunikasikan dengan jelas kepada pekerja dan konsumen, Uni Eropa mengadopsi Globally Harmonised System (GHS) dari PBB yang menetapkan klasifikasi dari bahan kimia sesuai dengan sifat bahayanya dan mendefinisikan piktogram dan peringatan lainnya yang harus ada pada label. 
Informasi tentang karakteristik bahaya yang mungkin dari zat-zat kimia harus disediakan pada lembaran data keselamatan material atau Material Safety Data Sheets.

Informasi tentang karakteristik bahaya yang mungkin dari zat-zat kimia harus disediakan pada lembaran data keselamatan material atau Material Safety Data Sheets.

Tip:

  • Periksa status pendaftaran dari produk Anda, terutama jika ekspor produk Anda melebihi 1 ton per impor per tahun.
  • Periksa Peraturan REACH Annexes IV dan V untuk rincian pengecualian dari pendaftaran.
  • Periksa laman European Chemicals Agency.
  • Baca lebih lanjut tentang REACH dan CLP di EU Export Helpdesk.
  • Laman ECHA memiliki basis data klasifikasi dan pelabelan. Basis data ini merupakan alat yang berguna untuk menentukan simbol dan frasa peringatan mana yang berlaku untuk zat-zat yang Anda tangani. Anda dapat mencari zat-zat (misalnya, pada nama, EINECS atau nomor CAS) dan cari tahu simbol dan frasa peringatannya.
CITES - produk dari tanaman and hewan liar
Jika Anda memproduksi produk yang (sebagian) terbuat dari tanaman liar atau binatang, Anda harus memastikan bahwa tanaman dan binatang ini tersebut tidak termasuk dalam Convention on International Trade in Endangered Species (CITES). Uni Eropa telah mengimplementasikan persyaratan pada Regulation 338/97 dan membuat daftar spesies (termasuk produknya) yang dibatasi dan prosedur khusus bila perlu.
 
Tip:
  • Jika Anda tidak yakin apakah produk Anda masuk di dalam CITES atau tidak, maka Anda harus mencari tahu. Pelajari peraturan CITES di EU Export Helpdesk dan lihatlah tautan yang ada untuk hal yang relevan bagi Anda. EU Export Helpdesk juga menyediakan informasi tentang prosedur yang berlaku bagi kategori lain di CITES.
 

Pengemasan

Persyaratan untuk pengemasan produk yang dikirim ke Uni Eropa bertujuan untuk mencegah produksi limbah kemasan, mempromosikan penggunaan kembali kemasan (pendaurulangan menjadi bentuk lain atau perbaikan limbah kemasan) dan untuk mengurangi pembuangan akhir dari limbah seperti ini. Persyaratan ini utamanya berkaitan dengan tingkat konsentrasi maksimum dari logam berat dan pelabelan (penandaan dan identifikasi dari material yang digunakan). 
Pembeli dari Uni Eropa mungkin meminta persyaratan lain tentang pengurangan kemasan seperti bahan yang dapat terurai secara alami (biodegradable).
 
Kemasan kayu
Untuk mencegah masuknya dan menyebarnya hama, Uni Eropa menetapkan persyaratan untuk (produk yang dibungkus oleh atau ditahan oleh) bahan kemasan kayu atau Wood Packaging Material /WPM). Persyaratan yang paling penting terkait dengan metode yang disetujui dalam perawatan dan penandaan kayu. Semua persyaratan Uni Eropa untuk WPM didasarkan pada standar ISPM 15 internasional. 
WPM harus melalui: 
  • Perlakuan Panas atau Heat Treatment (HT) yang mencapai temperatur inti kayu minimum yaitu 56°C selama minimum 30 menit. Kiln-drying, proses pemanasan bertekanan (chemical pressure impregnation) atau perlakuan lainnya dapat dipertimbangkan sebagai pengganti HT, selama mereka memenuhi spesifikasi HT. 
  • Fumigasi dengan Methyl Bromide (MB) yang berselaras dengan ISPM 15. Temperatur minimum tidak boleh lebih kurang dari 10°C dan pendedahan harus 24 jam. 

Semua WPM yang masuk Uni Eropa harus mempunyai tanda yang mengindikasikan bahwa WPM telah dirawat sesuai dengan metode yang disetujui.

Tip:
  • Periksa Direktif pengemasan kayu untuk rincian.
  • Periksa laman International Plant Protection Convention (IPPC) untuk rincian lebih jauh tentang perlakuan dan penandaan di bawah standar ISPM 15.