Persyaratan Wajib Tekstil & Produk Tekstil Kanada   

Persyaratan Hukum untuk Impor Tekstil & Produk Tekstil ke Kanada
Persyaratan
UU/Peraturan/Pedoman
Keterangan
Pelabelan tekstil dan periklanan §  Baik Undang-Undang (UU) maupun peraturan ditujukan untuk: (i) melindungi konsumen dari pernyataan keliru dalam label dan iklan produk serat tekstil dan (ii) memberdayakan konsumen untuk memilih tekstil berdasarkan kandungan serat. Pedagang tekstil bertanggung jawab untuk memastikan keakuratan semua informasi terkait label dan iklan.
§  Ada tiga larangan yang diberlakukan pada pedagang tekstil,[1] sebagaimana ditentukan dalam UU Pelabelan Tekstil, yaitu: (1) menjual, mengimpor ke Kanada, atau mengiklankan tekstil konsumen tertentu yang tidak diberi label kandungan serat dan identitas pedagang sesuai UU dan peraturan ; (2) membuat pernyataan, dalam iklan, yang tidak sesuai peraturan; dan (3) membuat pernyataan palsu atau menyesatkan mengenai produk serat tekstil melalui pelabelan, iklan, atau modus informasi lain kepada konsumen.
Sifat mudah terbakar tekstil Peraturan tentang Sifat Mudah Terbakar Tekstil §  Peraturan ini berlaku untuk produk tekstil yang diproduksi, diimpor ke, diiklankan, atau dijual di Kanada. Persyaratan yang ditetapkan dalam peraturan ini menambah ketentuan yang diatur dalam UU Keselamatan Produk Konsumen Kanada (CCPSA).
§  Untuk rincian tentang ketentuan mudah terbakar menyangkut produk tekstil dan metode pengujian yang digunakan, silakan merujuk peraturan ini.
Keselamatan produk konsumen
  • CCPSA berlaku untuk produk tekstil yang diproduksi, diimpor ke, diiklankan, atau dijual di Kanada.
  • Ada lima ketentuan utama dari CCPSA, yaitu: (1) larangan umum: barang konsumen yang menimbulkan risiko kesehatan atau keselamatan bagi warga Kanada dilarang diproduksi, diimpor ke, dijual, atau diiklankan di Kanada; (2) informasi tentang keselamatan produk: produsen atau importir dapat diwajibkan untuk memberikan atau memperoleh informasi keselamatan yang menunjukkan bahwa produknya memenuhi persyaratan CCPSA; (3) kemasan dan pelabelan: informasi palsu, menyesatkan, atau menipu di kemasan, label, atau iklan produk konsumen dilarang oleh CCPSA; (4) pelaporan insiden: industri dan pemasok produk diwajibkan untuk melaporkan pada Health Canada, setiap insiden keselamatan produk konsumen atau cacat yang dapat menyebabkan kematian atau dampak kesehatan yang merugikan; dan (5) menyiapkan dan memelihara dokumen: seperti dipersyaratkan CCPSA, dokumen tertentu harus disusun dan dipelihara agar produk yang tidak aman dapat ditelusuri kembali ke sumbernya. Kewajiban ini bersandar pada pihak yang memproduksi, mengimpor, mengiklankan, menjual, atau menguji produk konsumen untuk tujuan komersial.
  • HPA melarang dan mengatur "iklan, impor, dan penjualan produk konsumen berbahaya atau berpotensi bahaya." Aturan ini memuat persyaratan tentang keselamatan pakaian tidur anak-anak, termasuk sifat mudah terbakar (lihat Peraturan Pakaian Tidur Anak-Anak).
Pelabelan produk konsumen nonpangan Untuk mengetahui persyaratan kemasan dan label produk Anda, lihat tautan yang telah disediakan. Persyaratan ini diberlakukan pada produk konsumen nonpangan yang dijual di Kanada.
Sumber: Health Canada; Competition Bureau Canada.
 

[1] Sebagaimana diatur dalam UU Pelabelan Tekstil, pedagang mengacu pada "orang yang merupakan produsen, pengolah, penyempurna, atau peritel produk serat tekstil, atau orang yang bergerak dalam bisnis impor atau penjualan produk serat tekstil."