Persyaratan Wajib Kanada - Perhiasan   

Terdapat sejumlah instansi pemerintah federal di Kanada yang mengatur dan melaksanakan kebijakan dan peraturan terkait impor perhiasan komersial ke Kanada. Instansi tersebut antara lain Natural Resources Canada (NRCan), CBSA, dan Health Canada. Setiap instansi memiliki mandatnya masing-masing seperti dijelaskan di bawah ini:
  • NRCan bertanggung jawab untuk, antara lain, menyusun kebijakan dan program yang meningkatkan kontribusi sektor sumber daya alam pada perekonomian dan kualitas hidup bagi semua warga Kanada.[1] Tanggung jawab NRCan yang berhubungan dengan impor perhiasan ke Kanada adalah menetapkan UU dan Peraturan tentang Ekspor dan Impor Intan Kasar;[2]
  • CBSA melaksanakan hukum dan peraturan bea cukai serta bertanggung jawab mengatur tata kelola perbatasan terkait orang dan barang yang masuk ke Kanada. [3] Sehubungan dengan ekspor dan impor perhiasan, CBSA membantu NRCan mengimplementasikan UU dan Peraturan tentang Ekspor dan Impor Intan Kasar.[4] CBSA juga memberikan informasi mengenai proses impor barang komersial ke Kanada kepada importir di negara itu. Informasi yang diberikan adalah untuk melengkapi persyaratan yang ditetapkan undang-undang (UU), peraturan, dan kerangka acuan yang ada mengenai impor yang diawasi oleh instansi pemerintah terkait di Kanada. Panduan langkah demi langkah mengenai impor barang niaga ke Kanada[5] dapat diakses di situs web CBSA; dan
  • Health Canada, antara lain, bertugas mengatur pemakaian barang konsumen secara aman oleh semua warga Kanada. Instansi ini melaksanakan UU Keselamatan Produk Konsumen Kanada (CCPSA)[6] yang berlaku untuk beragam produk konsumen, termasuk perhiasan. 
Pemerintah Kanada telah menetapkan sejumlah persyaratan hukum untuk impor perhiasan ke negara itu. Berikut adalah beberapa persyaratan hukum tertentu di Kanada yang harus dipenuhi produsen dan eksportir di Indonesia bila ingin mengekspor perhiasan ke Kanada:
Persyaratan Nama dan Tautan ke UU/Peraturan/Pedoman Keterangan
Penandaan logam mulia UU Penandaan Logam Mulia
Peraturan Penandaan Logam Mulia
  • UU dan Peraturan ini ditetapkan dengan dua tujuan, yaitu: (1) “memastikan bahwa informasi yang diberikan kepada konsumen tentang kualitas barang dari logam mulia[7] tidak menyesatkan atau menipu” dan (2) “memberikan gambaran dan penandaan kualitas yang seragam untuk barang-barang dari logam mulia, termasuk perhiasan, aneka alat saji seperti piring dan mangkuk, jam tangan, bingkai kacamata, sendok garpu, dll. di pasar Kanada sehingga membantu konsumen dalam mengambil keputusan membeli”.[8]
  • Menurut Peraturan ini, logam mulia dengan cap pemerintah negara lain sesuai hukum yang berlaku di negara tersebut tidak memerlukan merek dagang dan mungkin memiliki penanda mutu yang tertera sesuai dengan Peraturan.
  • UU Penandaan Logam Mulia juga menetapkan standar untuk kadar logam mulia dan kemurnian yang berlaku di Kanada.[9]
Impor intan kasar UU Ekspor dan Impor Intan Kasar
Peraturan Ekspor dan Impor Intan Kasar
  • UU dan Peraturan ini berada di bawah lingkup NRCan, dan dilaksanakan dengan bantuan CBSA dan Royal Canadian Mounted Police (RCMP) dalam hubungannya dengan aspek penegakan aturan Skema Sertifikasi Proses Kimberley di kawasan perbatasan.[10] Sebagaimana diatur dalam UU ini, intan kasar merujuk pada "intan yang tidak disortir, tidak dikerjakan atau dipotong secara sederhana, dibelah atau dipecah, dan yang berada di bawah subpos 7102.10, 7102.21 or 7102.31”.[11]
  • UU ini ditetapkan sebagai hasil komitmen Kanada dengan sejumlah negara, termasuk Indonesia,[12] yang menjadi peserta Skema Sertifikasi Proses Kimberley [13]. Sebagaimana dipersyaratkan skema sertifikasi ini, negara-negara yang merupakan peserta Proses Kimberley hanya diperbolehkan untuk memperdagangkan intan kasar di kalangan mereka sendiri.[14]
  • Intan kasar harus diimpor ke Kanada dalam "wadah yang memenuhi persyaratan Peraturan dan disertai Sertifikat Kimberley Process yang dikeluarkan oleh peserta;[15] belum digugurkan peserta; dan berisi informasi akurat”.[16] Selanjutnya terkait hal ini, persyaratan untuk mengeluarkan sertifikat, yang wajib untuk melengkapi intan kasar yang diimpor ke Kanada, harus dipenuhi pihak berwenang pelaksana Proses Kimberley yang mengekspor.[17] Sebagaimana ditentukan dalam Peraturan, wadah yang digunakan untuk ekspor atau impor intan kasar “harus dibuat sehingga wadahnya bila disegel tidak bisa dibuka tanpa menunjukkan bukti bahwa segelnya telah dibuka”.[18]
Keselamatan produk konsumen CCPSA
  • CCPSA berlaku untuk produk perhiasan anak yang dibuat, diimpor, diiklankan, atau dijual di Kanada. Persyaratan spesifik untuk perhiasan anak dijabarkan dalam Peraturan tentang Perhiasan Anak.
  • Ada lima ketentuan utama dari CCPSA, yaitu:[19] (1) larangan umum: barang konsumen yang menimbulkan risiko kesehatan atau keselamatan bagi warga Kanada dilarang diproduksi, diimpor, dijual, atau diiklankan di Kanada; (2) informasi tentang keselamatan produk: produsen atau importir dapat diwajibkan untuk memberikan atau memperoleh informasi keselamatan yang menunjukkan bahwa produknya memenuhi persyaratan CCPSA; (3) kemasan dan pelabelan: informasi palsu, menyesatkan, atau menipu di kemasan, label, atau iklan produk konsumen dilarang oleh CCPSA; (4) pelaporan insiden: industri dan pemasok produk diwajibkan untuk melaporkan pada Health Canada, setiap insiden keselamatan produk konsumen atau cacat yang dapat menyebabkan kematian atau dampak kesehatan yang merugikan; dan (5) menyiapkan dan memelihara dokumen: sebagaimana dipersyaratkan CCPSA, penyiapan dan pemeliharaan dokumen tertentu harus dilakukan agar produk yang tidak aman dapat ditelusuri kembali ke sumbernya. Kewajiban ini berlaku bagi pihak yang memproduksi, mengimpor, mengiklankan, menjual, atau menguji produk konsumen untuk tujuan komersial
Perhiasan anak Peraturan Perhiasan Anak
  • Peraturan ini mendefinisikan perhiasan anak-anak sebagai “perhiasan yang diproduksi, diberi ukuran, dihias, dikemas, diiklankan atau dijual dengan cara yang terutama menarik untuk anak di bawah usia 15 tahun, tetapi tidak termasuk lencana penghargaan, medali prestasi, atau benda serupa lain yang biasa dikenakan hanya pada kesempatan tertentu”.[20]
  • Ditetapkan menurut CCPSA, Peraturan ini mengharuskan agar perhiasan anak “tidak mengandung lebih dari 600 miligram (mg) timbal per 1 kilogram (kg), yang mana 90 mg/kg di antaranya dapat berupa timbal yang bisa berpindah”.[21]
Pelabelan produk konsumen nonpangan UU Label dan Kemasan Konsumen
Peraturan Label dan Kemasan Konsumen
Untuk mengetahui persyaratan kemasan dan label produk perhiasan, lihat tautan yang telah disediakan. Persyaratan ini diberlakukan pada produk konsumen nonpangan yang dijual di Kanada.

Sumber: Canada Border Services Agency; Competition Bureau; Health Canada; Justice Laws; dan Natural Resources Canada.

 
[1] Natural Resources Canada, Tentang Kami, http://www.nrcan.gc.ca/department (diakses pada 28 November 2016).
[2] Justice Laws Website, UU Ekspor dan Impor Intan Kasar, http://laws-lois.justice.gc.ca/eng/acts/E-18.5/page-1.html (diakses pada 28 November 2016).
[3] Canada Border Services Agency, Tentang Canada Border Services Agency, http://www.cbsa-asfc.gc.ca/agency-agence/menu-eng.html (diakses pada 4 Oktober 2016).
[4] Canada Border Services Agency, Proses Kimberley—Ekspor dan Impor Intan Kasar, http://www.cbsa-asfc.gc.ca/publications/dm-md/d19/d19-6-4-eng.html (diakses pada 28 November 2016).
[5] Canada Border Services Agency, Panduan Langkah Demi Langkah tentang Impor Barang Niaga ke Kanada, http://www.cbsa-asfc.gc.ca/import/guide-eng.html (diakses pada 4 Oktober 2016).
[6] Health Canada, UU Keselamatan Produk Konsumen Kanada, http://www.hc-sc.gc.ca/cps-spc/legislation/acts-lois/ccpsa-lcspc/index-eng.php (diakses pada 28 November 2016).
[7] Seperti ketentuan UU Penandaan Logam Mulia, logam mulia mengacu pada “emas, paladium, platinum, perak, dan campuran dari salah satu logam tersebut dengan logam lainnya maupun campurannya sebagaimana ditetapkan oleh Peraturan sebagai logam mulia untuk keperluan UU ini”.
[8] Competition Bureau Canada, Pedoman untuk UU dan Peraturan tentang Penandaan Logam Mulia (Gatineau QC: Competition Bureau, 2006). http://www.competitionbureau.gc.ca/eic/site/cb-bc.nsf/vwapj/guide-precious-metals-2006-07-04-e.pdf/$file/guide-precious-metals-2006-07-04-e.pdf (diakses pada 25 November 2016).
[9] Canadian Jewellers Association, Emas: Pengaturan Emas, https://canadianjewellers.com/buying-with-confidence/the-educated-buyer/precious-metals-canada/gold/ (diakses pada 25 November 2016).
[10] Canada Border Services Agency, Proses Kimberley—Ekspor dan Impor Intan Kasar, http://www.cbsa-asfc.gc.ca/publications/dm-md/d19/d19-6-4-eng.html (diakses pada 28 November 2016).
[11] Canada Border Services Agency, Proses Kimberley—Ekspor dan Impor Intan Kasar, http://www.cbsa-asfc.gc.ca/publications/dm-md/d19/d19-6-4-eng.html (diakses pada 28 November 2016).
[12] Natural Resources Canada, Para Peserta Proses Kimberley, https://www.nrcan.gc.ca/mining-materials/kimberley-process/8230 (diakses pada 28 November 2016).
[13] Proses Kimberley merupakan inisiatif global yang bertujuan menghentikan aliran 'berlian konflik', yaitu intan kasar yang digunakan untuk mendanai konflik bersenjata, secara global (Natural Resources Canada, 2016).
[14] Natural Resources Canada, Proses Impor Intan Kasar, http://www.nrcan.gc.ca/mining-materials/kimberley-process/8226 (diakses pada 28 November 2016).
[15] Sebagaimana didefinisikan dalam UU Ekspor dan Impor Intan Kasar, ‘peserta’ mengacu pada “negara, organisasi negara di tingkat internasional atau wilayah bagian dari suatu negara, atau wilayah pabean, yang disebutkan dalam daftar terkait” (Justice Laws Website).
[16] Justice Laws Website, UU Ekspor dan Impor Intan Kasar, http://laws-lois.justice.gc.ca/eng/acts/E-18.5/page-1.html (diakses pada 28 November 2016).
[17] Natural Resources Canada, Proses Impor Intan Kasar, http://www.nrcan.gc.ca/mining-materials/kimberley-process/8226 (diakses pada 28 November 2016).
[18] Justice Laws Website, UU Ekspor dan Impor Intan Kasar, http://laws-lois.justice.gc.ca/eng/regulations/SOR-2003-15/FullText.html#h-4 (diakses pada 28 November 2016).
[19] Health Canada, UU Keselamatan Produk Konsumen Kanada, http://www.hc-sc.gc.ca/cps-spc/legislation/acts-lois/ccpsa-lcspc/index-eng.php (diakses pada 28 November 2016).
[20] Justice Laws Website, Peraturan Perhiasan Anak, http://laws-lois.justice.gc.ca/eng/regulations/SOR-2016-168/page-1.html (diakses pada 28 November 2016).
[21] Ibid.