Persyaratan Wajib Kanada - Otomotif   

Persyaratan wajib yang harus dipenuhi.

Pemerintah Kanada telah menetapkan persyaratan legal untuk impor kendaraan bermotor dan suku cadang kendaraan ke negara tersebut. Di bawah ini adalah sebagian persyaratan hukum khusus yang harus dipenuhi oleh produsen kendaraan bermotor atau suku cadang dan eksportirnya di Indonesia jika ingin mengekspor produk mereka ke Kanada:
Ketentuan Nama dan Tautan kUU/Peraturan/Pedoman Keterangan
Impor kendaraan bermotor ke Kanada UU Keselamatan Kendaraan Bermotor
Peraturan Keselamatan Kendaraan Bermotor
 
§  UU Keselamatan Kendaraan Bermotor mengatur pembuatan dan impor "kendaraan bermotor dan peralatan kendaraan bermotor untuk mengurangi risiko kematian, cedera, dan kerusakan pada properti dan lingkungan.”[1] UU ini tidak mengatur suku cadang kendaraan secara terpisah, kecuali ban kendaraan bermotor, car seat, dan booster seat.
§  Pada prinsipnya, semua jenis kendaraan yang diatur harus menaati UU Keselamatan Kendaraan Bermotor agar dapat diimpor ke Kanada. Kendaraan yang diatur harus memenuhi tiga persyaratan berikut ini:
(i)      Memperoleh sertifikasi produsen bahwa kendaraan itu memenuhi Standar Keselamatan Kendaraan Bermotor Kanada pada saat perakitan utama. Kendaraan yang dibeli di AS harus disertifikasi oleh produsen yang menerangkan bahwa kendaraan itu bisa dimodifikasi agar sesuai dengan Standar Keselamatan di Kanada. Ini berlaku untuk semua jenis kendaraan yang diatur, yang "dirancang untuk dikemudikan atau ditarik di jalan umum dan yang dirancang untuk penggunaan di luar jalan raya", misalnya kendaraan segala medan (ATV), sepeda motor off-road, dan mobil salju;[2]
(ii)     Menjaga sertifikasi asli keluaran pabrik (yaitu, tidak melakukan modifikasi selain perawatan rutin atau perbaikan umum); dan
(iii)    Tidak ada kasus penarikan kembali yang sifatnya luar biasa.
§  Harap diperhatikan bahwa kendaraan tertentu dikecualikan dari kewajiban untuk mematuhi UU Keselamatan Kendaraan Bermotor saat diimpor ke Kanada. Pengecualian tersebut berlaku untuk:
(i)      Kendaraan yang dibuat lebih dari 15 tahun lalu, ATAU bus yang dibuat sebelum 1 Januari 1971 yang bebas dari kewajiban mematuhi UU Keselamatan Kendaraan Bermotor saat diimpor ke Kanada. Namun demikian, kendaraan semacam itu tetap wajib mematuhi persyaratan masuk ke Kanada yang ditetapkan CBSA; dan
(ii)    Kendaraan yang tidak diatur yang dibebaskan karena karakteristik desainnya ATAU karena masuk ke Kanada untuk sementara.
§  Informasi mengenai dokumen impor dan persyaratan impor lainnya dirinci dalam UU Keselamatan Kendaraan Bermotor.
Keselamatan sistem keamanan penumpang dan booster seatpada kendaraan bermotor Peraturan Keselamatan Sistem Keamanan Penumpang dan Booster Seat pada Kendaraan Bermotor §  Peraturan ini merinci persyaratan keselamatan untuk penggunaan semua sistem keamanan penumpang (termasuk untuk penyandang cacat) dan booster seat pada kendaraan bermotor di Kanada. Persyaratannya meliputi, (i) penerapan tanda keselamatan nasional pada sistem keamanan penumpang dan booster seat; (ii) penggunaan bahan interior yang memenuhi persyaratan sifat mudah terbakar; (iii) penggunaan bahan khusus untuk menutupi permukaan sistem keamanan penumpang anak-anak; dan (iv) penempelan label permanen yang memuat sekumpulan informasi khusus pada sistem keamanan penumpang anak-anak.
§  Tanda keselamatan nasional — Setiap sistem keamanan penumpang dan booster seat yang diimpor ke Kanada harus diberi tanda keselamatan nasional (lihat tandanya di tautan ini). Tanda harus berdiameter minimal 50 mm dan melekat secara permanen pada sistem keamanan penumpang.
§  Sifat mudah terbakar dari bahan interior — Bahan yang digunakan pada setiap sistem keamanan penumpang anak harus sesuai dengan Standar Teknis Dokumen (TSD) No. 302 tentang Sifat Mudah Terbakar Bahan Interior.
§  Bahan yang menutupi permukaan sistem keamanan penumpang — permukaan yang terpapar bagian kepala anak harus ditutup dengan "bahan penyerap energi yang tidak langsung kembali ke bentuk semula, yang memiliki tahanan 4-70 kPa dengan persentase tahanan kompresi-defleksi 25%.
§  Informasi yang ditempelkan pada sistem keamanan penumpan— label yang mencantumkan informasi tentang produsen, nama dan nomor model, dan tanggal pembuatan sistem keamanan penumpang; rekomendasi pabrik untuk tinggi dan berat badan anak; dan peringatan terkait penggunaan sistem keamanan penumpang. Informasi ini harus dalam bahasa resmi Kanada, yaitu bahasa Inggris dan Perancis.
§  Selain memenuhi persyaratan keselamatan, perusahaan harus memelihara catatan tertulis yang menunjukkan bahwa sistem keamanan penumpang atau booster seat yang diimpor ke Kanada memenuhi semua standar yang berlaku. Catatan harus disimpan minimal lima tahun sejak tanggal pembuatan atau impor. Silakan lihat Peraturan untuk rincian dokumen impor lainnya.
Keselamatan ban kendaraan bermotor Peraturan Keselamatan Ban Kendaraan Bermotor §  Peraturan Keselamatan Ban Kendaraan Bermotor menentukan berbagai persyaratan termasuk mengenai impor ban, registrasi, informasi produsen, dan catatan kepatuhan pada semua standar yang ditentukan.
§  Untuk impor ban kendaraan bermotor secara umum, perusahaan pengimpor diwajibkan untuk: (i) membuat pernyataan yang menyebutkan nama produsen ban dan rincian kontak, (ii) memberikan pernyataan dari produsen ban bahwa produk tersebut memenuhi "standar yang ditentukan untuk kelas tersebut" pada saat diproduksi, (iii) memberikan informasi tentang nama merek, penetapan ukuran, serta jenis dan jumlah ban, dan (iv) tanggal impor.
Persyaratan regulasi emisi untuk impor kendaraan dan mesin ke Kanada UU Perlindungan Lingkungan Kanada
 
 
 
 
 
§  Tujuan UU ini adalah memberikan sumbangsih pada pembangunan berkelanjutan, yang bertujuan mencegah pencemaran dan menjamin perlindungan lingkungan serta kesehatan manusia. Ada bagian khusus dalam UU ini yang mengatur persyaratan emisi untuk kendaraan, mesin, dan peralatan di Kanada, termasuk yang diimpor ke negara itu. Dalam konteks ini, tujuan utama UU Perlindungan Lingkungan Kanada adalah "mengurangi kontribusi kendaraan dan mesin on-road maupun off-roadterhadap polusi udara di Kanada melalui penyusunan dan penerapan standar kinerja emisi yang diatur untuk kendaraan, mesin, dan peralatan yang diproduksi di dan diimpor ke Kanada.”[3]
§  Menurut UU ini, kendaraan, mesin, atau peralatan yang diimpor ke atau dijual di Kanada harus mencantumkan "tanda emisi nasional", yang menunjukkan bahwa standar emisi yang berlaku telah dipatuhi.
§  Ada empat Peraturan terkait impor kendaraan bermotor dan bagiannya yang ditetapkan berdasarkan UU ini, yaitu: (1) Peraturan Emisi Mesin dan Kendaraan Bermotor On-Road; (2) Peraturan Emisi Mesin Cetus Api Kecil Off-Road; (3) Peraturan Emisi Mesin Nyala Kompresi Off-Roaddan (4) Peraturan Emisi Kendaraan Rekreasi Off-Road dan Mesin Cetus Api untuk Kendaraan Laut.  
Persyaratan regulasi emisi untuk impor kendaraan dan mesin ke Kanada Peraturan Emisi Mesin dan Kendaraan Bermotor On-Road
 
§  Peraturan ini bertujuan untuk:
(i)    “mengurangi emisi hidrokarbon, karbon monoksida, oksida nitrogen, formaldehida, dan bahan partikulat dari kendaraan dan mesin on-road dengan menetapkan batasan emisi untuk zat tersebut;
(ii)   mengurangi emisi zat beracun 1-3 butadiena, asetaldehida, akrolein, dan benzena melalui penetapan batas emisi untuk hidrokarbon dari kendaraan dan mesin on-road; dan
(iii) menetapkan standar emisi dan prosedur uji untuk kendaraan dan mesin on-road yang sesuai dengan standar EPA[4].”[5]
§  Peraturan ini berlaku untuk kelas kendaraan dan mesin yang ditentukan sebagai berikut: kendaraan ringan, truk ringan kapasitas kecil dan truk ringan kapasitas besar; kendaraan penumpang menengah; kendaraan Kelas 2B dan Kelas 3; kendaraan berat selain kendaraan penumpang menengah, kendaraan Kelas 2B, dan kendaraan Kelas 3; sepeda motor; dan mesin untuk angkutan berat.[6]
§  Kendaraan dan mesin yang diimpor ke Kanada pada tanggal atau setelah 1 Januari 2004 harus mematuhi Peraturan ini.
Persyaratan regulasi emisi untuk impor kendaraan dan mesin ke Kanada Peraturan Emisi Mesin Cetus Api Kecil Off-Road
 
§  Peraturan ini bertujuan untuk:
(i)    “mengurangi emisi hidrokarbon, oksida nitrogen, dan karbon monoksida dari mesin on-road dengan menetapkan batasan emisi untuk zat atau kombinasi zat tersebut;
(ii)   mengurangi emisi zat beracun formaldehida, 1,3 butadiena, asetaldehida, akrolein, dan benzena melalui penetapan batas emisi untuk hidrokarbon dari mesin; dan
(iii) menetapkan standar emisi dan prosedur uji untuk mesin yang sesuai dengan standar EPA.”[7]
§  Mesin yang diimpor ke Kanada pada tanggal atau setelah 1 Januari 2005 harus mematuhi Peraturan ini.
§  Peraturan ini berlaku untuk mesin off-road yang "beroperasi menurut karakteristik yang sangat mirip dengan teori siklus pembakaran Otto; menggunakan busi atau alat pencetus lainnya; dan menghasilkan daya tidak lebih dari 19kW yang diukur pada poros engkol, atau setara, bila dibekali hanya dengan aksesoris standar (seperti pompa minyak atau pompa pendingin) yang diperlukan untuk pengoperasiannya.”[8]   
Persyaratan regulasi emisi untuk impor kendaraan dan mesin ke Kanada Peraturan Emisi Mesin Nyala Kompresi Off-Road
 
§  Peraturan ini bertujuan untuk:
(i)    “mengurangi emisi hidrokarbon, oksida nitrogen, bahan partikulat, dan karbon monoksida dari mesin dengan menetapkan batasan emisi untuk zat atau kombinasi zat tersebut;
(ii)   mengurangi emisi zat beracun formaldehida, 1,3 butadiena, asetaldehida, akrolein, dan benzena melalui penetapan batas emisi untuk hidrokarbon dari mesin; dan
(iii) menetapkan standar emisi dan prosedur uji untuk mesin yang sesuai dengan standar EPA.”[9]
§  Mesin yang diimpor ke Kanada pada tanggal atau setelah 1 Januari 2006 harus mematuhi Peraturan ini.
§  Peraturan ini berlaku untuk mesin off-road yang “beroperasi sebagai mesin piston pembakaran dalam bolak-balik, selain yang beroperasi sesuai karakteristik yang sangat mirip dengan teori siklus pembakaran Otto dan yang menggunakan busi atau alat pencetus lainnya.”[10]
Persyaratan regulasi emisi untuk impor kendaraan dan mesin ke Kanada Peraturan Emisi Kendaraan Rekreasi Off-Roaddan Mesin Cetus Api untuk Kendaraan Laut §  Peraturan ini bertujuan untuk:
(i)    “mengurangi emisi hidrokarbon, oksida nitrogen, dan karbon monoksida dari mesin, kapal, dan kendaraan dengan menetapkan batasan emisi untuk zat atau kombinasi zat tersebut;
(ii)   mengurangi emisi zat beracun formaldehida, 1-3 butadiena, asetaldehida, akrolein, dan benzena melalui penetapan batas emisi untuk hidrokarbon dari mesin, kapal, dan kendaraan; dan
(iii) menetapkan standar emisi dan prosedur uji untuk mesin, kapal, dan kendaraan yang sesuai dengan standar EPA.”[11]
§  Peraturan ini berlaku untuk kendaraan rekreasi off-road yang mencakup mobil salju, sepeda motor off-road; ATV; dan kendaraan serbaguna.

Sumber: Transport Canada; Justice Canada; ECCC.

 

[1] Justice Laws Website, Motor Vehicle Safety Acthttp://laws-lois.justice.gc.ca/eng/acts/M-10.01/page-1.html#h-1(diakses pada 31 Maret 2017).
[2] Transport Canada, Things to Know before Importing a Vehicle into Canadahttp://www.tc.gc.ca/eng/motorvehiclesafety/safevehicles-importation-faq-before-import-1278.htm (diakses pada 1 Mei 2017).
[3] Environment and Climate Change Canada, 9. Vehicles, Engines and Fuels¸ https://www.ec.gc.ca/lcpe-cepa/default.asp?lang=En&n=E00B5BD8-1&offset=9&toc=show (diakses pada 2 Mei 2017).
[4] The United States Environmental Protection Agency.
[5] Justice Laws, On-Road Vehicle and Engine Emission Regulationshttp://laws-lois.justice.gc.ca/eng/regulations/sor-2003-2/page-2.html#docCont (diakses pada 5 Mei 2017).
[6] Ibid.
[7] Justice Laws, Off-Road Spark-Ignition Engine Emission Regulationshttp://laws-lois.justice.gc.ca/eng/regulations/SOR-2003-355/page-1.html#h-2 (diakses pada 8 Mei 2017).
[8] Ibid.
[9] Justice Laws, Off-Road Compression-Ignition Engine Emission Regulationshttp://laws-lois.justice.gc.ca/eng/regulations/SOR-2005-32/page-1.html#h-2 (diakses pada 8 Mei 2017).
[10] Justice Laws, Off-Road Compression-Ignition Engine Emission Regulationshttp://laws-lois.justice.gc.ca/eng/regulations/SOR-2005-32/page-1.html#h-2 (diakses pada 8 Mei 2017).
[11] Justice Laws, Marine Spark-Ignition Engine and Off-Road Recreational Vehicle Emission Regulationshttp://laws-lois.justice.gc.ca/eng/regulations/SOR-2011-10/page-2.html#h-2 (diakses pada 8 Mei 2017).