Persyaratan Wajib Kanada - Karet   

Terdapat sejumlah instansi pemerintah federal di Kanada yang mengatur dan melaksanakan kebijakan dan peraturan terkait impor komersial produk karet ke Kanada. Instansi tersebut antara lain Transport Canada (TC), CBSA, dan Health Canada. Setiap instansi memiliki mandatnya masing-masing:
  • TC menerapkan undang-undang (UU), peraturan, standar, dan kebijakan untuk mewujudkan keselamatan di jalan dan jalur kereta api, kelautan, serta udara. Sehubungan dengan keamanan produk karet, TC mengatur keamanan ban di Kanada melalui UU Keselamatan Kendaraan Bermotor dan Peraturan Keselamatan Ban Kendaraan Bermotor.
  • CBSA memberlakukan hukum dan peraturan bea cukai serta mengatur tata kelola perbatasan terkait orang dan barang yang masuk ke Kanada. Instansi ini bertanggung jawab melaksanakan kebijakan dan peraturan mengenai impor barang di berbagai pintu masuk ke negara itu. CBSA juga memberikan informasi mengenai proses impor barang komersial ke Kanada kepada importir di negara itu. Informasi yang diberikan adalah untuk melengkapi persyaratan yang ditetapkan undang-undang, peraturan, dan kerangka acuan yang ada mengenai impor yang diawasi oleh instansi pemerintah terkait di Kanada. Panduan langkah demi langkah mengenai impor barang niaga ke Kanada dapat diakses di situs CBSA; dan
  • Health Canada bertugas, antara lain, mengatur barang-barang konsumsi agar dapat digunakan dengan aman oleh semua warga Kanada. Instansi ini mengelola UU Keselamatan Produk Konsumen Kanada (Canada Consumer Product Safety Act atau “CCPSA”),[1] yang berlaku untuk beragam produk konsumen termasuk yang terbuat dari karet.
Pemerintah Kanada telah menetapkan persyaratan legal untuk impor produk karet ke negara tersebut. Di bawah ini terdapat beberapa persyaratan hukum khusus yang perlu diupayakan oleh petani karet atau produsen, pengolah, dan eksportir di Indonesia jika mereka ingin mengekspor produk karet ke Kanada:
Peraturan Nama dan Tautan kUU/Peraturan/Pedoman Keterangan
Keamanan ban kendaraan bermotor UU Keselamatan Kendaraan Bermotor
Peraturan Keselamatan Ban Kendaraan Bermotor
§  UU Keselamatan Kendaraan Bermotor mengatur pembuatan dan impor "kendaraan bermotor dan peralatan kendaraan bermotor untuk mengurangi risiko kematian, cedera, dan kerusakan pada properti dan lingkungan."[2]Salah satu dari empat peraturan keselamatan kendaraan bermotor yang disusun berdasarkan UU tersebut berkaitan dengan produk karet. Peraturan Keselamatan Ban Kendaraan Bermotor menentukan berbagai persyaratan termasuk mengenai impor ban, registrasi, informasi produsen, dan catatan kepatuhan pada semua standar yang ditentukan.
Larangan zat beracun yang digunakan dalam produksi karet Peraturan Larangan Zat Beracun Tertentu Tahun 2012 §  Peraturan tersebut disusun oleh Environment and Climate Change Canada untuk "mencegah potensi risiko bahaya terhadap lingkungan Kanada, dan jika ada, kesehatan manusia dengan melarang pembuatan, penggunaan, penjualan, penawaran untuk penjualan, atau impor 22 zat beracun yang tercantum dalam Lampiran dan produk yang mengandung zat-zat tersebut dengan sejumlah pengecualian terbatas."[3]
§  Ada dua zat yang berkaitan dengan produk karet yang dilarang oleh Peraturan tersebut: benzenamine N-phenyl dan 2,4,4-trimethylpentene (BNST) serta short-chain chlorinated alkanes (SCCAs). Pembuatan, penggunaan, penjualan, penawaran untuk penjualan, dan impor BNST ke Kanada dilarang, kecuali jika digunakan sebagai tambahan pada karet (kecuali ban). Demikian pula, penggunaan, penjualan, dan penawaran penjualan SCCA – yang digunakan sebagai tambahan pada karet, plastik, cat, dan perekat – dilarang oleh Peraturan tersebut.[4]
Keamanan mainan yang terbuat dari karet lentur UU Keamanan Produk Konsumen Kanada (CCPSA)
Peraturan Mainan
 
§  CCPSA berlaku untuk mainan yang diproduksi, diimpor ke, diiklankan, atau dijual di Kanada.
§  Ada lima ketentuan utama dari CCPSA, yaitu:[5] (1) larangan umum: barang konsumen yang menimbulkan risiko kesehatan atau keselamatan bagi warga Kanada dilarang diproduksi, diimpor, dijual, atau diiklankan di Kanada; (2) informasi tentang keselamatan produk: produsen atau importir dapat diwajibkan untuk memberikan atau memperoleh informasi keselamatan yang menunjukkan bahwa produknya memenuhi persyaratan CCPSA; (3) kemasan dan pelabelan: informasi palsu, menyesatkan, atau menipu di kemasan, label, atau iklan produk konsumen dilarang oleh CCPSA; (4) pelaporan insiden: industri dan pemasok produk diwajibkan untuk melaporkan pada Health Canada, setiap insiden keselamatan atau cacat produk konsumen yang dapat menyebabkan kematian atau dampak kesehatan yang merugikan; dan (5) menyiapkan dan memelihara dokumen: seperti dipersyaratkan CCPSA, dokumen tertentu harus disusun dan dipelihara agar produk yang tidak aman dapat ditelusuri kembali ke sumbernya. Kewajiban ini berlaku bagi pihak yang memproduksi, mengimpor, mengiklankan, menjual, atau menguji produk konsumen untuk tujuan komersial.
§  Peraturan Mainan adalah lampiran peraturan CCPSA yang mengatur mainan lembut dan jenis mainan yang dijahit dari kain atau tekstil dan diisi dengan jerami, kacang, kapas, serat sintetis, atau bahan sejenis (plush), termasuk yang terbuat dari karet lunak. Peraturan ini mengharuskan mainan dengan "permukaan atau bagian, atau yang mengandung zat, yang dapat menjadi panas karena penggunaan mainan yang diduga cukup wajar" memenuhi semua persyaratan berlaku untuk panas dan pelabelan yang ditentukan dalam Canadian Standards Association, yaitu Standar C22.2 No.149-1972 Mainan yang Dioperasikan Secara Elektrik.

Sumber: Transport Canada; Health Canada.


[1] Health Canada, Undang-Undang Keselamatan Produk Konsumen Kanadahttp://www.hc-sc.gc.ca/cps-spc/legislation/acts-lois/ccpsa-lcspc/index-eng.php (diakses pada 28 November 2016).
[2] Justice Laws Website, Undang-Undang Keselamatan Kendaraan Bermotorhttp://laws-lois.justice.gc.ca/eng/acts/M-10.01/page-1.html#h-1 (diakses pada 31 Maret 2017).
[3] Environment Canada, Lembar Fakta untuk Peraturan Larangan Zat Beracun Tertentu, 2012http://ec.gc.ca/Publications/B612C938-3990-4C5B-B275-B9C20E47902C/238_Prohibition-of-certain-toxic-subs-regs_web_E_03.pdf (diakses pada 31 Maret 2017).
[4] Ibid.
[5] Health Canada, Undang-Undang Keselamatan Produk Konsumen Kanadahttp://www.hc-sc.gc.ca/cps-spc/legislation/acts-lois/ccpsa-lcspc/index-eng.php (diakses pada 28 November)