Persyaratan Wajib Kanada - Alas Kaki   

Terdapat sejumlah instansi pemerintah federal yang mengatur dan melaksanakan kebijakan dan peraturan terkait impor komersial produk alas kaki ke Kanada. Instansi tersebut antara lain CBSA, Kementerian Kesehatan Kanada (Health Canada), dan Badan Pengawas Persaingan Usaha Kanada (Competition Bureau Canada). Setiap instansi memiliki mandatnya masing-masing:
 
  • CBSA memberlakukan hukum dan peraturan bea cukai serta mengatur tata kelola perbatasan terkait orang dan barang yang masuk ke Kanada. Instansi ini juga memberikan informasi mengenai proses impor barang komersial ke Kanada kepada importir di negara itu. Informasi yang diberikan adalah untuk melengkapi persyaratan yang ditetapkan undang-undang (UU), peraturan, dan kerangka acuan yang ada mengenai impor yang diawasi oleh instansi pemerintah terkait di Kanada. Panduan langkah demi langkah mengenai impor barang niaga ke Kanada dapat diakses di situs CBSA.
  • Health Canada mengatur produk makanan, kesehatan, dan konsumen untuk menjaga agar warga Kanada tetap selamat. Untuk produk konsumen seperti alas kaki, Health Canada menetapkan UU dan peraturan tentang keselamatan produk konsumen yang dijual di Kanada.
  • Competition Bureau Canada adalah lembaga federal yang merupakan bagian dari Inovasi, Ilmu Pengetahuan, dan Pembangunan Ekonomi Kanada (Innovation, Science and Economic Development Canada). Biro ini bertanggung jawab atas pelaksanaan dan penegakan UU dan Peraturan Kemasan Konsumen dan Pelabelan untuk produk non-pangan.
Pemerintah Kanada telah menetapkan sejumlah persyaratan hukum mengenai impor dan penjualan alas kaki di negara itu. Berikut adalah sebagian persyaratan hukum khusus yang harus dipenuhi oleh produsen alas kaki di Indonesia yang hendak mengekspor produk mereka ke Kanada.
 
Tipe Peraturan Nama dan Tautan ke UU/Peraturan/Pedoman Keterangan
Keselamatan Produk Konsumen UU Keselamatan Produk Konsumen Kanada (CCPSA)
UU Produk Berbahaya
§  Terdapat lima ketentuan utama CCPSA, yaitu: (1) Larangan umum: barang konsumen yang menimbulkan risiko kesehatan atau keselamatan bagi warga Kanada dilarang untuk diproduksi, diimpor, dijual, atau diiklankan di Kanada; (2) Informasi tentang keselamatan produk: produsen atau importir dapat diwajibkan untuk menyediakan atau memperoleh informasi keselamatan, yang menunjukkan bahwa produk bersangkutan telah memenuhi persyaratan CCPSA; (3) Kemasan dan pelabelan: CCPSA melarang adanya informasi palsu, menyesatkan, atau menipu pada kemasan, label, atau iklan produk konsumen; (4) Pelaporan insiden: industri dan pemasok produk diwajibkan melapor ke Health Canada tentang setiap insiden keselamatan pada produk konsumen atau cacat produk yang dapat menyebabkan kematian atau dampak kesehatan yang merugikan; dan (5) Kelengkapan dan pemeliharaan dokumen: sebagaimana dipersyaratkan CCPSA, dokumen tertentu harus dilengkapi dan dipelihara agar produk yang tidak aman dapat ditelusuri kembali ke sumbernya. Kewajiban ini berlaku bagi produsen, importir, pengiklan, penjual, atau penguji produk konsumen untuk tujuan komersial.
§  UU Produk Berbahaya ini berlaku untuk alas kaki yang mengandung bahan tekstil.
Pelabelan Produk Konsumen Non-Pangan UU Label dan Kemasan Konsumen
Peraturan Label dan Kemasan Konsumen
Untuk mengetahui persyaratan kemasan dan pelabelan bagi produk Anda, lihat tautan yang telah disediakan. Persyaratan ini diberlakukan pada produk konsumen non-pangan yang dijual di Kanada.
Sumber: Health Canada; Competition Bureau Canada.