Persyaratan Pembeli Umum Uni Eropa - Hasil Hutan   

Pengelolaan Hutan Lestari

Kayu yang diproduksi secara berkelanjutan menjadi perhatian lebih dibandingkan dengan fokus pada persoalan keabsahan dan mengarahkan lebih banyak elemen pengelolaan terkait dengan ekologi, ekonomi, sosial dan kualitas penanaman dan penebangan. Pengelolaan hutan lestari secara khusus relevan dengan kayu tropis terkait dengan terjadinya deforestasi dan pemanasan global.
Ada dua sertifikasi utama: FSC dan PEFC. Saat ini skema FSC lebih banyak dipergunakan untuk sertifikasi hutan kayu tropis. Pangsa pasar kayu dan produk kayu yang berasal dari hutan lestari tinggi pada pasar untuk bukan kayu tropis, khususnya di pasar wilayah utara dan barat Uni Eropa. Pangsa pasar lebih rendah pada pasar kayu tropis dan produk pada pasar ini mempunyai harga premium karena adanya komponen biaya untuk menutupi biaya sertifikasi.
Di Indonesia, The Indonesian Forestry Certification Cooperation (IFCC) sudah disetujui sebagai anggota Badan Nasional anggota PEFC. IFCC menerapkan pengesahan PEFC. IFCC saat ini memfasilitasi proses multi stakeholder pada tingkat nasional untuk mengembangkan standar nasional pengelolaan hutan, dan IFCC mempunyai komitmen untuk mendapatkan pengakuan internasional melalui proses pengesahan di PEFC.
Saat ini belum ada hutan di Indonesia yang disertifikasi PEFC. Karena saat ini tidak memungkinkan untuk mendapat sertifikasi pengelolaan hutan PEFC sampai tersedianya standar nasional yang disahkan dan adanya skema sertifikasi.
 
Tip:
  • Untuk memahami apa yang dimaksud dengan pengelolaan hutan lestari dapat merujuk pada prinsip dan kriteria panduan FSC dan PEFC.
  • Harap diketahui sebagai pemasok kayu yang sudah disertifikasi pengelolaan hutan lestari, Anda masih harus mendapatkan sertifikat Chain-of Custody (CoC). Untuk alasan yang sama, hanya pembeli tertentu yang sudah memiliki sertifikat Chain-of Custody. Pembeli yang tidak memiliki sertifikat Chain-of Custody tidak diijinkan untuk menjual kayu dengan sertifikasi pengelolaan hutan lestari.
  • Cari tahu apa yang diperlukan untuk sertifikasi Chain-of Custody. Website Global Forest & Trade Network (GFTN) menyediakan Panduan Praktis tentang Sertifikasi CoC untuk sertifikasi Chain-of Custody.
  • Untuk mendapatkan pembeli Eropa dan pembeli lokal (importir, pengolah dan retailers) dan pemasok kayu dan produk kayu bersertifikat lihat di FSC Global Marketplace dan PEFC database.
  • Lihat Standards Map database untuk informasi lebih lanjut tentang FSC and PEFC.
 

Standar teknis

Terdapat banyak jenis produk kayu dan dipergunakan untuk berbagai keperluan yang berbeda, oleh karena itu dapat diterapkan standar untuk produk kayu yang berbeda. Kunjungi website ISO dan CEN/CENELEC dan cari standar ISO atau Uni Eropa yang diterapkan pada produk Anda: