Standar Sukarela Alas Kaki Kanada   

Salah satu cara lazim untuk meningkatkan daya saing produk di pasar Kanada adalah produsen alas kaki menerapkan standar sukarela yang diakui secara internasional. Hal tersebut memberikan jaminan pihak ketiga yang menyatakan bahwa produk dibuat melalui praktik-praktik yang diterima secara sosial dan/atau lingkungan. Namun, sertifikasi sukarela umumnya jarang ditemui dalam industri alas kaki karena sertifikasi semacam itu belum banyak dicari konsumen saat memutuskan untuk membeli alas kaki. Meskipun demikian, jika diadopsi oleh produsen/eksportir alas kaki Indonesia, hal ini dapat menguntungkan mereka dan importir Kanada karena produknya dapat menjadi lebih kompetitif pada segmen pasar tertentu di Kanada.
 
Di Kanada terdapat sejumlah kalangan pembeli yang berkepentingan untuk memastikan bahwa langkah-langkah sukarela tambahan diterapkan secara konsisten oleh produsen alas kaki Indonesia. Sertifikasi sukarela yang diakui internasional umumnya ditetapkan oleh kelompok LSM dan/atau sektor swasta. Hal ini meliputi logo TÜV SÜD Footwear dan Ecosecure Product:
  • TÜV SÜD Footwear ‒ Logo atau label sertifikasi ini menunjukkan bahwa produk alas kaki yang mencantumkannya telah melalui pengujian dan inspeksi pabrik yang tuntas untuk melindunginya dari bahan kimia berbahaya, dan juga memenuhi standar kepatuhan sosial, seperti misalnya audit Business Social Compliance Initiative (BSCI), audit Ethical Trading Initiative (ETI), dan audit SA8000 Social Accountability Management System.
  • Ecosecure Product ‒ Sertifikasi ini menandakan bahwa produk alas kaki yang memilikinya tidak mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan reaksi alergi kulit atau masalah kesehatan lain pada manusia. Sertifikasi ini juga memberikan jaminan bahwa produk yang bersangkutan ramah lingkungan, karena proses sertifikasi ini menggalakkan jaminan kualitas yang ketat pada bahan yang masuk dan bahan kimia yang digunakan dalam proses produksi.
Kanada juga memiliki sertifikasi sukarela untuk alas kaki, khususnya sepatu safety, yang dikeluarkan oleh Canadian Standards Association (CSA) Group. Logo CSA memberikan jaminan bahwa sepatu safety tersebut memenuhi standar yang berlaku di Kanada dan AS serta persyaratan kinerja dalam melindungi konsumen dari risiko bahaya yang ditimbulkan gergaji mesin, sengatan listrik, hantaran listrik, benturan ke tulang metatarsal, tusukan ke dalam sol, listrik statis, dan benturan ke ujung kaki.[1]
 
Selain langkah-langkah sukarela tersebut di atas, Organisasi Standardisasi Internasional (ISO) telah menyusun standar yang dapat diberlakukan pada industri alas kaki. Standar ini mencakup:
  • ISO 9001: 2015 – Skema sertifikasi ini berfokus pada persyaratan umum sistem manajemen mutu yang diterapkan oleh setiap organisasi yang perlu menunjukkan kemampuannya untuk secara konsisten menghasilkan barang dan/atau jasa yang memenuhi kebutuhan pelanggan dan persyaratan UU serta peraturan yang berlaku.
  • ISO 14001: 2015 – Standar ini menetapkan persyaratan bagi setiap organisasi yang berusaha untuk secara sistematis mengelola tanggung jawabnya terhadap lingkungan hidup.