Persyaratan Mutu Produk Makanan Kazakhstan   

Umum

Produk makanan yang beredar di pasar Kazakhstan harus aman untuk dikonsumsi. Keamanan produk makanan dipersyaratkan oleh Komisi Ekonomi Euroasia (Euroasia Economic Commission) melalui ketentuan yang dikeluarkan sebagai regulasi teknis. Di Kazakhstan terdapat beberapa regulasi teknis utama yang mengatur keamanan produk makanan:
  1. TR CU 021/2011. Persyaratan keamanan produk makanan
  2. ТР ТС 027/2012. Keamanan jenis produk makanan khusus, termasuk untuk terapi diet dan nutrisi pencegahan diet
  3. TR CU 029/2012. Persyaratan keamanan aditif, penyedap dan penggunaan teknology pangan.
  4. TR CU 022/2011. Penandaan Makanan (Food Marking)
Regulasi teknis tersebut ditetapkan untuk keseragaman pemberlakuan persyaratan wajib keamanan produk makanan serta proses pembuatan, penyimpanan, pengangkutan, dan distribusi di pasar EAEU, untuk melindungi kehidupan dan kesehatan manusia, lingkungan, serta mencegah konsumen mendapat informasi yang menyesatkan. Selain itu, regulasi teknis ini diberlakukan untuk menjamin kebebasan peredaran produk di kawasan EAEU.
 

TR CU 021/2011 Persyaratan Keamanan Produk Makanan

Secara garis besar regulasi ini mengatur:
  • Produk makanan harus aman selama masa simpan minimum ketika digunakan sesuai petunjuk.
  • Patogen dan racunnya, yang dapat membahayakan kesehatan manusia dan hewan, tidak diizinkan dalam makanan.
  • Penilaian kesesuaian dengan persyaratan Regulasi Teknis TR CU 021/2011 adalah prasyarat untuk impor dan penjualan barang dalam kawasan pabean EAEU.
  • Makanan yang tidak memenuhi persyaratan Regulasi Teknis ini, termasuk makanan dengan yang kadaluarsa, harus ditarik dari pasar secara independen oleh pemilik atau oleh lembaga otoritas pengawas yang berwenang.
 

ТР ТС 027/2012 Keamanan jenis produk makanan khusus, termasuk untuk terapi diet dan nutrisi pencegahan diet.

Secara garis besar regulasi ini mengatur:
  • Keamanan jenis makanan khusus termasuk nutrisi makanan, kuratif dan preventif termasuk persyaratan keamanan wajib untuk makanan khusus dan proses pembuatan, penyimpanan, transportasi dan distribusi di pasar di EAEU.
  • Memastikan penerapan persyaratan yang seragam untuk makanan khusus, serta pergerakan barang secara bebas di wilayah pabean EAEU.
  • Makanan khusus hanya dapat ditempatkan di pasar EAEU jika memenuhi persyaratan regulasi teknis ini serta regulasi teknis EAEU lainnya.

Klik disini untuk informasi lebih rinci.

ТР CU 029/2012. Persyaratan keamanan aditif, penyedap dan penggunaan teknology (alat bantu) pangan.

Secara garis besar regulasi ini mengatur:
  • Keamanan aditif makanan, penambah rasa dan alat bantu proses produksi produk makanan.
  • Memastikan penerapan persyaratan yang seragam untuk bahan tambahan makanan, perasa dan alat bantu pengolahan serta proses produksi, penyimpanan, pembuangan, pengangkutan dan distribusi di EAEU.
  • Aditif makanan, penambah rasa dan alat bantu proses produksi tidak boleh memasuki pasar EAEU sebelum memenuhi persyaratan ini dan regulasi teknis EAEU lainnya,
  • Memastikan pergerakan barang secara bebas di wilayah pabean EAEU.
 

TR CU 022/2011 Tentang Penandaan Makanan (Food Marking)

  • Regulasi Teknis TR CU 022/2011 menentukan persyaratan untuk pelabelan makanan, yaitu tanggal pembuatan, tanggal kedaluwarsa dan nama produk.
  • Menetapkan pesyaratan: pedoman asupan harian rata-rata nutrisi dasar dan mengatur penunjukan nilai energi, protein, lemak dan karbohidrat, yang terkandung dalam produk, untuk mencegah tindakan yang dapat menipu atau meyesatkan konsumen.
  • Penandaan produk makanan yang sesuai dengan regulasi teknis TR СU 022/2011 merupakan prasyarat untuk otorisasi, pemasaran, dan penanganan barang di wilayah EAEU.

Klik disini untuk informasi lebih rinci.