Persyaratan Mutu Peralatan Rumah Tangga Kazakhstan   

Umum

Sertifikat kesesuaian (conformity certification) diterapkan pada semua peralatan rumah tangga (household appliances) antara lain mesin cuci (washing machines),  mesin pencuci piring (dishwashers), pengering (dryers) mesin pendingn (refrigerators), mesin vakum (vacuum cleaners) dan produk elektronik (consumer electronics products), seperti: earphones, TVs, etc.) yang diekpor ke Russia, Belarus, Kazakhstan, Kyrgyzstan and Armenia.
Produk tersebut di atas secara umum harus mematuhi regulai teknis berikut:
  1. TR CU 020/2011 "On electromagnetic compatibility"
  2. TR CU 004/2011 "On the safety of low voltage products"

CU TR 020/2011 On Electromagnetic Compatibility (Kompatibilitas Elektromagnetik).

Persyaratan mutu keamanan alat rumah tangga (Home Appliance) ditetapkan dengan Regulasi Teknis CU TR 020/2011 on The Electromagnetic Compatibility Of Technical Devices
Regulasi Teknis TR CU 020/2011 menetapkan persyaratan minimum untuk kompatibilitas elektromagnetik dari perangkat teknis untuk perlindungan kehidupan, kesehatan, properti dan lingkungan, serta perlindungan konsumen terhadap informasi yang menyesatkan.
Menurut TR CU 020/2011, kompatibilitas elektromagnetik harus dirancang dan dibuat sedemikian rupa sehingga interferensi elektromagnetik tidak mampu mengganggu radio atau perangkat lain. Perangkat itu sendiri tidak boleh rentan terhadap interferensi elektromagnetik.
 
Ruang Lingkup
Peraturan Teknis TR CU 020/2011 mencakup produk – produk  berikut: 
  • peralatan listrik rumah tangga,
  • mesin pengolah data elektronik pribadi, 
  • perangkat yang dapat dihubungkan ke mesin pengolah data elektronik, 
  • alat listrik, 
  • alat musik elektronik
Menurut TR CU 020/2011, tidak ada penilaian kesesuaian yang diperlukan untuk perangkat yang digunakan secara eksklusif sebagai komponen dan tidak dimaksudkan untuk digunakan sendiri yakni :
  1. perangkat pasif elektromagnetik
  2. kabel listrik
  3. peralatan teknis tanpa sakelar otomatis
  4. pemanas listrik rumah tangga tanpa termostat dan kipas angin
  5. baterai dan akumulator listrik tanpa sirkuit elektronik aktif
  6. headphone dan pengeras suara tanpa amplifier
  7. peralatan tegangan tinggi, di mana interferensi elektromagnetik hanya dapat disebabkan oleh isolasi yang rusak, berdasarkan ketentuan bahwa peralatan ini tidak mengandung komponen switching aktif
  8. kapasitor
  9. motor induksi
  10. jam tangan kuarsa
  11. bola lampu
  12. colokan, soket, sekering, sakelar tanpa sirkuit elektronik aktif
  13. antena pasif untuk penerimaan siaran radio dan televisi

TR CU 020/2011 dapat dilihat disini

Persyaratan Pearalatn Listrik Rumah Tangga
Teknologi harus dirancang dan diproduksi sedemikian rupa sehingga ketika diterapkan  memenuhi persyaratan untuk instalasi, operasi (penggunaan), penyimpanan, transportasi dan pemeliharaan sebagai berikut :
  1. interferensi elektromagnetik yang disebabkan oleh perangkat, tidak melebihi tingkat gangguan untuk menjamin operasi komunikasi dan peralatan lainnya, sesuai dengan tujuannya;
  2. Peralatan memiliki tingkat kekebalan terhadap interferensi elektromagnetik (kebisingan), dengan operasinya di lingkungan elektromagnetik. Jenis-jenis interferensi elektromagnetik dari perangkat teknis disediakan dalam Lampiran 2 pada peraturan teknis Serikat Pabean ini.
Persyaratan Pelabelan
  1. Nama dan/atau penunjukan peralatan teknis (tipe, merek, model - jika tersedia), fitur dan karakteristik utamanya, nama dan/atau produk dari produsen, nama negara dimana perangkat teknis diproduksi harus diterapkan untuk perangkat teknis dan tercantum dalam dokumen operasional yang dilampirkan, nama perusahaan  atau penjual;
  2. Nama produsen dan/atau merek dagang, nama, dan identifikasi peralatan teknis (tipe, merek, model - jika ada) juga harus ditandai pada kemasan.
  3. Jika informasi yang tercantum dalam ayat 1 Pasal ini tidak berlaku untuk perangkat teknis, mereka hanya dapat ditentukan dalam lampiran untuk perangkat teknis dari dokumen operasional ini. Dalam hal ini, nama produsen dan/atau merek dagang, nama, dan identifikasi perangkat teknis (tipe, merek, model - jika tersedia) harus ditandai pada kemasan.
  4. Penandaan teknologu harus terbaca, mudah dibaca dan diterapkan pada perangkat teknis untuk keperluan inspeksi tanpa pembongkaran;
  5. Dokumen operasional teknologi harus mencakup:
    • informasi yang tercantum dalam ayat 1 pasal ini,
    • informasi tentang identifikasi perangkat teknis;
    • karakteristik dan parameter;
    • syarat dan ketentuan untuk pemasangan perangkat teknis, terhubung ke sumber listrik dan peralatan lainnya, start-up, manajemen dan commissioning, kinerja persyaratan dan persyaratan ini diperlukan untuk memastikan kepatuhan dengan persyaratan teknis perangkat pada regulasi teknis serikat ini;
    • informasi tentang pembatasan dalam penggunaan perangkat teknis, mengingat tujuannya untuk digunakan di perumahan serta kawasan komersial dan industri;
    • syarat dan ketentuan untuk penggunaan yang aman;
    • syarat dan ketentuan penyimpanan, transportasi, pemasaran dan pembuangan;
    • tentang tindakan yang harus diambil ketika suatu kesalahan terdeteksi;
    • nama dan alamat produsen dan importir;
    • bulan dan tahun pembuatan perangkat teknis.
  6. Dokumen operasional dalam bahasa Rusia dan bahasa resmi negara anggota EAEU dengan persyaratan yang sesuai dengan hukum Negara Anggota.
  7. Dokumen operasional dicetak di atas kertas, dapat juga sebagai dokumen operasional elektronik. Dokumen operasional perangkat teknis selain penggunaan domestik, hanya dapat dibuat dalam bentuk elektronik.
EAC Marking
Produk yang telah dikonfirmasi untuk memenuhi persyaratan TR CU 020/2011 ditandai dengan tanda EAC. Menempatkan produk di pasar tanpa tanda yang sesuai dapat dihukum dengan denda atau penyitaan.
 
Daftar Standar
Standar yang berlaku untuk Regulasi Teknis CU TR 020/2011 "Kompatibilitas elektromagnetik perangkat teknis" dapat dilihat disini (dalam bahasa Rusia).
 

TR CU 004/2011 On the safety of low voltage products (Keamanan Produk Tegangan Rendah)

Menurut regulasi teknis EAEU, semua perangkat rendah voltase (low voltage equipment: tegangan dari 50 sampai 1000 V AC dan  dari 75 sampai 1500 V DC)  memerlukan sertifikat/deklarasi kesesuaian yang ditetapkan pada TR CU 004/2011 "On the safety of low-voltage equipment”, Sertifikat EAC.
Regulasi Teknis TR CU 004/2011 merupakan persyaratan keselamatan minimum untuk peralatan listrik untuk melindungi kehidupan, kesehatan, properti, dan lingkungan serta melindungi konsumen terhadap informasi yang menyesatkan.
Regulasi Teknis ini diadopsi pada 16 Agustus 2011 dan diberlakukan pada 15 February 2015 dan Pada 15 Maret 2015 Regulasi Teknis ini secara definitif menghapuskan standar nasional seperti GOST atau TR Rusia di wilayah Pabean EAEU.
 
Regulasi Teknis TR CU 004/2011 dapat dilihat disini
 
Ruang Lingkup.
Regulasi teknis TR CU 004/2011 diterapkan pada perangkat berikut yang wajib Sertifikasi EAC:
  • Peralatan rumah tangga listrik (household electrical appliances)
  • Mesin pengolah data elektronik pribadi (Personal electronic data processing machines)
  • perangkat yang dapat dihubungkan ke mesin pengolah data elektronik (devices that can be connected to electronic data processing machines)
  • Peralatan listrik (electrical tools)
  • Instrumen musik e;ektronik (electronic musical instruments)
  • Kabel (cables)
  • Saklar dan pengaman otomati (automatic and safety switches)
  • Perangkat distribusi listrik (electrical distribution)
  • Unit kontrol listrik (electrical control units)
Menurut TR CU 004/2011 penilaian kesesuaian tidak diperlukan untuk:
  • Peralatan ATEX (Electric equipment intended to be used in explosive atmospheres)
  • Peralatan medis (Medical equipment)
  • Peralatan listrik lift (Electrical equipment for lifts and cargo hoists)
  • Teknologi militer (Electric equipment for defense purposes)
  • Unit kontrol untuk pagar padang rumput listrik (Pasture fence controlling devices)
  • Peralatan listrik untuk digunakan dalam transportasi udara, air dan darat (Electric equipment intended to be used by air, water, ground and underground transport)
  • Peralatan listrik untuk sistem keselamatan pembangkit listrik tenaga nuklir di reaktor (Electric equipment for reactor safety systems at nuclear power stations)
Penting untuk mempertimbangkan apakah perangkat tunduk pada penilaian kesesuaian menurut TR CU 004/2011, perangkat tersebut mungkin harus tunduk pada regulasi teknis lain, seperti TR EAEU 037/2016 Tentang pembatasan penggunaan perangkat tertentu, bahan berbahaya dalam peralatan listrik dan elektronik, TR CU 010/2011 Tentang keamanan mesin dan peralatan atau TR CU 020/2011 Tentang kompatibilitas elektromagnetik perangkat teknis.
Menurut Regulasi Teknis TR CU 004/2011, perangkat listrik harus dirancang dan diproduksi sedemikian rupa sehingga bila digunakan, pengguna akan terlindungi terhadap hal-hal berikut:
  • tersengat listrik
  • panas
  • api
  • cedera mekanis
Pemasaran
Produk harus mematuhi persyaratan Peraturan Teknis TR CU 004/2011 tentang keamanan peralatan bertegangan rendah agar dapat dipasarkan di wilayah Pabean EAEU.
Perlu diketahui bahwa, meskipun persyaratan regulasi teknis TR CU 004/2011 telah dikoordinasikan dengan persyaratan Petunjuk Tegangan Rendah 2014/35 / EU, persyaratan tersebut tidak identik.
 
Proses Penilaian Kesesuaian.
Penilaian kesesuaian dengan persyaratan Peraturan Teknis TR CU 004/2011 tentang keamanan peralatan bertegangan rendah dilaksanakan melalui (i) EAC Declaration, dan (ii) EAC Certification.
Atas permintaan produsen, deklarasi EAC dapat diganti dengan sertifikasi EAC.
 
EAC Marking
Produk yang telah dikonfirmasi memenuhi persyaratan TR CU 004/2011 ditandai dengan tanda EAC. Menempatkan produk di pasar tanpa tanda yang sesuai dapat dihukum dengan denda atau penyitaan.