Persyaratan Ceruk Pasar Minyak Atsiri Uni Eropa   

Alami

Terjadi peningkatan permintaan akan kosmetik alami, meskipun istilah alami dalam konteks ini tidak didefinisi dengan jelas.  
Bahan-bahan alami seringkali diharapkan memiliki karakteristik berikut: 
  • Berasal dari bahan yang terjadi secara alami dengan dengan sedikit proses. 
  • Tidak menggunakan organisme yang direkayasa secara genetik (Genetically Modified Organisms/GMOs).
  • Tidak menggunakan bahan-bahan yang diradiasi. 
  • Tidak melakukan pengujian terhadap hewan. 
  • Dapat terurai secara biologis (biodegradable).
Kosmetik alami sering dirujuk sebagai kosmetik yang mengandung bahan alami. Contoh standar yang menetapkan pasar kosmetik alami telah mendorong pengembangan standar swasta. Pengenalan standar seperti NaTrue dan Cosmos. Standar ini menyediakan panduan yang jelas atas bahan yang diperbolehkan dan ambang batas minimum untuk kosmetik alami (dan organik). Standar ISO baru untuk kosmetik alami dan organik sedang dalam pengembangan. 
 
Tip:
  • Pembeli tertarik dengan produk yang memiliki ‘kisah’. Cantumkan karakteristik alami produk Anda dalam media pemasaran. Yakinkan bahwa ini adalah kisah yang benar dan jangan membuat klaim apapun tanpa bukti ilmiah. 
 

Organik

Persyaratan untuk kosmetik organik lebih ketat dibandingkan dengan persyaratan untuk kosmetik alami. Produk organik diproduksi dan diolah dengan metode alami yang ditetapkan dalam Legislasi Uni Eropa. Secara teknis, legislasi ini hanya berlaku untuk produk makanan, sedangkan pelabelan organik untuk kosmetik selalu berdasarkan standar pribadi. 
Contoh dari lembaga sertifikasi untuk bahan kosmetik adalah Soil Association di Inngris, Ecocert di Prancis.

Tip:

  • Perlu dicatat bahwa segmen pasar bahan yang bersertifikat organik masih kecil. Ini berarti produk organik dijual sebagai tradisional (jadi tanpa premium).
  • Lihat pada Standards Map database untuk berbagai jenis label organik yang diterapkan.
 

Produksi yang adil

Konsumen Uni Eropa semakin tertarik untuk membeli produk yang diproduksi secara adil. Hal ini dapat terlihat dengan adanya peningkatan permintaan untuk bahan yang bersertifikat, terutama di Inggris. Contoh dari label konsumen adalah FairWildlabel konsumen yang menjamin praktik sosial yang adil untuk bahan yang dikumpulkan dari alam dan Fairtrade.
 
Lebih lanjut, konsumen ingin mendengarkan kisah tentang orang-orang di balik produk mereka. Hal ini membuka peluang untuk menceritakan penggunaan metode produksi yang berkelanjutan secara sosial untuk keperluan pemasaran.

Tip:

  • Baca lebih lanjut tentang FairWild dan Fairtrade dalam Standards Map.
  • Standar Fairtrade untuk bahan herbal memberikan kesempatan bagi produsen untuk menawarkan hampir semua bahan tanaman budidaya untuk disertifikasi. 
  • Tunjukkan kondisi pekerja yang adil dengan kode etik. 
  • Buatlah kisah tentang perusahaan dan produk Anda yang otentik.