Pasar Ceruk Tekstil & Produk Tekstil Kanada   

Pakaian kelas atas dan pakaian yang khusus peruntukannya (specialty apparel)di Kanada, seperti pakaian olahraga, performance apparel, dan pakaian pelindung, adalah pasar ceruk yang penting. Pakaian beretika dan/atau ramah lingkungan yang diproduksi sesuai standar sosial/tenaga kerja dan lingkungan tertentu juga merupakan pasar ceruk. Jumlah konsumen kelas atas Kanada yang berbelanja pakaian kelas atas memang sedikit, namun cukup berpengaruh untuk menjaga agar pasar ceruk ini tetap tumbuh di Kanada.[1] Kelompok konsumen ini mendatangkan puluhan atau ratusan ribu dolar setiap tahunnya ke pasar ceruk, menjadikan pasar tersebut peluang menarik bagi peritel kelas atas.[2] Konsumen Kanada juga tertarik pada produk dengan cerita yang melatarbelakangi—seperti pakaian yang dibuat oleh koperasi perempuan di mana perempuan berperan penting dalam tata kelolanya. Tekstil Indonesia seperti batik tulis, tenun warisan, dan tekstil tenun tangan ramah lingkungan (handwoven eco-textiles atau “HWET”) adalah lahan kerja pengrajin perempuan yang menggunakan pewarna alami dan teknik produksi kelompok kecil dalam berkarya. Produk tersebut menarik bagi pasar ceruk baik karena kisah yang disampaikan maupun kualitasnya.

Hal yang menarik kelompok konsumen Kanada yang satu ini untuk berbelanja pakaian kelas atas adalah faktor personalisasi. Tidak hanya personalisasi barang yang dibeli, tetapi juga pengalaman belanja itu sendiri, seperti layanan pelanggan yang personal dan mengesankan serta pengaturan belanja pribadi.[3] Di sisi lain, kategori pakaian olahraga merupakan pasar ceruk yang tumbuh berkat gaya hidup aktif konsumen Kanada, yang memicu angka penjualan pakaian atletik mencapai C$ 5,4 miliar pada tahun 2012—naik 5% dari tahun sebelumnya.[4] Minat konsumen dalam kegiatan olahraga yang semakin populer, seperti lari, bersepeda, American football, dan sepak bola, merupakan pendorong utama di balik pertumbuhan ini. Pasar ceruk yang berkembang di Kanada untuk pakaian kelas atas dan pakaian khusus membuka banyak kesempatan bagi desainer pakaian dan produsen Indonesia, yang siap bersaing secara global dalam menawarkan pakaian yang dibuat dengan bahan, desain, dan proses berkualitas tinggi kepada konsumen Kanada.
 
[1] Retail Insider, Mengapa Gerai Ritel Mewah Terus Buka di Kanada, 10 Februari 2015. www.retail-insider.com/retail-insider/2015/2/why-luxury (diakses pada 25 Oktober 2016).
[2] Ibid.
[3] Ibid.
[4] The Business Development Bank of Canada, Lima Tren Pembentuk Masa Depan Bisnis Kanada yang Harus Diperhatikan (Montréal: BDC, n.d.). www.bdc.ca/en/Documents/analysis_research/Infographic_Five_must-watch_trends.pdf%20 (diakses pada 24 Oktober 2016).