Pasar Ceruk Rempah-Rempah Kanada   

Pasar Ceruk
Sebuah pasar ceruk merupakan kelompok konsumen dalam pasar yang memiliki perilaku pembelian dan/atau karakteristik gaya hidup tertentu.[1] Konsumen Kanada semakin peduli dengan pilihan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab di pasar. Hal tersebut telah menciptakan pasar ceruk di mana konsumen menuntut transparansi mengenai karakteristik keberlanjutan produk tersebut, seperti asal geografis, dampak lingkungan, dan/atau kinerja sosial. Konsumen kadang-kadang menggunakan informasi negara asal untuk menilai kualitas produk, keamanan, kinerja pengelolaan lingkungan, dan/atau isu-isu ketenagakerjaan. Konsumen etis dapat membeli produk-produk yang mereka yakini sejalan dengan nilai-nilai, persepsi, dan pengetahuan mereka.[2] Konsumen juga tertarik untuk mengetahui kondisi di mana suatu produk dihasilkan, misalnya bahwa tenaga kerja dalam rantai suplai dilindungi oleh hukum nasional dan internasional, bahwa prinsip-prinsip kesetaraan berlaku, dan tenaga kerja melakukan pekerjaannya secara sukarela (tanpa paksaan) dan telah cukup usia (tidak ada pekerja anak).
 
Sistem sertifikasi berkelanjutan pihak ketiga menyediakan sarana pengukuran terverifikasi untuk kinerja lingkungan dan sosial (termasuk kesetaraan gender). Rempah-rempah yang memiliki sertifikat berkelanjutan, ditandai dengan logo konsumen terkemuka, merupakan pasar ceruk yang berkembang meskipun masih baru. Eksportir dan pengolah, berkoordinasi dengan petani swadaya di negara berkembang, biasanya memainkan peran penting dalam proses sertifikasi. Sertifikasi yang paling populer dalam industri rempah-rempah Kanada adalah Organic, Fairtrade, dan Rainforest Alliance. Penting untuk memahami bahwa setiap sertifikasi menekankan isu-isu yang berbeda (lingkungan, sosial, ekonomi) dan melayani ceruk yang berbeda. Karena rempah-rempah yang mempunyai sertifikat berkelanjutan secara bertahap makin memasuki arus utama, konsumen ritel cenderung menjadi lebih sadar tentang apa yang diwakili sertifikasi ini dan akan memiliki lebih banyak pilihan dalam pembelian rempah-rempah mereka.
 
Salah satu cara untuk memasuki pasar ceruk rempah-rempah Kanada adalah dengan menerapkan praktik-praktik pertanian organik dan mendaftar untuk menggunakan logo Canada Organic. Pelabelan organik mengacu pada produk pertanian yang dihasilkan sesuai standar lingkungan yang ketat, misalnya, bebas dari zat sintetis seperti pupuk dan pestisida serta melestarikan keanekaragaman hayati dan sumber daya alam yang dilindungi. Bagi produsen rempah-rempah dan/atau eksportir di Indonesia yang tertarik untuk memasok rempah-rempah organik mereka ke pasar Kanada, produk-produk tersebut harus mengikuti persyaratan di bawah ini untuk diklaim dan dijual sebagai produk organik di Kanada: 
  • disertifikasi oleh lembaga sertifikasi terakreditasi CFIA, dan
  • mencatumkan nama lembaga sertifikasi tersebut pada produk.

Sesuai dengan Peraturan Produk Organik, klaim organik berikut diperbolehkan:

  • "organic": Logo "Canada organic" hanya dapat digunakan pada produk-produk organik dengan kandungan organik yang lebih dari 95%;
  • "% organic ingredients": "% organic ingredients" dapat digunakan pada produk-produk dengan kandungan organik 70-95%, tetapi jenis produk ini tidak diperbolehkan menggunakan logo "Canada organic";  
  • "organic" dalam daftar bahan: produk-produk dengan kandungan organik kurang dari 70% diizinkan untuk menunjukkan produk organik dalam daftar bahannya, tetapi tidak diizinkan untuk menggunakan logo "Canada organic".
Kunjungi tautan di bawah ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang sertifikasi rempah-rempah organik:

[1] Dawn Thilmany, “Apa Itu Pasar Ceruk? Keunggulan Apa yang Ditawarkan?,” dalam Pasar Ceruk: Penilaian dan Pengembangan Strategi untuk Sektor Pertanian, ed. Margaret Cowee (Tucson: Western Extension Marketing Committee, 2008). http://www.valueaddedag.org/nichemarkets/NicheMarketscompletebook6-17-08.pdf