Persyaratan Ceruk Pasar Kanada - Otomotif   

Pasar ceruk merupakan kelompok konsumen dalam suatu pasar yang memiliki perilaku pembelian dan/atau karakteristik gaya hidup tertentu.[1] Konsumen Kanada saat ini semakin memedulikan pilihan produk yang bertanggung jawab dan berkelanjutan yang ada di pasar. Hal ini memicu timbulnya pasar ceruk di mana konsumen menuntut transparansi mengenai karakteristik keberlanjutan produk, seperti dampak lingkungan dan/atau kinerja sosialnya. Konsumen kadang menggunakan info negara asal untuk menilai mutu produk, keselamatannya, kinerja pengelolaan lingkungan, dan/atau isu ketenagakerjaan terkait.
 
Kendaraan ramah lingkungan, atau kendaraan hijau, adalah contoh ceruk pasar Kanada di industri otomotif. Kendaraan hijau mengacu pada kendaraan bermotor yang berkurang dampak negatifnya terhadap lingkungan dibanding kendaraan konvensional bermesin pembakaran dalam dengan bahan bakar diesel atau bahan bakar minyak (BBM). Hal ini bisa didapat dari peningkatan efisiensi bahan bakar dan/atau teknologi lebih canggih yang menghasilkan lebih sedikit emisi berbahaya. Untuk menurunkan emisi, mobil hijau terkadang beroperasi sebagian atau sepenuhnya dengan sumber energi yang berbeda, misalnya listrik, gas alam, etanol, atau hidrogen. Pangsa pasar kendaraan hijau cenderung terus tumbuh berkat meningkatnya kesadaran konsumen terhadap lingkungan, kebijakan energi bersih pemerintah, dan teknologi serta infrastruktur yang lebih baik. Namun, faktor penentu utama penggunaan kendaraan hijau tetap condong ke harga BBM dan turunnya harga mobil jenis ini.
 
Mobil ramah lingkungan atau mobil hijau mencakup kendaraan bahan bakar alternatif (alternative fuel vehicle atau “AFV”). Kendaraan AFV sebagian atau seluruhnya beroperasi menggunakan bahan bakar nabati, gas alam, listrik, atau sel bahan bakar dan hidrogen. Desain dan kinerjanya terutama berpusat pada pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK) sekaligus berusaha mempertahankan fungsi kendaraan konvensional dengan kisaran kelas kendaraan yang sama. Kini ada sebagian kendaraan yang sepenuhnya bertenaga listrik, sehingga tidak menghasilkan emisi langsung. Kendaraan listrik pada dasarnya dikelompokkan dalam tiga kategori utama: kendaraan listrik dengan baterai (BEV), kendaraan hibrida (HEV), dan kendaraan hibrida plug-in (PHEV).[2] Pasar keseluruhan di Kanada untuk AFV masih kecil. Berdasarkan Survei Kendaraan Kanada tahun 2009, dari sekitar 20,5 juta kendaraan dari semua kelas dan semua jenis bahan bakar, kendaraan berbahan bakar selain bensin dan solar masih sedikit, yaitu hanya 53 ribu unit, atau kurang dari 1% dari total jumlah kendaraan.[3] Ada faktor umum yang berkontribusi pada kecilnya pasar Kanada untuk kendaraan jenis AFV saat ini. Hal itu meliputi keterbatasan infrastruktur pengisian bahan bakar atau isi ulang, terobosan teknologi yang lamban, dan bahan bakar alternatif tertentu yang saat ini hanya sesuai untuk rentang kelas kendaraan tertentu karena karakteristik bahan bakar yang digunakannya.[4]Selain itu, harga pembelian awal AFV dianggap lebih tinggi daripada harga kendaraan konvensional dengan kisaran kelas yang sama, yang menghalangi konsumen untuk beralih ke opsi 'lebih hijau'.
 
Namun demikian, sedang dilakukan upaya oleh berbagai tingkat pemerintahan di Kanada dalam menerapkan kebijakan dan mengenalkan insentif yang akan menarik konsumen Kanada untuk mengutamakan pembelian AFV daripada kendaraan konvensional. Ada berbagai contoh upaya di setiap tingkat pemerintahan yang berusaha mengurangi dampak perubahan iklim. Di tingkat federal, pemerintah Kanada telah membuat komitmen untuk mendukung pembangunan infrastruktur pengisian ulang atau pengisian bahan bakar AFV, yaitu yang menggunakan tenaga listrik, gas alam, atau hidrogen.[5] Di tingkat provinsi, pemerintah Ontario mempromosikan penggunaan kendaraan nihil emisi dan PHEV untuk mengurangi emisi moda transportasi sebagai bagian dari strategi perubahan iklim provinsi tersebut.[6] Sementara itu, pemerintah kota Vancouver Utara, melalui sebuah peraturan daerah, mewajibkan agar pom bensin memasang tanda atau label peringatan perubahan iklim yang bertujuan menarik perhatian konsumen terhadap "bahaya yang dapat ditimbulkan bahan bakar fosil pada stabilitas dunia.”[7]Pemasangan label atau tanda peringatan semacam itu merupakan usaha untuk membuat konsumen memikirkan kembali pilihan mereka dalam menggunakan kendaraan yang berbahan bakar padat karbon (misalnya bensin atau diesel) dan akhirnya beralih ke pilihan kendaraan yang 'lebih hijau'. Dengan upaya pemerintah yang terus-menerus dalam mendukung pasar AFV, terbuka peluang untuk melihat pasar ceruk ini tumbuh di Kanada pada tahun-tahun mendatang.  
 

[1]Thilmany, D. (2008). What are niche markets? Colorado State University. https://www.colorado.gov/pacific/sites/default/files/Niche%20Markets_1.pdf
[2] Lynda O’Malley, Electric Vehicle Innovations: A Market Snapshothttps://www.marsdd.com/news-and-insights/electric-vehicle-innovations-a-market-snapshot/ (diakses pada 2 Juni 2017).
[3] Statistics Canada, Canadian Vehicle Survey, Number of Vehicles in Scope, by Type of Vehicle and Type of Fuelhttp://www5.statcan.gc.ca/cansim/a26?lang=eng&retrLang=eng&id=4050059&tabMode=dataTable&srchLan=-1&p1=-1&p2=9 (diakses pada 1 Juni 2017).
[4] Canadian Fuels Association, Is Natural Gas the Next Transportation Fuel? The Pros and Cons.http://www.canadianfuels.ca/Blog/September-2015/Is-natural-gas-the-next-transportation-fuel-The-pros-and-cons/(diakses pada 31 Mei 2017).
Canadian Fuels Association, Plugging into the Future of Electric Vehicleshttp://www.canadianfuels.ca/Blog/September-2015/Plugging-into-the-future-of-electric-vehicles/ (diakses pada 31 Mei 2017).
[5] Natural Resources Canada, Electric Vehicle and Alternative Fuel Infrastructure Deployment Initiativehttps://www.nrcan.gc.ca/energy/alternative-fuels/fuel-facts/ecoenergy/18352 (diakses pada 2 Juni 2017).
[6] Lynda O’Malley, Electric Vehicle Innovations: A Market Snapshothttps://www.marsdd.com/news-and-insights/electric-vehicle-innovations-a-market-snapshot/ (diakses pada 2 Juni 2017).
[7] John Metcalfe, Coming Soon in Canada: Gas Stations with Climate-Change Warningshttps://www.theatlantic.com/technology/archive/2015/11/some-canadian-gas-stations-will-soon-have-climate-change-warnings/416826/?utm_source=SFTwitter (diakses pada 2 Juni 2017).