Persyaratan Ceruk Pasar Kanada - Elektronik   

Pasar ceruk merupakan kelompok konsumen dalam suatu pasar yang memiliki perilaku pembelian dan/atau karakteristik gaya hidup tertentu.[1] Konsumen Kanada saat ini semakin mempedulikan pilihan produk yang bertanggung jawab dan berkelanjutan yang ada di pasar. Hal ini memicu timbulnya pasar ceruk di mana konsumen menuntut transparansi mengenai karakteristik keberlanjutan produk, seperti dampak lingkungan dan/atau kinerja sosialnya. Secara umum, konsumen menggunakan info negara asal untuk menilai mutu produk, keselamatannya, kinerja pengelolaan lingkungan, dan/atau isu ketenagakerjaan terkait.
 
Produk elektronik ramah lingkungan adalah contoh pasar ceruk di Kanada untuk industri elektronik. Produk elektronik ramah lingkungan mengacu pada "produk yang tidak membahayakan lingkungan baik dalam pembuatan, penggunaan, atau pembuangannya".[2] Salah satu pendorong utama produk elektronik ramah lingkungan adalah inovasi bahan dan proses, yang memungkinkan produsen elektronik memenuhi permintaan konsumen dan kebutuhan lingkungan.[3] Dengan konsumen yang terus-menerus mencari terobosan dalam produk elektronik—biasanya produk yang bisa memberikan kinerja lebih efisien dan mengonsumsi lebih sedikit energi dalam pembuatan dan penggunaannya—pada saat membeli, produsen pun berusaha melakukan inovasi produk yang bisa memenuhi permintaan tersebut. Untuk produk elektronik konsumen, upaya memenuhi permintaan konsumen itu sering diterjemahkan dalam bentuk produk yang lebih kompak dan ringan, yang berarti lebih sedikit bahan yang digunakan selama produksi dan pengemasan.[4] Sebagai contoh, produk yang dibuat oleh Apple—perusahaan yang telah meluncurkan "inisiatif untuk lebih hemat energi dan menggunakan energi bersih dalam operasional manufaktur mereka"[5]—dapat dijumpai di rak-rak pasar raya (superstore) yang juga memajang produk sejenis yang mungkin belum menawarkan fitur 'kelestarian lingkungan' serupa. Konsumen menjadi semakin menyadari kehadiran produk elektronik yang telah diverifikasi ramah lingkungan (mis. memiliki sertifikasi/label hemat energi), yang dapat mempengaruhi keputusan membeli. Dengan semakin tumbuhnya kesadaran konsumen dan tren ritel yang ada di Kanada, peralihan produk elektronik ramah lingkungan dari pasar ceruk ke pasar arus utama diperkirakan bisa berjalan mulus. Hal ini dapat memberi keuntungan bagi produsen produk elektronik yang telah mengekspor atau mempertimbangkan untuk mengekspor produk elektronik ramah lingkungan ke Kanada.
 
Masalah lingkungan yang paling signifikan untuk produk elektronik terkait dengan limbah elektronik, yang sering mengandung zat beracun seperti timbal, kadmium, merkuri, dan bifenil polibromat (penghambat api). Satu penelitian menyimpulkan bahwa kendati hanya 1% dari total limbah yang dihasilkan Kanada, limbah elektronik menyumbang 70% dari keracunan logam berat di aliran limbah.[6] Pada tahun 2014 Kanada menghasilkan sekitar 725.000 ton limbah elektronik, dan Environment Canada melaporkan limbah elektronik meningkat 4% per tahun di seluruh negara itu.
 
UU pengelolaan limbah elektronik telah disahkan di tingkat provinsi, dan terutama menetapkan tanggung jawab produsen yang diperluas (extended producer responsibility atau “ERP”) di mana tanggung jawab pengelolaan produk yang berada di masa akhir kegunaan diserahkan terutama pada produsen (yang dapat mencakup produsen, pemilik merek, importir pertama, dan penjual pertama). Biaya pengelolaan ini, pada gilirannya, diteruskan ke konsumen. Sekarang banyak bisnis yang memiliki program "terima kembali" yang mengajak konsumen untuk menyerahkan barang elektronik mereka di toko tertentu yang memastikan produk akan digunakan kembali, didaur ulang, atau dibuang dengan benar. ERP memberikan insentif kepada produsen agar memasukkan pertimbangan lingkungan dari tahap awal desain seperti umur produk yang lebih panjang; penggunaan sumber daya yang minim; permintaan energi serta emisi dan limbah yang lebih sedikit. Persyaratan desain ini, pada gilirannya, akan diteruskan ke pemasok.
 
Produk elektronik ramah lingkungan terus beralih dari pasar ceruk ke arus utama. Banyak instansi publik Kanada (misalnya, pemerintah federal, provinsi, dan kota serta universitas) dan organisasi swasta besar memiliki kebijakan pengadaan ramah lingkungan, yang salah satu unsur utamanya adalah produk elektronik ramah lingkungan. Banyak dari instansi tersebut mensyaratkan pembelian produk elektronik ramah lingkungan yang terdaftar pada EPEAT. Pemerintah federal AS telah memberlakukan persyaratan ini sejak 2006. Shared Services Canada, yang bertanggung jawab atas layanan TI dan pusat data pemerintah federal, juga mengadakan barang elektronik yang terdaftar di EPEAT. Saat ini ada lebih dari 4.400 produk EPEAT yang diproduksi 60 produsen dari 43 negara. Namun, Indonesia bukanlah salah satunya.

[1] Thilmany, D. (2008). What are niche markets? Colorado State University.
https://www.colorado.gov/pacific/sites/default/files/Niche%20Markets_1.pdf
[2] www.conserve-energy-future.com, What are Eco Friendly Products? http://www.conserve-energy-future.com/25-green-eco-friendly-products.php (diakses pada 26 Juni 2017).
[3] Electronics Product Stewardship Canada, 2016 Design for Environment Report (Toronto: EPSC, 2016), 2. http://epsc.ca/wp-content/uploads/EPSC_Report_2016.pdf (diakses pada 26 Juni 2017).
[4] Ibid.
[5] Electronics Product Stewardship Canada, 2016 Design for Environment Report (Toronto: EPSC, 2016), 11. http://epsc.ca/wp-content/uploads/EPSC_Report_2016.pdf (diakses pada 26 Juni 2017).
[6] McKerlie, K., Knight, N. & Thorpe, B. (2005). Advancing Extended Producer Responsibility in Canada. Journal of Cleaner Production, 616-28. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2005.08.001