Persyaratan Mutu Otomotif Uni Eropa   

Berikut ringkasan dari norma dan standar utama yang berlaku untuk sektor otomotif.

Persyaratan wajib yang harus dipenuhi
Persyaratan paling penting untuk komponen otomotif adalah kepatuhan pada standar teknis yang ditetapkan oleh legislasi Uni Eropa untuk menjamin keselamatan kendaraan. Hal yang disebut ‘type-approval’ atau sertifikat kesesuaian yang wajib untuk produk akhir. Walaupun Anda hanya memasok bagian untuk OEM, pembeli Anda ingin bagian tersebut memenuhi standar teknis untuk menjamin produk akhir mereka mendapat persetujuan (type-approved). Selain itu, terdapat kewajiban yang harus dipenuhi berkaitan dengan produk dan material yang digunakan. Contohnya komponen elektronik harus mempunyai CE mark dan beberapa batasan juga berlaku untuk penggunaan bahan kimia seperti logam berat, bahan perusak ozon dan lapisan tahan api.
 
Persyaratan pembeli
Selain kualitas tinggi, pembeli Uni Eropa juga menginginkan jaminan bahwa tingkat kualitas ini stabil. Kepatuhan pada sistem manajemen mutu seperti ISO 9001 atau ISO/TS 16949, adalah persyaratan umum. Lebih lanjut, pembeli kadang menginginkan kepatuhan dengan Pedoman Perilaku (Code of Conduct) sebagai  bagian dari tanggung jawab korporasi mereka dalam hal kinerja lingkungan dan sosial. ISO  26000 memberikan panduan bagaimana bisnis dan organisasi dapat beroperasi dengan bertanggung jawab secara sosial. Ini berarti bertindak dengan cara yang etis dan transparansi dan berkontribusi pada kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.
 
Persyaratan ceruk pasar
Meskipun tidak dipersyaratkan, memiliki sertifikasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja atau Occupational Health and Safety (OHS) dapat menjadi nilai tambah terhadap pesaing yang tidak memiliki sertifikat ini.