Persyaratan Mutu Makanan Olahan Uni Eropa   

Makanan olahan mencakup berbagai jenis makanan hasil produksi pengolahan. Karena luasnya cakupan makanan olahan , pada Inatrims hanya disediakan informasi persyaratan wajib dan standar yang berlaku untuk buah-buahan dan sayuran olahan.
 
Persyaratan wajib yang harus dipenuhi: keamanan pangan dan memberikan informasi kepada konsumen dengan benar
Apabila Anda ekspor makanan olahan ke Uni Eropa, hal penting yang harus Anda perhatikan adalah keamanan pangan. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mematuhi persyaratan cemaran pada makanan olahan yang berlaku dan penting untuk menerapkan prosedur pengawasan kesehatan.
Regulasi mengenai komposisi bahan makanan telah ditetapkan untuk jus buah, selai buah, jeli, marmalade dan pureƩ chestnut yang dimaniskan, juga regulasi untuk produk yang mengandung aditif, perisa dan vitamin. Bagi pemasok produk dalam kemasan harus memahami persyaratan pengemasan dan pelabelan.
 
Persyaratan pembeli: Pentingnya manajemen keamanan pangan dan keberlanjutan
Karena kualitas dan keamanan pangan pada saat masuk Uni Eropa sangat bergantung pada prosedur yang dilaksanakan dalam penanganan produk mulai dari lokasi produksi sampai perbatasan Uni Eropa, banyak pembeli Uni Eropa yang menyaratkan pemasok di luar Uni Eropa untuk melaksanakan sistem manajemen keamanan pangan sebagai persyaratan umum. Selain penerapan sistem manajemen keamanan pangan, sertifikasi sustainable food production (produksi makanan olahan keberlanjutan) akan menarik banyak pembeli sebagai nilai tambah produk Anda  di pasar.
 
Persyaratan ceruk pasar: pasar yang berkembang untuk produk yang bersertifikasi
Terdapat beberapa inisiatif pengembangan sertifikasi standar keberlanjutan yang membidik konsumen yang peduli akan keberlanjutan. Sertifikasi ini bergerak lebih jauh dari persyaratan keberlanjutan yang diterapkan sebagai persyaratan umum dengan sasaran ceruk pasar. Produk yang disertifikasi organik, Fair Trade dan Rainforest Alliance merupakan contoh sertifikasi yang diterapkan pada ceruk pasar yang sedang berkembang.