Persyaratan Mutu Kulit & Produk Kulit Tiongkok   

Persyaratan Mutu Kulit & Produk Kulit

Persyaratan mutu untuk produk kulit dan olahannya di Tiongkok cukup mendalam dan detail dengan permintaan yang dapat mencakup batasan-batasan bahan kimia serta kekuatan fisik untuk keamanan dan perlindungan hak konsumen. Ini berarti adanya usaha pemerintah untuk mengetatkan pasar produk kulit. Pada bagian ini akan dibahas isi dari beberapa standar representatif produk kulit sebagai gambaran umum mengenai mutu dan poin yang harus diperhatikan untuk masuk ke pasar Tiongkok.
 
Pertama, untuk QB/T 1615-2006 pakaian dari kulit yang garis besar isinya adalah sebagai berikut:
  1. Mereferensikan standar terkait garmen yaitu penomoran ukuran GB/T 1335.1-2; standar kulit untuk pakaian QB/T 1872; tes kekuatan fisik mekanik kulit untuk sobekan QB/T 2711; standar bulu kulit domba QB/T 2536 dan tes kelunturan warna QB/T 2537. Bahan-bahan pakaian dari kulit harus dapat memenuhi standar QB/T 1872 dan QB/T 2536.

  2. Termasuk pakaian seperti: jaket/jas barat, jaket, rok, jaket terusan, kemeja, dan lain-lain.

  3. Melakukan penilaian berdasarkan bahan yang dipakai pada posisi-posisi utama pakaian, mutu produk dibagi menjadi produk kelas atas dan kelas standar bergantung pada pencapaian nilainya untuk faktor-faktor penampakan fisik sebagai berikut:

  • Bagian leher: bersih, tidak bercacat
  • Bagian badan depan: warna bagian kanan dan kiri sama, bersih, kerapatan sepadan, diperbolehkan ada cacat gores tipis 2-3 bagian, dll.
  • Bagian badan belakang: warna kanan kiri sepadan, mirip dengan warna bagian depan, cacat gores tipis diperbolehkan 2-3 bagian, jahitan ujung rapat.
  • Bagian lengan: bersih rapi, warna serupa, jahitan rapat tidak ada benang yang keluar, tidak diperbolehkan ada cacat kecil, panjang dengan bagian pinggang tidak melebihi 20mm.
  • Dan lain-lainnya bagian dalam, bagian lengan bawah, bagian ikat pinggang.
  • Secara umum permintaannya adalah bersih mengkilap, tidak ada retakan atau sobekan, jahitan rapi, tidak berminyak, lembut, rata ketebalannya, tidak diperbolehkan menggunakan bahan kulit pinggiran pinggang yang jelek.
  1. Permintaan untuk bagian-bagian garmen dan aksesoris:

  • Bahan tekstil: kekuatan, warna, daya tahan kerut, kerapian, dll semuanya baik
  • Kulit bulu: warna sesuai, ukuran panjang nya telah disesuaikan rata, tidak ada yang rontok, bau aneh, warna pudar, dll
  • Aksesoris: warna selaras, pemasangan kokoh, jika besi tidak berkara
  • Resleting: warna selaras, lancar, tidak salah pasang, tidak ada gigi yang patah, jarak resleting sesuai.
  • Dan lain-lain seperti label merek, benang jahitan, kancing, dll.
  1. Selain itu juga ada permintaan untuk kualitas jahitan, serta kualitas penampakan luar (kesepadanan panjang pendek, kanan-kiri dan unsur kesamaan ukuran lainnya).

  2. Produk harus memiliki label inspeksi pemeriksaan akhir

  3. Dari spesifikasi yang telah disebutkan di atas, akan diambil kesimpulan cacat ringan (jika memenuhi lebih dari 50% spesifikasi) dan kesimpulan cacat standar untuk penentuan tingkat mutu; selain itu produk akan dianggap tidak memenuhi mutu jika spesifikasi yang disebutkan dilanggar terlalu banyak.

  4. Penentuan mutu produk didasarkan pada jumlah cacat ringan dan cacat standar. Untuk mutu tertinggi yaitu “produk bermutu tinggi/优等品” hanya diizinkan mempunyai 3 cacat ringan.

  5. Tag indikasi/label gantung produk berisi informasi: nama produsen (atau nama distributor/agen), daerah produksi, merek, indikasi telah memenuhi standar mutu, telepon kontak; serta menyertakan informasi cara penggunaan/perawatan: cara penggunaan, cara pembersihan, cara perawatan, cara pemakaian, cara penyimpanan, hal-hal yang harus diperhatikan dan peraturan-peraturan purna jual terkait. Jika diperlukan maka pada kemasan luar juga harus menyertakan nama produk, nomor produk, warna produk, jumlah barang, label penyimpanan dan transportasi, dll.

  6. Label produk berisi informasi: nama produk, nomor produk, nomor ukuran, nomor batch, komposisi bahan (bahan luar dan bahan dalam), informasi pencapaian mutu.

  7. Kemasan: harus sesuai dan melindungi produk dari kerusakan.

  8. Penyimpanan dan transportasi: tidak terkena hujan, air, kotoran, terik matahari, tekanan tinggi, dll.

  9. Pada apendiks standar ini juga disertakan referensi mengenai batas-batas toleransi ukuran seperti panjang bagian lengan, batas kekuatan sobek, serta ketahanan warna.