Persyaratan Mutu Karet & Produk Karet Tiongkok   

Keharusan sertifikasi CCC untuk ban kendaraan bermotor

Adapun produk ban kendaraan bermotor juga diatur oleh CNCA (Certification and Accreditation Administration of the P.R.C.; www.cnca.gov.cn ) sebagai salah satu dari 13 jenis produk yang diharuskan memiliki sertifikasi CCC (China Compulsory Certification http://www.cnca.gov.cn/ywzl/rz/qzxcpzl/msyjd/ ).
 
Sertifikasi ini, sesuai namanya, bersifat keharusan untuk masing-masing jenisnya. Keharusannya nampak dengan harus adanya logo/label CCC yang tercetak pada badan produk. Standar yang berlaku bagi ban otomotif karenanya adalah GB, sistem standar AQSIQ dan standar sertifikasi CNCA-03C-027 yang versi terbarunya adalah terbitan tahun 2013. Standar ini akan dibahas lebih lanjut di sub-bab selanjutnya.  
 
Lihat persyaratan mutu ban kendaraan bermotor yang ditetapkan.
 
Tip:
  • Selain AQSIQ, badan lain setingkat kementerian yang berhak membuat keputusan terkait standar yang diharuskan adalah CNCA (Certification and Accreditation Administration of the People’s Republic of China; www.cnca.org.cn ). Badan ini berhak untuk menentukan produk - produk yang harus memiliki sertifikasi khusus (misalnya CCC – China Compulsory Certification); serta juga memiliki kewenangan lain seperti menentukan akreditasi atas sistem manajemen produksi produk yang akan dipasarkan di RRT, contoh riilnya adalah melakukan pengecekan dan pendataan terhadap sistem pelacakan higenitas rantai nilai sarang burung di negara produsen.
  • RRT masih berada dalam tahap konsolidasi standar-standarnya serta pembaruan standar yang terus menerus, karena itu harus terus melakukan pembaruan atas standar-standar nya. Update informasi dapat mengacu ke daftar yang dikelola oleh SAC (http://www.sac.gov.cn/SACSearch/outlinetemplet/gjbzcx_en.jsp) maupun membuka pengumuman terbaru di laman utama SAC (http://www.sac.gov.cn/). Selain itu dapat juga merujuk pada laman non-resmi dengan menggunakan situs pencari dan kata kunci seperti: download standar (biaozhun xiazai, 标准下载;  https://www.google.co.id/search?q=biaozhun+xiazai&ie=utf-8&oe=utf-8&rls=org.mozilla:zh-CN:official&client=firefox-a&channel=fflb&gws_rd=cr&ei=tGQqVLKcGMeeuQSm5YLYAQ).
  • Sebagian besar standar mutu RRT dibuat dengan referensi utama standar internasional seperti IEC (International Electrotechnical Commission) maupun ISO (International Organization for Standardization).
  • Walaupun standar dengan inisial tambahan “/T” tidak merupakan keharusan, namun karena standar yang diharuskan misalnya GB dan NY sangat terbatas pada bahan-bahan dasar saja, maka standar  “diharuskan” oleh pemerintah RRT sebenarnya juga memasukkan standar “GB/T” maupun lainnya (“NY/T”,”QB/T”). 
  • Dalam beberapa masalah seperti reaksi politik dagang maka RRT dapat meningkatkan inspeksi produk maupun menghentikan impor secara total dengan pengumuman yang mungkin hanya dapat ditelusuri dari CIQ lokal maupun perwakilan dagang Indonesia di RRT.
  • Tidak adanya ompla satu atap di RRT dapat mengakibatkan adanya permintaan maupun percobaan untuk ompla baru inspeksi dan sertifikasi dari salah satu badan pemerintah yang perlu terus diikuti perkembangannya. 
  • Lihat Direktori Lembaga Inspeksi dan Laboratorium RRT (http://www.cnas.org.cn/english/findanaccreditedbody/index.shtml)