Persyaratan Mutu Tekstil & Produk Tekstil GCC   

Tekstil dan produk tekstil yang memasuki pasar GCC harus memenuhi standar yang telah ditetapkan. Standar ynag harus dipenuhi untuk produk tekstil adalah:
1. Pengujian terhadap zat berbahaya yang digunakan dalam produk tekstil (GSO 1957/2009(E))        
   
Dalam GSO 1957/2009 (E)  disyaratkan untuk pengujian yang bertujuan untuk melihat apakah zat yang digunakan berbahaya atau tidak dengan mengetahui  nilai pH, melihat komponen formaldehida yang terdapat dalam produk, mengetahui adanya kandungan logam berat, mengetahui adanya kandungan pestisida, mengetahui kandungan fenol, pengujian  untuk zat warna yang dapat menyebabkan alergi dan kanker, uji organik terklorinasi, penentuan kandungan peliat PVC, penentuan kandungan senyawa timah organik ,  pengujian tahan luntur warna (tahan luntur warna terhadap air,  tahan luntur warna terhadap asam dan basa keringat, tahan luntur warna terhadap gosokan kering, penentuan tahan luntur warna terhadap air liur dan keringat, penentuan emisi senyawa volatil dan odourous dan uji bau.
2. Pengujian terhadap Zat Berbahaya Yang Digunakan Dalam produk Tekstil (GSO 1956/2009)
 
Standar ini berlaku untuk produk tekstil dan produk terbuat dari kulit dan untuk semua tingkatan produksi, termasuk tekstil dan non-tekstil aksesoris.
Dalam standar  ini juga dijelaskan mengenai pembagian kategori produk dan persyaratannya yaitu yang diperuntukan untuk bayi, produk yang langsung kontak dengan kulit, produk yang kontak langsung dengan kulit, produk untuk bahan dekorasi. Dalam standar ini di jelaskan mengenai nilai batas yang harus dipenuhi oleh tekstil dan produk tekstil yang ditetapkan dalam GSO 1957/2009 (E).
3. Pengujian Ketahanan Warna Dalam Produk Tektil (GSO ISO 105-E11:2009, yang mengacu pada ISO  105-E11:1994(E)
        Beberapa persyaratan teknis untuk tekstil dan produk tekstil yang disyaratkan oleh negara-negara anggota GCC yang telah di notifikasi di WTO adalah :
        G/TBT/N/ARE/66
         
        UAE draft technical regulation for Detergents-Dry Cleaning for Clothes and Textiles (Perchloroethylene)  (11 pages in Arabic, 8 pages in English).
        G/TBT/N/ARE/65
         
        UAE draft technical regulation for Detergents - Fatty Spots Remover for Clothes and Textiles (9 pages in Arabic, 7 pages in English).
        G/TBT/N/SAU/371
         
        Textiles. Laundry processed textiles, Bio contamination control system (22 pages in English).
        G/TBT/N/SAU/370
         
        Textiles. Solar UV protective properties classification and marking of apparel (12 pages in English). 

         

        Lihat peryaratan pembeli