Persyaratan Mutu Peralatan Medis GCC   

Standar yang harus dipenuhi untuk pemasukan alat kesehatan ke negara GCC adalah ISO 13485:2003, Medical devices – Quality management systems – Requirements for regulatory purposes, adalah persyaratan standar yang dikembangkan berdasarkan proses dan pendekatan ISO 9001. Standar ini merupakan langkah penting untuk menjamin desain dan pembuatan produk alat kesehatan secara konsisten memenuhi persyaratan pelanggan dan peraturan yang berlaku.
Disamping harus memenuhi standar yang telah ditetapkan, khusus untuk di Arab Saudi per 1 April 2010 terdapat peraturan baru dimana semua perangkat medis yang akan diimpor ke negara tersebut harus wajib melakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk mendapatkan ijin edar.
 
Batas waktu untuk menyelesaikan pendaftaran adalah 28 Februari 2011, setelah itu, peralatan medis diizinkan untuk ditempatkan ke pasar hanya jika mereka telah menerima izin edar oleh Saudi Food & Drug Authority (SFDA). Setelah 30 Juni 2011, penggunaan perangkat medis baru akan tunduk pada persetujuan SFDA. Perangkat medis sudah digunakan pada saat batas waktu ini masih dapat digunakan. 

SFDA telah mensyaratkan pengawasan surveilans postmarket untuk memastikan keamanan perangkat medis setelah diperkenalkan ke pasar.

Adapun untuk Uni Emirat Arab,  registrasi produk di Uni Emirat Arab terbagi menjadi 2 yaitu satu pendaftaran produsen dan yang lainnya untuk pendaftaran produk. Pendaftaran biasanya memakan waktu 9-12 bulan.