Persyaratan Mutu Otomotif Kanada   

Ada beberap instansi pemerintah federal di Kanada yang mengatur dan melaksanakan kebijakan dan peraturan terkait impor komersial produk otomotif ke Kanada. Instansi tersebut meliputi Transport Canada (TC), Environment and Climate Change Canada (ECCC), dan CBSA. Setiap instansi memiliki mandatnya masing-masing:
  • TC menerapkan undang-undang (UU), peraturan, standar, dan kebijakan untuk mewujudkan keselamatan di jalan raya dan jalur kereta api, laut, serta udara. Sehubungan dengan kendaraan bermotor dan suku cadang kendaraan, TC mengatur keselamatan kendaraan dan ban di Kanada melalui UU Keselamatan Kendaraan Bermotor dan Peraturan Keselamatan Ban Kendaraan Bermotor.
  • ECCC bertugas, antara lain, memberlakukan peraturan yang melindungi lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati serta memberikan notifikasi ke seluruh Kanada tentang kasus-kasus terkait lingkungan hidup yang telah berhasil dituntut, dan mengelola daftar perusahaan yang dikenai sanksi berdasarkan UU lingkungan hidup Kanada. Sehubungan dengan kendaraan bermotor dan suku cadang kendaraan, ECCC mengatur persyaratan emisi kendaraan impor ke Kanada.
  • CBSA memberlakukan hukum dan peraturan bea cukai serta mengatur tata kelola perbatasan terkait orang dan barang yang masuk ke Kanada. Instansi ini bertanggung jawab melaksanakan kebijakan dan peraturan mengenai impor barang di berbagai pintu masuk ke negara itu. CBSA juga memberikan informasi mengenai proses impor barang komersial ke Kanada kepada importir di negara itu. Informasi yang diberikan adalah untuk melengkapi persyaratan yang ditetapkan undang-undang, peraturan, dan kerangka acuan yang ada mengenai impor yang diawasi oleh instansi pemerintah terkait di Kanada. Panduan langkah demi langkah mengenai impor barang niaga ke Kanada dapat diakses di situs web CBSA.
Lihat:
  1. Peryaratan wajib yang harus dipenuhi
  2. Standar pembeli umum
  3. Ceruk pasar