Persyaratan Mutu Kulit dan Produk Kulit   

Pasar Kanada untuk kulit dan produk kulit membuka bebagai peluang bagi banyak negara eksportir kulit dan produk kulit. Walaupun Kanada adalah eksportir dan sekaligus importir kulit dan produk kulit, nilai impornya hampir mencapai tiga kali lipat nilai ekspor selama periode 2006-2016. Impor kulit dan produk kulit Kanada secara keseluruhan menunjukkan tren positif selama periode di atas dengan nilai total mencapai lebih dari US$ 806 juta pada tahun 2016, naik dari di atas US$ 644 juta pada awal periode itu.[1] Berdasarkan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (compound annual growth rate atau “CAGR”), total impor kulit dan produk kulit tumbuh sekitar 2,8% per tahun antara tahun 2006 dan 2016.[2] Di pasar ini, terdapat lima jenis kulit dan produk kulit yang menjadi andalan dalam, dan semakin penting artinya untuk, impor Kanada yaitu: tas tangan kulit, dengan tali bahu maupun tidak (HS 420221); barang dari jenis yang biasa dibawa dalam saku atau tas tangan (HS 420231); saddlery dan harness untuk semua macam binatang (HS 420100); tas yang tidak dirinci dalam pos lain dengan kulit di permukaan luar (HS 420291); dan alas kaki yang menutupi mata kaki dengan sol luar dari kulit samak (HS 640351). Produk-produk ini secara kolektif menyumbang sekitar 57% dari total impor kulit dan produk kulit Kanada.[3]

Tas tangan kulit, dengan tali bahu maupun tidak (HS 420221) merupakan kategori impor kulit dan produk kulit dengan nilai tertinggi di Kanada antara tahun 2011 dan 2016. Impor produk ini ke Kanada mencapai lebih dari US$ 246 juta pada tahun 2016,[4] yang tertinggi sepanjang periode itu. Produk ini juga mencatat pertumbuhan hampir 16% per tahun[5] menurut CAGR sepanjang periode tersebut di atas. Produk ini menggantikan pakaian dan aksesori pakaian yang terbuat dari kulit samak atau kulit komposisi (HS 420310) sebagai impor kulit dan produk kulit dengan nilai terbesar di Kanada karena nilai impor yang disebut terakhir terus turun di pasar Kanada setelah krisis keuangan global 2008-2009. Nilai impor tas tangan kulit tidak hanya terus meningkat, pangsanya dalam total impor kulit dan produk kulit di Kanada juga terus naik. Tas tangan kulit menyumbang sekitar 31% dari total impor kulit dan produk kulit ke Kanada pada tahun 2016—melonjak dari sekitar 9% yang tercatat di tahun 2006.[6] Pemasok terkemuka produk ini ke Kanada meliputi Italia, Tiongkok, Prancis, dan Vietnam, yang secara bersama-sama menyumbang hampir 88% dari total impor kulit dan produk kulit di Kanada pada tahun 2016. Negara-negara ini—kecuali Tiongkok—menunjukkan peningkatan pada pangsa masing-masing dalam impor kulit dan produk kulit ke Kanada antara tahun 2006 dan 2016. Sementara Italia dan Prancis sudah lama menjadi salah satu pemasok terbesar ke Kanada, Vietnam baru-baru ini saja muncul sebagai salah satu kekuatan seperti ditunjukkan oleh pesatnya peningkatan pangsa impor kulit dan produk kulit dari negara itu ke Kanada, terutama pada periode 2014-2016. Kehadiran Vietnam yang semakin kuat di pasar Kanada berjalan seiring dengan kemunculannya baru-baru ini sebagai salah satu eksportir global terkemuka untuk produk ini. Hal ini terutama didorong oleh kenaikan upah buruh di Tiongkok, yang mendesak banyak perusahaan barang kulit untuk memindahkan lokasi produksi dari Tiongkok ke negara-negara berkembang lain yang upah buruhnya lebih rendah, seperti Vietnam, agar harga pelanggan tetap terkontrol.[7] Di sisi lain, daya saing Indonesia di pasar Kanada untuk produk ini berubah signifikan sepanjang periode 2006-2016. Daya saingnya meningkat di awal periode tersebut hingga tahun 2012 saat Indonesia menjadi pemasok terbesar keempat di Kanada. Namun, daya saingnya tidak bertahan pasca-2012. Meski tetap duduk sebagai pemasok terbesar kesepuluh di Kanada pada akhir periode ini, pangsa pasar Indonesia berangsur turun antara tahun 2013 dan 2016.  

Barang kulit dari jenis yang biasa dibawa dalam saku atau tas tangan (HS 420231), seperti dompet atau pundi, adalah impor kulit dan produk kulit bernilai terbesar ketiga di Kanada pada tahun 2016, mencapai hampir US$ 71 juta.[8] Kategori produk ini jadi semakin penting bagi Kanada sebagaimana ditunjukkan oleh peningkatan pangsanya dalam total impor kulit dan produk kulit Kanada, dari sekitar 4% di tahun 2006 menjadi 9% pada 2016.[9] Tingkat pertumbuhan CAGR mencapai sekitar 10% per tahun[10] pada tahun-tahun tersebut di atas, menjadikan produk ini satu-satunya jenis kulit dan produk kulit selain tas kulit yang menunjukkan tingkat pertumbuhan dua digit. Pemasok utama untuk produk ini ke Kanada meliputi Tiongkok, Italia, India, Prancis, dan Vietnam, yang secara bersama-sama menyumbang hampir 88%[11] dari total impor Kanada untuk produk ini di tahun 2016. Di antara pemasok utama tadi, Italia, Prancis, dan Vietnam menunjukkan kehadiran yang lebih kuat di pasar Kanada seiring peningkatan signifikan pangsa masing-masing dalam periode 2006-2016. Sementara itu, posisi Indonesia di pasar Kanada untuk kategori ini masih belum kompetitif. Ini terlihat dari nilai impor Kanada yang tidak signifikan untuk produk ini dari Indonesia dan kecilnya pangsa Indonesia dalam total impor Kanada untuk produk ini antara tahun 2006 dan 2016.

Saddlery dan harness untuk binatang (HS 420100) adalah produk unggulan lain dalam impor kulit dan produk kulit ke Kanada yang membukukan nilai lebih dari US$ 57 juta pada tahun 2016.[12] Arti penting produk ini terhadap impor kulit dan produk kulit ke Kanada juga meningkat selama periode 2006-2016. Kendati kenaikan pangsanya tidak sebesar kenaikan pangsa tas tangan kulit (HS 420221) dan barang kulit dari jenis yang biasa dibawa dalam saku atau tas tangan (HS 420231), pangsa saddlery dan harness untuk semua jenis binatang masih bisa tumbuh dari sekitar 6% pada tahun 2006 menjadi 7% satu dekade kemudian.[13] Produk ini juga menunjukkan pertumbuhan yang menjanjikan sebesar kurang lebih 3% per tahun[14] menurut CAGR pada periode 2006-2016. Tiongkok, India, dan Prancis adalah pemasok utama yang pangsanya masing-masing dari total impor Kanada untuk produk ini meningkat selama periode itu. Amerika Serikat (AS) juga merupakan salah satu dari pemasok utama ke Kanada selama periode tersebut, namun pangsanya di pasar Kanada untuk produk ini turun dari hampir 33% pada 2006 menjadi 22% satu dasawarsa berselang.[15]

Produk kulit penting lainnya dalam impor Kanada adalah tas dengan kulit di permukaan luar (HS 420291). Impor produk ini ke Kanada mencapai lebih dari US$ 55 juta pada tahun 2016,[16] yang menyumbang hampir 7% dari total impor kulit dan produk kulit ke negara tersebut pada tahun yang sama—naik dari 4% satu dekade sebelumnya.[17] Impor produk ini tumbuh pada tingkat yang menjanjikan yaitu 8% per tahun sepanjang periode 2006-2016. Meski ada sejumlah pemasok untuk kategori produk ini ke Kanada, sedikit sekali yang menunjukkan pangsa signifikan dalam total impor produk ini ke Kanada pada akhir periode itu. Hal yang disebut terakhir mengacu ke Tiongkok, Vietnam, dan Italia yang secara bersama-sama menyumbang sekitar 73% dari impor produk ini ke Kanada. Di antara tiga pemasok terkemuka, Vietnam dan Italia menunjukkan kehadiran yang kuat di pasar Kanada karena pangsa keduanya masing-masing tumbuh signifikan selama periode tersebut di atas. Vietnam menunjukkan peningkatan yang paling signifikan dalam hal daya saing di pasar Kanada dengan pangsa hampir mencapai 13% pada tahun 2016, naik dari 0% satu dekade sebelumnya. Demikian pula, pangsa Italia melonjak dari hampir 2% di tahun 2006 menjadi 12% 10 tahun kemudian. Di sisi lain, Tiongkok mengalami penurunan pangsa dari hampir 68% pada tahun 2006 menjadi 49% di tahun 2016. Walaupun begitu, Tiongkok tetap menjadi pemasok nomor satu Kanada untuk tas kulit. Indonesia juga mencatat peningkatan pangsa pada tahun tersebut di atas dan telah menjadi salah satu pemasok kecil produk ini ke Kanada di samping India, Prancis, dan AS, dengan pangsa masing-masing berkisar 3-4% dari total impor Kanada untuk produk ini.[18]

 Terakhir, alas kaki yang menutupi mata kaki dengan sol luar dari kulit samak (HS 640351) adalah produk unggulan lain yang semakin penting artinya bagi impor kulit dan produk kulit ke Kanada. Impor ke negara itu bernilai lebih dari US$ 32 juta pada tahun 2016,[19] yang menyumbang 4% dari total impor kulit dan produk kulit Kanada—meningkat dari sekitar 2% pada tahun 2006.[20] Nilai impor produk ini ke Kanada menunjukkan tingkat pertumbuhan menjanjikan, yaitu sekitar 9% per tahun berdasarkan CAGR pada periode 2006-2016.[21] Italia, Tiongkok, Vietnam, dan Meksiko merupakan negara-negara yang muncul sebagai pemasok utama ke Kanada baru-baru ini. Negara-negara itu—kecuali Tiongkok— menjadi semakin penting untuk impor produk ini ke Kanada sebagaimana dilihat dari kenaikan signifikan pangsa mereka sepanjang periode di atas. Italia, yang telah menjadi pemasok nomor satu Kanada sepanjang dekade tersebut, menyumbang sekitar 46% dari total impor Kanada untuk produk ini pada tahun 2016, meningkat dari 28% yang tercatat di tahun 2006.[22] Demikian pula, Vietnam dan Meksiko masing-masing menunjukkan peningkatan pangsa yang signifikan antara tahun 2006 dan 2016, masing-masing dari hampir 1% menjadi 14% dan dari sekitar 4% menjadi 11%.[23] Sama dengan kategori produk sebelumnya, Indonesia—yang bukan termasuk pemasok utama produk ini ke Kanada—belum menunjukkan daya saing yang kuat selama periode tersebut di atas.

Dari sisi ekspor kulit dan produk kulit Indonesia yang menonjol dan semakin penting ke seluruh dunia, ada empat produk kulit ekspor yang patut mendapat perhatian. Keempat produk tersebut adalah tas tangan kulit, dengan tali bahu maupun tidak (HS 420221); tas dengan kulit di permukaan luarnya (HS 420291); pakaian dan aksesori pakaian yang terbuat dari kulit samak atau kulit komposisi (HS 420231); dan sarung tangan, mitten, dan mitt dari kulit samak atau dari kulit komposisi (HS 420329). Dua produk kulit pertama tersebut juga merupakan produk unggulan yang mempunyai arti semakin penting bagi impor produk kulit ke Kanada, seperti telah dibahas tadi di muka. Ini berarti dua produk kulit yang menjadi semakin penting artinya bagi ekspor Indonesia secara global (yaitu tas tangan kulit dan tas dengan kulit di permukaan luar) merupakan produk yang permintaannya juga semakin meningkat di Kanada. Meski begitu, Indonesia belum masuk dalam jajaran pemasok utama untuk kedua produk kulit tersebut ke Kanada. Karena itu, terbuka ruang bagi Indonesia untuk meningkatkan kehadirannya di pasar Kanada melalui kedua produk kulit ini.

Produk kulit terkemuka lainnya dari Indonesia, yaitu pakaian dan aksesori pakaian yang terbuat dari kulit samak atau kulit komposisi (HS 420310) dan sarung tangan, mitten, dan mitt dari kulit samak atau kulit komposisi (HS 420329), telah mengalami perubahan penting di pasar Kanada dalam satu dasawarsa terakhir. Pasar Kanada untuk pakaian dan aksesori pakaian yang terbuat dari kulit samak atau kulit komposisi menunjukkan pertanda yang membingungkan bagi eksportir Indonesia. Kendati pada hakikatnya pangsa produk tersebut turun signifikan dalam impor kulit dan produk kulit di Kanada secara keseluruhan (dari sekitar 17% menjadi 7%)[24] selama periode 2006-2016, Indonesia mampu meningkatkan pangsanya dalam impor produk ini ke Kanada walaupun kenaikannya tergolong sedang (dari hampir 0% menjadi 3%).[25] Sebagai negara tujuan ekspor, pangsa ekspor produk ini dari Indonesia ke Kanada mengalami fluktuasi sepanjang sebagian besar periode tersebut. Kendati demikian, Kanada tetap menjadi salah satu dari tiga tujuan ekspor utama Indonesia untuk produk ini dalam beberapa tahun terakhir. Di sisi lain, pasar Kanada untuk sarung tangan, mitten, dan mitt dari kulit samak atau kulit komposisi (HS 420329) memberikan gambaran lebih jelas bagi eksportir Indonesia. Pada satu dekade, produk ini hanya mengalami sedikit penurunan pangsa dalam total impor kulit dan produk kulit di Kanada (yaitu, dari hampir 11% di tahun 2006 menjadi 10% pada 2016),[26] yang menunjukkan ada permintaan kontinyu atas produk ini di Kanada. Namun, Indonesia belum menjadi pemasok utama produk ini ke Kanada seiring pangsanya yang masih berada di bawah 1%[27] selama periode itu. Dengan adanya permintaan yang stabil akan produk ini di Kanada dan kemampuan Indonesia untuk mengekspornya secara global, eksportir Indonesia seharusnya mampu menunjukkan kinerja lebih baik di pasar Kanada untuk produk ini.

  • Pertama, ada persyaratan hukum wajib untuk impor kulit dan produk kulit komersial ke Kanada yang ditetapkan oleh Pemerintah Kanada.
  • Kedua, terdapat standar sukarela yang diakui secara global yang diterima oleh pembeli kulit dan produk kulit  di Kanada.
  • Ketiga, terdapat sejumlah cara khusus untuk mengakses pasar ceruk untuk kulit dan produk kulit  di Kanada.
 

[1] UN Comtrade database, Get Data – Extra Data, https://comtrade.un.org/data (diakses pada 5 September 2017).

[2] Dihitung berdasarkan data dari UN Comtrade database.

[3] Ibid.

[4] UN Comtrade database, Get Data – Extra Data, https://comtrade.un.org/data (diakses pada 5 September 2017).

[5] Dihitung berdasarkan data dari UN Comtrade database.

[6] Ibid.

[7] Richard Smith, “Is China Still the Dominant Force in the Leather Manufacturing Industry? 25 Maret 2016, http://www.aplf.com/en-US/leather-fashion-news-and-blog/blog/30681/is-china-still-the-dominant-force-in-the-leather-manufacturing-industry (diakses pada 5 September 2017).

[8] UN Comtrade database, Get Data – Extra Data, https://comtrade.un.org/data (diakses pada 5 September 2017).

[9] Dihitung berdasarkan data dari UN Comtrade database.

[10] Ibid.

[11] Ibid.

[12] UN Comtrade database, Get Data – Extra Data, https://comtrade.un.org/data (diakses pada 5 September 2017).

[13] Dihitung berdasarkan data dari UN Comtrade database.

[14] Ibid.

[15] Ibid.

[16] UN Comtrade database, Get Data – Extra Data, https://comtrade.un.org/data (diakses pada 5 September 2017).

[17] Ibid.

[18] Dihitung berdasarkan data dari UN Comtrade database.

[19] UN Comtrade database, Get Data – Extra Data, https://comtrade.un.org/data (diakses pada 5 September 2017).

[20] Dihitung berdasarkan data dari UN Comtrade database.

[21] Ibid.

[22] Ibid.

[23] Ibid.

[24] Dihitung berdasarkan data dari UN Comtrade database.

[25] Ibid.

[26] Ibid.

[27] Ibid.