Persyaratan Mutu Minyak Atsiri Amerika Serikat   

Undang-undang di Amerika Serikat mengatur minyak Atsiri sebagai produk "aromaterapi" tergantung pada bagaimana penggunaannya. FDA menentukan penggunaan produk berdasarkan faktor seperti klaim yang dibuat dalam label, situs web, dan iklan, serta apa yang konsumen harapkan untuk dilakukan.
  • Apabila produk minyak atsiri ditujukan hanya untuk membersihkan tubuh atau membuat seseorang lebih menarik, maka minyak atsiri termasuk dalam regulasi kosmetik. Lihat regulasi tentang kosmetik.
  • Apabila produk minyak atsiri ditujukan untuk penggunaan terapeutik, seperti mengobati atau mencegah penyakit, atau mempengaruhi struktur atau fungsi tubuh, maka minyak atsiri termasuk dalam kelompok obat. Misalnya, klaim bahwa produk akan meredakan kolik, mengurangi rasa sakit, mengendurkan otot, mengobati depresi atau kegelisahan, atau membantu Anda tidur adalah klaim obat.
Berdasarkan undang-undang, obat-obatan harus memenuhi persyaratan seperti persetujuan FDA untuk keamanan dan efektivitas sebelum mereka dipasarkan. Untuk mengetahui apakah produk yang dipasarkan dengan klaim obat disetujui oleh FDA, hubungi Pusat Evaluasi Obat dan Penelitian FDA (CDER), di druginfo@fda.hhs.gov.
  • Apakahproduk minyak atsiri sesuatu yang lain, bukan kosmetik atau obat?
Beberapa produk wewangian diatur oleh Komisi Keamanan Produk Konsumen (Consumer Product Safety Commission / CPSC), termasuk produk seperti penyegar udara, lilin wangi, deterjen cucian, dan pembersih rumah tangga.
Apabila minyak atsiri atau produk keharuman lainnya yang "alami" atau "organik", apakah produk tersebu aman?
Banyak orang berpikir bahwa jika minyak atsiri atau bahan lain berasal dari tanaman bahwa produk tersebut aman. Tapi banyak tanaman mengandung bahan-bahan yang bersifat racun, atau cenderung menimbulkan reaksi alergi saat dioleskan pada kulit.
  • Sebagai contoh: minyak cumin aman dalam makanan, namun bisa menyebabkan kulit melepuh.
  • Minyak sitrus tertentu yang digunakan dengan aman dalam makanan juga bisa berbahaya pada kosmetik, terutama bila dioleskan pada kulit yang terpapar sinar matahari.
Dalam hal ini FDA tidak memiliki peraturan yang mendefinisikan "alami" atau "organik" untuk kosmetik. Semua produk dan bahan kosmetik harus memenuhi persyaratan keamanan yang sama, terlepas dari sumbernya.
 
Lihat informasi berikut:
Persyaratan Keamanan (Safety Requirements)
Bahan pewangi (Fragrance) dalam kosmetik harus memenuhi persyaratan keselamatan yang sama seperti bahan kosmetik lainnya. Menurut regulasi, tidak memerlukan persetujuan FDA sebelum bahan tersebut dipasarkan, namun harus aman bagi konsumen bila digunakan sesuai dengan petunjuk berlabel, atau karena orang menggunakannya. Perusahaan dan individu yang memproduksi atau memasarkan kosmetik memiliki tanggung jawab hukum untuk memastikan bahwa produk mereka aman dan diberi label dengan benar.

Lihat informasi beriut untuk mengetahui lebih rinci: “FDA Authority Over Cosmetics.” 

Labeling of Fragnance Ingredients

Apabila kosmetik dipasarkan secara eceran ke konsumen, seperti di toko, di Internet, atau orang-ke-orang, kosmetik tersebut harus memiliki daftar bahan. Dalam kebanyakan kasus, masing-masing bahan harus terdaftar secara terpisah. Namun, berdasarkan peraturan A.S., aroma dan bahan rasa dapat dicantumkan hanya sebagai "Wangi" atau "Rasa".

Inilah alasannya: FDA mewajibkan daftar bahan berdasarkan Fair Packaging and Labeling Act (FPLA). Undang-undang ini tidak boleh diginakan untuk memaksa perusahaan memberi tahu "rahasia dagang." Formula aroma dan rasa adalah campuran kompleks dari banyak bahan kimia alami dan sintetis yang berbeda, dan juga jenis komponen kosmetik yang paling mungkin.
 
FDA Aromatherapy Regulations
Produk aromaterapi umumnya tergolong kosmetik, obat bius atau keduanya oleh FDA. Menurut FDA, "Di bawah undang-undang, obat-obatan harus memenuhi persyaratan seperti persetujuan FDA untuk keamanan dan efektivitas sebelum mereka dipasarkan."
Konsumen Amerika Serikat mengharapkan penjual dan produsen dapat menyediakan semua informasi (atau setidaknya cukup) agar kami dapat secara efektif memahami dan menggunakan produk yang kami beli tanpa harus terlebih dahulu mengikuti kursus atau membaca satu atau lebih buku.
Di Amerika Serikat banyak perusahaan minyak atsiri berusaha untuk memberikan informasi yang akurat dan diteliti dengan baik mengenai sifat dan tindakan minyak esensial berdasarkan pada penelitian ilmiah, didukung dengan bukti serta oleh para ahli, pendidik dan penulis dalam industri aromaterapi holistik.
Namun, saat penjual memasukkan informasi ini, produk minyak atsiri dapat diklasifikasikan sebagai obat oleh FDA.
Sebagai eksporter minyak atsiri, demi kepentingan terbaik konsumen, sebaiknya lihat panduan: FDA guidelines for essential oils and aromatherapy products sebelum, sebelum melakukan bisnis dengan perusahaan yang belum dapat sepenuhnya mematuhi regulasi yang ditetapkan.
 

Lihat juga informasi berikut: