Persyaratan Mutu Hasil Hutan Amerika Serikat   

Lacey Act merupakan ketentuan hukum yang melarang impor, ekspor, menjual, membeli, atau membeli ikan, satwa liar atau tanaman yang diambil, dimiliki, diangkut, atau dijual: 1) melanggar hukum Amerika Serikat atau suku Indian di AS, atau 2) perdagangan asing/internasional yang melibatkan ikan, satwa liar, atau tanaman yang dilindungi hukum negara AS atau hukum negara asing.
Berikut ini adalah contoh dari kasus yang dianggap ilegal menurut Lacey Act:
  • Pencurian kayu, termasuk dari taman dan kawasan lindung;
  • Panen tanpa izin;
  • Kegagalan untuk mematuhi peraturan panen; dan
  • Kegagalan untuk membayar royalti, pajak atau biaya kepada negara asal.
Pemerintah AS mensyaratkan bahwa semua kayu yang diimpor ke AS disertai dengan formulir Deklarasi:
  • Nama ilmiah tanaman (termasuk genus dan spesies)
  • Nilai impor
  • Kuantitas tanaman
  • Negara asal dari mana tanaman dipanen
Untuk produk kertas dan kertas karton dengan kandungan bahan daur ulang, eksportir harus menyatakan persen kandungan bahan daur ulang.
Pelanggaran terhadap ketentuan Lacey Act untuk kayu dan tanaman lainnya dapat dituntut dalam tiga cara:
  1. Hukuman sipil - Denda sampai USD 10,000
  2. Hukuman pidana: (Pelanggaran - denda sampai USD 100,000 untuk individu dan USD 200,000 untuk organisasi atau dipenjara sampai satu tahun, atau keduanya; Kriminal - denda sampai USD 250,000 untuk individu atau USD 500,000 untuk organisasi, atau dua kali jumlah keuntungan kotor atau kerugian, atau penjara hingga 5 tahun.)
  3. Penyitaan produk kayu yang bersangkutan
Ada dua pilihan pemrosesan untuk kayu dan produk kayu. Metode pemanasan yaitu menggunakan pengering kiln atau panas kering, seperti pengering energi gelombang mikro. Metode proses kimia yang menggunakan pestisida permukaan, pengawet, atau fumigasi methyl bromide.
Izin impor untuk produk kay (formulir PPQ no. 585) harus dilampirkan setiap pengiriman produk kayu. Izin ini menyebutkan pemroseskan yang harus dilaksanakan sebelum diimpor. Untuk mengajukan permohonan izin impor, kunjungi: http://aphis.usda.gov
 
Eksportir dan importir dikenakan persyaratan tambahan jika kayu tersebut terdaftar di bawah peraturan yang berkaitan dengan Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Langka Flora dan Fauna Liar (CITES). Spesies kayu yang terdaftar dalam CITES membutuhkan beberapa langkah/syarat tambahan sebelum masuk ke AS:
  • Izin umum (berlaku selama dua tahun) yang dikeluarkan oleh U.S. Department of Agriculture
  • Sertifikat yang dikeluarkan oleh organisasi perwakilan CITES di negara pengekspor yang menyatakan bahwa produk tersebut tidak akan merugikan kelangsungan hidup spesies langka terkait dan bahwa spesimen tidak diperoleh dengan metode-metode yang bertentangan dengan hukum negara itu untuk perlindungan flora dan fauna
  • Sertifikat yang dikeluarkan oleh organisasi perwakilan CITES di Amerika Serikat
  • Kedatangan di pelabuhan tertentu yang berwenang untuk menerima pengiriman produk yang mengandung spesies CITES