Persyaratan Mutu Alas Kaki Amerika Serikat   

Karena bahan kulit (hides dan skins) yang berasal dari hewan yang digunakan di luar rantai makanan manusia, para produsen dan importir bahan kulit harus mengikuti aturan-aturan ini ketika ketika memproduksi, mengumpulkan, mengangkut, menyimpan, menggunakan atau membuang bahan baku tersebut karena mereka bisa berbahaya untuk kesehatan manusia jika tidak dikelola dengan baik.
 
Konvensi tentang International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES) mengatur perdagangan tanaman dan hewan langka atau produk-produknya, misalnya bahan kulit.Peraturan tertentu memberikan daftar rinci mengenai spesies yang dilarang atau dibatasi untuk diperdagangkan dan menspesifikasi rincian administratif dan teknis untuk mengatur perdagangan spesies langka.
 
U.S. Fish and Wildlife Service melindungi spesies langka, sehingga melarang perdagangan produk-produk yang terkait dengan spesies langka, termasuk produk kulit.Produk kulit yang dilarang adalah kuliat buaya, alligator, caiman dan gharial.
  • Consumer Products Safety Act dan Consumer Product Safety Improvement Act of 2008 (CPSIA): Consumer Product Safety Commission (CPSC) melindungi konsumen dari resiko dan bahaya yang berlebih dari produk-produk yang ada di pasaran; mencegah cidera, penyakit dan kematian yang terkait dengan penggunaan produk. 
  • Untuk alas kaki anak-anak, dilarang menggunakan bahan-bahan yang mengandung timah hitam dan phthalate. Kandungan timah hitam dilarang melebihi 100 ppm dan penggunaan cat di bagian luar dilarang melebihi 9 ppm. CPSC mengharuskan pihak manufaktur atau importir mengirimkan produk untuk testing oleh pihak ketiga dan mendapatkan sertifikat khusus untuk keselamatan anak-anak berusia di bawah 12 tahun. Penjelasan tentang sertifikat ini dapat ditemukan di laman berikut: http://www.gpo.gov/fdsys/granule/CFR-2012-title16-vol2/CFR-2012-title16-vol2-part1110
  • ยท         Occupational Safety and Health Act Of 1970 (OSH Act): Untuk sepatu yang dipakai saat bekerja, ada peraturan terkait protective footwear yaitu alas kaki yang didesain untuk melindungi pekerja dari bahaya dan resiko terkait lingkungan kerjanya. Persyaratan dan kriterianya dapat ditemukan pada website ini.